105. Menjadi Konsisten

3.5K 432 13
                                    

Bagaimana cara konsisten dan tertib pendirian?

Sebelumnya, mari kita samakan dulu
apa arti konsisten.


kon·sis·ten /konsistén/ a 1 tetap (tidak berubah-ubah); taat asas; ajek; 2 selaras; sesuai: perbuatan hendaknya -- dengan ucapan.

Sedangkan ini merupakan pengertian Konsisten dari beberapa ahli:

1. Reza M. Syarif
Menurut Reza M. Syarif (2005), arti konsisten adalah sikap fokus pada suatu bidang dan tidak akan berpindah pada bidang lain sebelum pondasi bidang pertama benar-benar kuat

2. Cambrige Dictionary
Menurut Cambrige Dictionary, arti konsisten adalah sesuatu yang tidak berubah, atau selalu berbuat atau terjadi dengan cara yang sama, tertutama dalam hal positif.

Saya yakin sebelum membaca apa yang saya tuliskan di atas pun kalian sudah memahami apa definisi konsisten.

Lalu, bagaimana caranya agar kita konsisten?
Sebentar, tujuan kamu konsisten itu apa?

Misalkan, kamu ingin konsisten belajar di pagi dan malam hari agar mendapatkan nilai yang memuaskan. Maka, tujuan kamu disini adalah untuk memperoleh nilai yang memuaskan kan?

Nah, itu dia! Ketika kamu memahami tujuan kamu, gunakan tujuanmu itu sebagai reminder disaat fokus kamu hilang.

Saya udah coba, tapi tetap saja saya tidak bisa konsisten.

Kalau pada saat kamu mengingat tujuan kamu dan muncul pemikiran seperti (nanti aja deh, mager manget sekarang nyantai sebentar wajar lah, atau ah, besok juga bisa, dsb) sampai kapan pun kamu tidak akan konsisten jika terus saja memelihara pemikiran itu.

Percayalah, menunda nunda pekerjaan akan membuatmu semakin malas.

Saya pernah baca juga di Quora kalau kamu ingin konsisten jangan putuskan rantainya. Sebagai contoh tadi, kamu ingin konsisten belajar pagi dan malam untuk nilai yang memuaskan.

Katakanlah kamu memulainya di hari Senin, saat itu kamu belajar dengan sangat semangat sampai sampai ada yang lupa waktu, demikian pula hari Selasa, Rabu, dan Kamis. Tapi di hati Jum'at kamu memilih untuk istirahat, bermain game sebentar atau menonton film. Inilah bibit bibit kamu akan keluar dari kekonsistenan kamu.

Lho, bukannya wajar kan kalau kita istirahat? Kalau dipaksa terus nanti capek!

Oke, saya tidak menyalahgunakan argumen ini. Memang tidak baik juga jika otak kalian dipaksa terus menerus. Tapi, apa kalian yakin tidak akan terjebak pada zona nyaman?

Perlu digaris bawahi bahwa yang saya katakan itu jangan putuskan rantainya. Saya tidak mengatakan kalian tidak boleh istirahat.

Lakukan terus hal yang akan kamu tekuni setiap hari. Istirahat bisa setelahnya bukan? Atau kamu bisa menyediakan waktu 5 menit di tengah tengah tanpa harus meninggalkan pekerjaan itu. Karena dengan berhenti satu hari saja bisa menimbulkan bibit bibit zona nyaman. Bibit itu akan tumbuh jika kamu menyetujui pemikiran pemikiran yang saya sebutkan di atas.

Kesimpulan:

1. Jadikan tujuanmu sebagai reminder saat kamu hilang fokus

2. Jangan sekali sekali kamu menyetujui pemikiran yang membuat bibit zona nyaman akan tumbuh

3. Jangan putuskan rantainya

4. Semangat, hehe!

Di mulmed ada tips konsisten lainnya, yang menurut aku recommended pol! Bisa banget coba kamu tonton.
Kamu bakal bakal dapet tips tips yang lebih rinci disana!😹

 Kamu bakal bakal dapet tips tips yang lebih rinci disana!😹

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Ganteng banget :)

Selamat hari Selasa🤞

Sel, 24 November 2020

Jangan lupa vote dan komen.
Bye bye!

Trik Psikologi Where stories live. Discover now