Korean's Traditional Clothes and Hair Accessories

1.3K 75 10
                                    

Berhubung ini adalah cerita kerajaan di dunia modern--dimana aku mengambil monarki terakhir di Korea Selatan yaitu Kekaisaran Han Raya-- jadi aku memiliki anggapan kalau perempuan keluarga Kekaisaran, kalau sedang berada di istana, mereka punya aturan protokoler untuk tetap menggunakan pakaian tradisional.

Khusus dalam part ini, aku bahas dikit baju dan aksesoris yang dipakai sama wanita Kekaisaran Korea--termasuk Yeon Hwa-- setiap kali berada di dalam istana. lumayan tambahan dikit buat informasi ngga penting yang jarang banget orang mau merhatiin haha.

Lets check this out~

A. ROYALTY TRADITIONAL HANBOK

Dangui : semacam jaket yang dipakai di atas hanbok biasa, yang biasanya dipakai oleh keluarga bangsawan juga keluarga kerajaan. Ciri khas dari dangui ini adalah bagian bawah tampak depan dan belakangnya yang berbentuk setengah lingkaran. Dangui yang dipakai keluarga kerajaan/kekaisaran dengan wanita bangsawan juga dayang istana ini berbeda. Perbedaannya terletak pada geumbak (pola/pattern yang terbuat dari benang emas atau perak yang terdapat pada dangui itu sendiri.

Selain geumbak, perbedaan lainnya adalah emblem bulat naga--biasa diletakkan di kedua bahu, bagian dada dan punggung-- yang hanya terdapat pada keluarga Kekaisaran.

Emblem naga hanya akan dipakai oleh Ibu Suri, Permaisuri, dan Putri Mahkota. Sementara untuk putri kerajaan biasanya mengenakan sulaman emblem bunga. sementara istri pangeran tidak akan mengenakan emblem apapun.
Untuk lebih jelasnya, perhatikan foto dibawah ini.

Q : Jadi, kalau dangui punya Yeon Hwa kayak gimana?

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Q : Jadi, kalau dangui punya Yeon Hwa kayak gimana?

A : Dangui yang dipakai YeonHwa pada cerita ini seperti di pict diatas. dan perlu kalian tahu, emblem naga ini hanya boleh digunakan oleh mantan ratu/permaisuri (ibu suri), ratu/permaisuri yang sedang menjabat, dan terakhir adalah Putri Mahkota (calon ratu/permaisuri di masa depan).

Diluar dari gelar Ratu/Permaisuri, tidak diperkenankan mengenakan lambang naga.
Naga adalah simbol lain dari seorang raja/kaisar, pemilik tahta tertinggi dalam monarki Asia Timur)

Daran chima : chima (rok tradisional) yang memiliki dua pola geumbak

Seuran chima : chima (rok tradisional) yang memiliki satu pola geumbak. Untuk lebih jelas silakan lihat pict dibawah ini

 Untuk lebih jelas silakan lihat pict dibawah ini

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.
Royal Series #1 : A Royal ScandalWhere stories live. Discover now