24. Allah Memuliakan Ahli Tahajjud

465 32 1
                                    

Bismillahirrahmaanirrahiim...

Gerbang sorga adalah dicintai Allah. "Passwordnya " adalah tahajjud. Ini tidaklah mengherankan karena telah dijanjikan oleh Allah antara lain dalam surah Al Isra 7.

" Mengapa seorang hamba yang begitu dekat hubungan dengan Rabb-nya tidak begitu bernafsu terhadap jabatan dan kedudukan duniawi ?. Jawabannya sederhana " Dia adalah seorang hamba yang sudah mempunyai kedudukan yang tinggi dan mulia disisi-Nya, sehingga tidak perlu repot - repot lagi mencari - cari kedudukan duniawi.
Bagi mereka, tidak ada yang lebih indah dan lebih mempesoa daripada kedudukan yang mulai dan abadi di sisi-Nya "
- (Buku Menjemput Kesuksesan dengan Tahajjud oleh Saefullah Muhammad Satori).

Rasulullah SAW bersabda
" Barangsiapa salat malam, dan salat itu dilakukannya dengan baik maka Allah memuliakannya dengan 9 perkara, 5 di dunia dan 4 di akhirat.
5 perkara yang di dunia adalah :

1. Allah memeliharanya dari bermacam - macam bencana .
2. Tampak bekas ketaatannya pada wajahnya .
3. Dicintai oleh hati hamba-hamba-Nya yang saleh dan semua manusia.
4. Lidahnya berbicara dengan hikmah.
5. Dan dia dijadikan sebagai orang yang bijak, yakni dikaruniai kepahaman.

Sedangkan 4 perkara di akhirat adalah :
1. Dia akan dibangkitkan dari kuburnya dalam keadaan putih wajahnya.
2. Dimudahkan hisab baginya.
3. Melewati shirat laksana kilat yang menyambar.
4. Dan akan diberi kitab catatan amalnya dari sebelah kanannya pada hari kiamat "
(Diriwayatkan oleh Umar bin Khattab ra).

Allah SWT membanggakan Al Mutahhajjid dihadapan para malaikat. Diantara keutamaannya, para pelakunya dicatat sebagai orang-orang yang berzikir. Lebih dari itu, waktu malam adalah waktu dibukanya pintu - pintu langit.
Salat malam adalah kemuliaan bagi orang yang mendirikannya serta ketinggian derajat di dunia dan di aakhirat.

"Waktu -waktu malam tidak sedikit mencetak pemikir besar, yang buah karyanya tercatat dalam lembaran sejarah, baik sejarah Islam maupun dunia."
- (Buku Rahasia Dibalik Gelapnya Malam oleh Dr.Husain Mu'nis).

Ibnul Al Qayyim mengungkapkan "Kecantikan batin memperindah rupa lahir, walaupun ia tidak cantik. Ia memakaikan kecantikan, wibawa dan kenikmatan kepada pelakunya sesuai dengan yang didapatkaan oleh ruhnya dari sifat-sifat tersebut. Sesungguhnya seorang mukmin diberi kewibawaan dan kelezatan sesuai dengan kualitas imannya. Siapa yang melihatnya, ia akan segan kepadanya. Siapa yang bergaul dengannya, ia akan mencintainya. Ini adalah realitas yang dapat disaksikan dengan mata kepala. Sesungguhnya kamu melihat seorang laki-laki saleh, berbuat baik memiliki akhlak yang indah dari orang yang paling indah rupanya sekalipun ia berkulit hitam dan tidak tampan. Lebih - lebih jika ia dianugerahi salat malam, karena Ia akan menyinawi wajah dan menjadikannya indah."

Diantara kenikmatan lain yang diberikan Allah kepada ahli tahajjud adalah kelapangan dada, ketenangan jiwa dan kebahagiaan sejati sepanjang hari yang ia bangun di malamnya, untuk bermunajat.

Ibnu Abbas ra berkata, bahwa Rasulullah saw bersabda
"Umatku yang paling mulia adalah orang yang hafal al Quran dan mereka yang mengerjakan qiyamul lail" (HR.Baihaqi).

Muhammad bin Shalil as-Sha'ari berkata "Keagungan yang akan didapatkan oleh orang yang bangun x adalah bahwa Allah dan malaikat akan membanggakannya."

Jibril as berkata kepada Rasulullah saw
"Ketahuilah bahwa kemuliaan seorang Mukmin adalah karena ia melakukan qiyamul lail, sedangkan kehormatannya karena ia tidak menggantungkan pada orang lain."

Wallahu'alam...

Semangat BerhijrahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang