70. Diampuni Dosanya Karena Tahajjud Temannya

231 13 0
                                    

Diceritakan oleh Ummu Darda', bahwa suaminya, Abu Darda' bangun di suatu malam lalu beliau shalat Tahajjud. Saat shalat, beliau menangis sambil melantunkan do'a : "Ya Allah, Engkau telah memperbagus penciptaanku, maka perbaguslah akhlakku." Itu beliau lantunkan sampai menjelang shalat Subuh.
.
Melihat kondisi demikian Ummu Darda' merasa heran, lalu bertanya: "Wahai Abu Darda'! Engkau memanjatkan doa sejak malam sampai menjelang Shalat Subuh hanya khusus dlm masalah kebaikan Akhlak."
Abu Darda' menjawab : "Wahai Istriku, Ummu Darda'! sungguh seorg hamba yg akhlaknya baik, sampai akhirnya kebaikan Akhlaknya memasukkan dia ke dlm Surga. & sungguh seorang hamba yg buruk akhlaknya, sampai akhirnya keburukan akhlaknya memasukkannya ke dlm Neraka."
.
Abu Darda' melanjutkan: "Sungguh seorang muslim, (terkadang) diampuni dosa2nya dlm posisi dia sedang tidur."
Ummu brtanya bertanya: "Bagaimana itu bisa terjadi?
.
Abu Darda' mjawab: "Karena ada saudaranya (sesama muslim) yg bangun malam lalu menunaikan shalat tahajjud, kemudian dia berdo'a kebaikan untuk dirinya sendiri, & Allah mengabulkannya. Kemudian dia berdo'a kebaikan untuk saudaranya (yg sedang tidur tadi), lalu Allah mengabulkannya."
[HR. Al-Bukhari dlm Al-Adabul Mufrad : 290]
.
Perbanyaklah teman! krn semakin byk teman, insya Allah akan semakin banyak org yg mendo'akan kebaikan untuk kita. Bisa jadi do'a kita ditolak oleh Allah, krn banyaknya dosa2 kita. Akan tetapi Allah mengabulkan do'a kebaikan teman2 kita untuk diri kita.
.
Jgn pernah mencari musuh, apalagi memprbanyak musuh. Krn sangat mungkin mereka semua akan mendo'akan keburukan untuk kita di saat kita sedang lelap tertidur. Sementara do'a kebaikan kita untuk diri kita belum pasti diterima krn banyaknya dosa yg kita lalukan, sedang do'a keburukan orang2 yg memusuhi kita sangat mungkin dikabulkan, krn mereka dlm posisi terdzalimi oleh perilaku buruk kita.
.
Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam- bersabda: "Takutlah engkau dari do'a org yang terdzalimi. Karena tdk ada penghalang antara ia dgn Allah." [HR. Al-Bukhari : 29].
.
Diedit dari tulisan: Ust. Abdullah al Jirani
#Repost from @dakwah_sibujang

Semangat BerhijrahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang