74. Spesial Ramadhan: Cara Menghapus Dosa Masa Lalu

247 14 3
                                    

CARA MENGHAPUS DOSA MASA LALU

|  |  |

M

ungkin terasa sulit untuk menghapus dosa-dosa yg telah kita lakukan di masa lalu. Namun, ada momen dimana manusia dapat menghapus kesalahan di masa lalu. Kapan momen tersebut? Yaitu ketika BULAN RAMADHAN

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling mulia, karena didalamnya banyak momen dimana manusia dapat "panen kebaikan" dengan mudah, berdasarkan hadits nabi :
“Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari, Muslim, dll)

Berdasarkan hadits di atas, hal yg perlu di garis bawahi adalah IMAN dan MENGHARAP PAHALA. Point ini yang sulit. Karena tidak sedikit orang yang merasa ibadah puasa dilakukan hanya untuk menggugurkan kewajiban sebagai seorang muslim.

Selain itu, ada ibadah yang sangat di anjurkan oleh nabi, yaitu QIYAMULLAIL. berdasarkan hadits:
“Sesungguhnya Barangsiapa melakukan qiyamullail bersama imam hingga selesai, maka akan dicatat shalat semalam suntuk.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ibnu Hibban, Shahihul Jaami’ no. 2417)

Sangat menguntungkan bukan ibadah di bulan ramadhan? Terlebih bagi jamaah yang berada di EROPA. puasa selama 18 jam bukan hal yang mudah, namun harus tetap di ingat kata kunci nya. IBADAH LAH DENGAN IMAN DAN HANYA MENGHARAP PAHALA DARI ALLAH, SUPAYA SEMUA TERASA RINGAN. Wallahu a'lam

Mülheim, 4 Mei 2019
#repost
#copyandedit

Semangat BerhijrahWhere stories live. Discover now