21 | 𝔎𝒐𝒓𝒐𝒃𝒆𝒊𝒏𝒊𝒌𝒊; Amarta Batavia

545 126 401
                                    

𝔇𝔢 𝑮𝒓𝒐𝒐𝒕𝒆 𝑹𝒊𝒗𝒊𝒆𝒓
[ Kali Besar di Jakarta ]

De Groote Rivier atau Kali Besar yang terletak di Jakarta Barat

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

De Groote Rivier atau Kali Besar yang terletak di Jakarta Barat. Dahulu Jakarta Barat termasuk dalam kawasan Oud Batavia atau Batavia Lama (Terutama sekitaran wilayah Kota Tua). Sekarang kali tersebut menjadi bagian dari aliran Kali Krukut.

Bisa dilihat pula melalui gambar yang tertera, kalau di sekitar aliran Kali Besar ini dulunya banyak berdiri kantor - kantor, toko, dan gudang milik orang berkebangsaan Belanda.

Jalan di sekitar Kali Besar dikenal dengan nama Jalan Kali Besar Barat.

Pada abad ke-17 sampai 19, wilayah ini menjadi pusat dari Batavia Centrum dan menjadi hunian bagi orang - orang Belanda kalangan atas (sebelum pada akhirnya dipindahkan ke Weltevreden) dan waktu itu pula kali ini banyak dilayari kapal dagang.

Daerah Kali Besar ini dulunya menjadi sentral perdagangan, sampai pada awal 1900an banyak perusahaan - perusahaan yang dipindahkan ke sepanjang Rijswijk dan Noordwijk karena adanya wabah malaria.

Juga banyak gedung menghiasi sekitaran aliran Kali Besar ini, diantara ada Jacobson van den Berg, Chatered Bank (India, Australia, China) dan Exim Bank. Bangunan yang menghiasi sekitaran kali ini kebanyakan dibangun pada abad ke-18 sampai 19.

......

Note :
Foto yang aku cantumkan adalah foto keadaan Kali Besar Jakarta saat ini setelah dilakukan revitalisasi! 🕊



༻✦༺

Anne.

Si dara van der Lijn itu terlihat beberapa kali nampak menguap, mengerjap, sesekali mengucek mata di sepanjang perjalanan koridor H.B.S Batavia. Tidurnya berhasil mengantarkan dara itu menjadi salah satu dari sekian banyak penghuni sekolah yang kembali paling terakhir.

Itu juga sebab ia dibangunkan seorang guru dari kelana mimpinya. Tak ada kawannya yang mau bangunkan ia. Dan alhasil ia menjadi satu - satunya penghuni kelas yang tersisa.

Sungguh kasihan ~

Seok langkah kakinya membawa ia keluar dari gedung H.B.S ini. Sudah pasti kembarnya menanti. Berkali - kalinya juga dara itu merenggangkan otot - otot tangannya, sampai pada matanya jatuh terhenti pada sosok Robert. Nampaknya sedang bersama seorangan ... wanita?

Dan lamat - lamat ia perhatikan, pula seketika ia langsung menyembunyikan diri. Nyatanya yang terlihat Robert tengah bersama Juffrouw Louise. Berdiri di depan papan pengumuman.

[Lacrimosa]; Dara-Dara RuntuhWhere stories live. Discover now