IK 47: HUSNUDZON (Jauhilah sebagian dari prasangka)

28 3 0
                                    

"Di zaman sekarang ini yang baik di sangka buruk dan yang buruk di sangka baik. Ingat! hanyalah Allah yang mengetahui apa-apa yang tersembunyi oleh hamba-hamba-Nya. Maka senantiasalah berprasangka baik (Husnudzon)"

OoO


Sesungguhnya hanyala Allah yang mengetahui segalanya

Oops! Bu görüntü içerik kurallarımıza uymuyor. Yayımlamaya devam etmek için görüntüyü kaldırmayı ya da başka bir görüntü yüklemeyi deneyin.

Sesungguhnya hanyala Allah yang mengetahui segalanya.
Allah maha mengetahui isi hati hambanya lagi maha mengetahui apa-apa yang tersembunyi olehnya.

Kita sebagai manusia janganlah gemar berprasangka buruk (Seudzon) terhadap orang lain. Dan jangan pula gemar mencari-cari kesalahan orang lain. Maka senantiasalah berprasangka baik (Husnudzon) terhadap saudara-saudaramu.

رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ اللَّهَ يَقُولُ أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِي بِي وَأَنَا مَعَهُ إِذَا دَعَانِي
Artinya : Rasulullah SAW bersabda, Allah SWT berfirman: "Aku sesuai dengan prasangka hamba-Ku terhadap-Ku, Aku akan bersamanya jika ia berdoa kepada-Ku."

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِيَّاكُمْ وَالظَّنَّ فَإِنَّ الظَّنَّ أَكْذَبُ الْحَدِيثِ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا تَحَسَّسُوا وَلَا تَنَافَسُوا وَلَا تَحَاسَدُوا وَلَا تَبَاغَضُوا وَلَا تَدَابَرُوا وَكُونُوا عِبَادَ اللَّهِ إِخْوَانًا
Artinya : Rasulullah SAW bersabda, "Jauhilah dari kalian prasangka buruk, karena prasangka buruk adalah sedusta-dusta pembicaraan. Janganlah kalian saling memata-matai, saling mencari aib orang lain, saling berlomba-lomba mencari kemewahan dunia, saling dengki, saling memusuhi, dan saling memutuskan. Jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara."

لَا يَمُوتَ أَحَدُكُمْ إِلَّا وَهُوَ يُحْسِنُ الظَّنَّ بِاللَّهِ عَزَّ وَجَلَ
Artinya : "Janganlah sampai salah satu diantara kalian mati, selain dalam keadaan berprasangka baik pada Allah."

أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( إِيَّاكُمْ وَالظَّنَّ
فَإِنَّ اَلظَّنَّ أَكْذَبُ اَلْحَدِيثِ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Artinya : Rasulullah Saw bersabda, "Jauhkanlah dirimu dari prasangka buruk karena sebenarnya prasangka itu adalah perkataan yang paling bohong."

النَّبِىَّ صلى الله عليه وسلم- قَبْلَ وَفَاتِهِ بِثَلاَثٍ يَقُولُ « لاَ يَمُوتَنَّ أَحَدُكُمْ إِلاَّ وَهُوَ يُحْسِنُ بِاللَّهِ الظَّنَّ»
Artinya : " Janganlah seorang diantara kalian meninggal kecuali dia telah berbaik sangka kepada Allah."


Jangan lupa nonton videonya ya😉


📆: Ahad, 20 Desember 2020

Semoga Bermanfaat!

INSPIRASI KATA (ON GOING)Hikayelerin yaşadığı yer. Şimdi keşfedin