Fangirl: My KPop Adventure (Bag.1)

99 8 8
                                    

Hay... Aku mau share sedikit tentang perjalananku mengenal Kpop.
Mulai dari cinta pertama ya...

A.2006: Ketidaksengajaan

Kupikir semuanya berawal dari hari itu. Kelas 2 Smp, menjelang akhir semester 1 pada tahun 2006. Sebelum memasuki 2007 adalah pertama kalinya aku mendengar lagu Korea yang benar-benar menarik perhatian.

Saat itu seorang teman sedang memainkan lagu di hp-nya. Lagunya enak. Aku suka. Setelah jadi fans Super Junior aku baru tahu kalau judulnya adalah Miracle.

Aku menanyainya soal info lagu tersebut. Katanya dia nggak tahu, karena waktu dibeli, hp-nya sudah diisikan beberapa judul MP3. Termasuk lagu itu.
Lalu dia menambahkan, itu namanya Super Junior 05 kayaknya artis Korea.

Oke. Skip. Aku sekadar tahu saja dong.

Nah ternyata setelah jadi ELF, baru ingat kalau di tahun ini aku nggak sengaja lihat acara battle dance *nggak ingat itu acara apa dan di channel tv apa* yang pasti ada dua cowok yang dancenya heboh. Belakangan pas aku liat video funny moments Super Junior itu Eunhyuk. Soalnya rambut dia agak bergaya artis China gitu. You know laah, jaman TVXQ rambutnya ala Jepang gitu.
Pokoknya semua serba nggak sengaja deh.
***

B.2007: Pertemuan Pertama dengan Super Junior

Pada awal atau pertengahan tahun 2007, aku rupanya semakin mendekati sang cinta pertama. Eyyyaak.
Waktu nggak sengaja lihat MV Twins di pasar. Loh kok di pasar?
Iya kakak, di tempat CD bajakan. Ahahaha... Ada tulisannya tuh di sampul plastik. Super Junior 05.
"Oh jadi ini Super Junior!"
Sayangnya aku nggak beli... Ehehehe.
Jangan tanya kenapa? Ketahuan banget kerenya.
Di akhir tahun aku liat MV Don't Don dari tetangga. Langsung kecantol sama yang mukanya polos tapi kelihatan songong wkwkwkw....

Akhir tahun 2007, dapat hadiah hp dari Almarhum Kakek. Hadiah ultah pas oktober dikasihnya nanti desember hahaha.
Langsung dipakai buat berkelana di dunia opera mini. Eh. Bukan Suju yang pertama kali aku cari pas punya hp, karena belum gitu ngehype banget ke mereka.
Melainkan Michael Jackson aaww!

C. 2008: Zaman Batu

Di pertengahan tahun ini nggak sengaja liat MV Twins lagi. Dari tetangga. Thanks Tetangga, kau penyelamatku. Segeralah si hp berubah fungsi jadi alat hapalin member Suju. Anjayy 13 orang beb... Aku ngapalin F4 saja butuh waktu sampe lulus SD dulu wkwkwkw.

Aku sendiri baru menjadi ELF pada Oktober 2008, kalau nggak salah pas lulus Smp. Karena sebelumnya fokus ujian.

Tahun ini adalah zaman di saat hp 2g masih seharga jutaan. Zaman di saat taksi dan mikrolet masih sering memutarkan lagu dari negeri tetangga termasuk Korea Selatan. Serta, zaman aku lagi suka-sukanya sama mendiang Michael Jackson uhuuu!
*moonwalk bilaik*
*selipin Bollywood dan lagu Indosiar*

Saat itu, aku tak pernah berinteraksi dengan ELF ataupun Kpopers. Dan masih sibuk menghapal nama member Super Junior melalui artikel yahoo di google, download foto resolusi 120x60 *wkwkwk becanda*, video hasil merintah adik ke warnet dan saat itu baru punya 2-3 lagu dari campuran album Twins dan Dont Don *maklum saja rakjel*

Kasarnya adalah ketemu Kpopers pada tahun 2008 itu adalah kebahagiaan dan kelangkaan yang luar angkasa. Jadi jangan berharap dulu bisa ketemu ELF di dumay apalagi dunyat.
***

D.2009: Sorry Sorry, Aku Jatuh Cinta Padamu.

Kira-kira Maret 2009, Super Junior mengeluarkan hits Sorry-Sorry. Tv nasional pun belum terlalu ramai mengabarkan tentang mereka, palingan kalau ada berita judulnya begini, "Super Junior Boyband Korea Selatan." *yaiyalah, lu kata boyband pasar senin*
Isinya pun nyinyir #eh.

Tembus dan booming di Indonesia juga telat, kira-kira aku tahu hits ini pas menjelang agustus, atau emang kampungku aja yang kurang uptodate.

Di tahun ini, aku pun sudah mulai ketemu Boygrup lain. Seperti, SS501, Bigbang, Shinee, 2Pm, U-Kiss, Beast, MBLAQ. Kecantol? Belum.

Lah, ngapalin member Suju aja ribet. Dapat foto beda angle aja mabok, nggak bisa bedain mana Leeteuk mana Eunhyuk. Nggak mungkin kan nambah yang lain.
Tapi, gara gara sorry sorry ini aku lebih giat ngefangirl. Yang sempat terpesona sama grup lain. Balik lagi ke Suju. Tapi, sama sama belajar tentang grup lain sih.

Untungnya, kalau nggak salah di tahun ini acara live music mulai marak. Tayang mulai dari channel tv nomor 1 sampai 34 *buset banyak banget. Maklum tv kabel*
Nah, biasa tuh masukin MV Korea dan Western.

Bersyukurlah kepada tv kabel ini. Karena akhirnya bisa lihat MV Korea di tv. Sebelumnya aku cuma pakai antena yang gambarnya suka kesemutan kalau hujan dan buyar kalau gempa.
Berkat dia *iluvu* mulai ketemu channel baru yang nayangin semua hal berbau Korea cuyyy, meski dengan kualitas 360p alias kalau hujan channelnya lenyap.

Interaksi masih belum ada. Karena aku, nggak tahu kalau di Indonesia bisa hidup sekumpulan kurcaci bersayap biru yang mukanya standar tapi berjamaah suka ngaku-ngaku jadi istri sah Siwon.
***

E.2010: Silent ELF

"Bonnya mana, bonnya mana. Kumau bayar." Nyanyi pakai nada Bonamana ya...
Itu salah satu pelesetan yang aku nyanyiin waktu belum kenal yang namanya lirik searching di Google. Padahal di tahun ini dan tahun sebelumnya pun ternyata Google udah upgrade loh. Hp dan pergaulanku aja yang belum upgrade.

Karena dua tahun jadi ELF kayaknya hidup ini flat kayak bumi datar. Maklum aku silent ELF dari 2008, yang tahu aku suka Korea dan Super Junior hanya orang rumah, teman dekat dan anak tetangga.

Iseng, aku malah coba nyebarin virus Super Junior. Tapi, susah sih. Orang di tempatku masih tabu sama hal berbau Korea.

*

Oh ya, bukan Sorry-sorry, Bonamana apalagi Twins dan Dont Don. No Other menjadi Music Video pertama yang kupunya di hp sendiri. Soalnya waktu sering merintah adik ke warnet, aku nggak tahu kalau MV ternyata bisa download. Kampungan memang, harap maklum.

Tapi, MV itu bukan hasil download sist, tahun ini di tempatku koneksi internet kayak telur siput. Hanya bisa dipakai untuk lihat gambar. Kalau nggak ke warnet, masih susah download via hp jadul.

Melainkan, hasil minta. Lupa minta ke siapa. I don't care who you are, darl. Thanks for supporting my fangirling life. *tebar Kyumbul*

Mulai baksos, di sekolah. *mungkin batin teman SMA, "Nih anak penyakitan, suruh masuk sekolah bukannya nyatet bahan yang ketinggalan, malah bahas bencong Korea."
Eyyyyaaak!

Dulu belum ada istilah plastique guys, yang ada bencong. Karena katanya, kok laki goyang-goyang? *padahal yang ngomong suka dugem, dangdutan dan sebagainya. Lu kata itu bukan goyang bungg!*

Apa kabar ELF di tahun ini? Entahlah. Aku masih sibuk mengagumi suara berat Yesung, suara manis Ryeowook, suara mesra Kyuhyun dan suara sengaunya Donghae. Serta sedih-sedihan soal Hangeng dan wamilnya Kangin. Bodohnya, karena nggak sadar, aku telat tahu kalau di mv bonamana banyak member yang hilang hikseu. Gegara belum hapal semua member sih.

Penonton bilaik: What? Lu dua tahun jadi ELF tapi nggak hapal semua member Suju?

Aku saat itu sedang berjuang melawan sakit, sist, kakak, dedek... Suju salah satu penghiburanku saja.

Di facebook, aku nggak begitu aktif. Kalau nggak bahas piala dunia yah bahas sekolah. Soalnya pernah nyari ELF di facebook malah nyasar ke Blog.
Oh ya, aku sempat jadi Smashblast loh. Ingat acara Dering Transtv, waktu Smash cover Sorry-sorry? Iya, udah. Kalau ingat alhamdulillah.
Generasi now, mana tahu kalau bukan hasil research di youtube.
Di tahun ini juga aku hampir jadi multifandom. Segala grup yang sempat kusuka, distalkerin terus. Tapi, sekadar suka lagunya aja sih. Suju tetap di hati.

***
Bersambung dehh... Wkwkwkw
***

Hayoloooh... Siapa yang perjalanan kpopnya sama kayak aku. Atau mungkin lebih menarik?
Yuuukkk share dikomentar pengalamanmu itu dong. Aku penasaran.

Oh ya... Terima kasih sudah mampir 😁😁😁

Bi Box-Author Note'sTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang