Jenis - jenis Depresi

535 42 6
                                    

Halo teman-teman.. aku update lagi nih hehe. Disini aku mau bahas soal beberapa jenis depresi. Aku pernah bahas soal Depresi sebelumnya, tapi itu secara keseluruhan. Ternyata depresi itu ada banyak jenisnya, dari yang umum hingga yang jarang terjadi.

Oke, let's to discuss ~

●●●

Tanpa basa basi aku bakalan langsung aja deh ke pembahasannya. Aku gak perlu jelasin lagi tentang teori depresi -nya yah. 😅

Intinya, Depresi adalah suatu kondisi di mana terjadi gangguan pada suasana hati (mood) seseorang akibat rasa stres, sedih, dan kecewa yang berkepanjangan. Singkatnya, depresi adalah lanjutan dari ketiga kondisi tersebut jika tak kunjung berakhir.

Nah, sekarang mari kita bahas soal beberapa jenis depresi.

Jenis-jenis Depresi

Jika menilik lebih jauh lagi, depresi sendiri ternyata dibagi lagi menjadi beberapa jenis.

1. Depresi Mayor (Depresi Berat/ Depresi Klinis)

Depresi mayor juga dikenal dengan istilah depresi berat atau depresi klinis. Depresi mayor merupakan salah satu dari dua jenis depresi yang paling sering terdiagnosis. Kita bisa didiagnosis dengan depresi mayor apabila gejala-gejala kesedihan, keputusasaan, dan kesepian sudah berlangsung selama dua minggu lebih.

Gejala depresi mayor pada umumnya cukup serius sehingga efeknya sangat terasa pada aktivitas dan kualitas kehidupan seseorang. Misalnya kita jadi tidak nafsu makan sama sekali, badan lemas sehingga tidak ada dorongan untuk bekerja atau beraktivitas seperti biasa, serta menghindari orang-orang seperti di tempat kerja atau dalam keluarga.

Merujuk pada American Psychiatric Association, Depresi mayor terjadi apabila seseorang mengalami:

• Perasaan sedih
• Tidak punya harapan
• Merasa tidak berharga
• Merasa bersalah
• Tidak bergairah dalam melakukan rutinitas
• Berniat bunuh diri

Sekali lagi perlu dicatat, hal ini apabila terjadi selama setidaknya 2 (dua) minggu.

Depresi Mayor pun terbagi lagi ke dalam dua sub-tipe, yaitu:

• Atypical depression, yakni ketika seseorang sering tertidur, banyak makan, cemas, dan emosional

• Melancholic depression, yakni ketika seseorang cenderung menyalahkan dirinya sendiri atas pelbagai hal yang terjadi di dalam hidupnya

Atypical type umumnya dialami oleh mereka yang masih berusia muda, sementara orang-orang yang telah memasuki usia senja rentan mengalami melancholic depression.

Hingga saat ini penyebab pasti dari depresi mayor belum dapat diketahui. Namun, beberapa hal yang bisa memicu depresi antara lain keturunan (genetik), pengalaman buruk, trauma psikologis, serta gangguan susunan kimiawi dan biologis otak.

2. Subsyndromal Depression

Apabila seseorang mengalami gejala depresi mayor namun hanya berlangsung selama 1 (satu) minggu, maka alih-alih mengidap depresi mayor tersebut, ia dikategorikan sebagai pengidap subsyndromal depression. Atau, jika penderita hanya mengalami beberapa gejala depresi mayor, maka lebih pantas jika ia disebut sebagai penderita jenis depresi yang satu ini.

You've reached the end of published parts.

⏰ Last updated: Jun 11, 2020 ⏰

Add this story to your Library to get notified about new parts!

Pyxis PhraseWhere stories live. Discover now