24

717 63 3
                                    

Rena menggigit bibir, menahan diri untuk tidak memberi respon apapun atas perkataan Edgar.

"Abang berusaha bujuk diri sendiri, kasih sugesti kalo sebenernya kita diperlakukan dengan adil. Tapi gak bisa. Bener kalo katanya adil itu gak harus sama rata, sama persis satu dengan lainnya. Tapi alasan apa yang akhirnya bikin kita diperlakukan beda kalo sebenernya kita bisa diperlakukan sama? Ibarat Abang sama kamu Ga, waktu kita sama-sama di tingkat dimana kita bisa jaga diri sendiri, kenapa kamu boleh keluar rumah dan aku enggak? Atau kayak Abang sama kamu Ren, kenapa Abang bahkan Kakak wajib bantu-bantu di toko sejak masih kecil sementara kamu enggak?"

"Kadang Abang udah ngerasa capek cuma karena permintaan papa dan mama buat jaga kalian. Dari kecil, seringkali waktu kalian nangis Abang yang disalahin. Abang tahu kalo memang seorang kakak seringkali dikasih beban kayak gitu. Apalagi anak pertama, tanggung jawabnya gedhe. Tapi Abang juga punya kehidupan sendiri, gak bisa sehari semalem terus jagain kalian. Mastiin kalian sehat, ketawa, gak terluka. Dan lagi kalian juga punya kehidupan sendiri, gak selamanya ada di tempat yang bisa Abang jangkau buat mantau kalian."

Edgar sempat terkejut dengan perkataannya sendiri setelah mengucapkan kalimat terakhirnya. Mendadak bayangan buruk hadir di pikirannya, dia melirik Ega. Mendapati sang adik yang masih menunduk diam.

'Apa nanti kamu bakal ada di tempat yang gak bisa Abang pantau dalam waktu lama?'

Sebisa mungkin Edgar mengenyahkan pikirannya yang mulai berkelana. Dia kembali berusaha fokus pada ceritanya.

"Apalagi sejak papa meninggal, tanggung jawab itu rasanya makin nyiksa. Abang harus gantiin Papa jadi kepala keluarga. Bahkan sebelum Abang punya keluarga sendiri Abang udah harus rasain pengalaman ini. Asal kalian tahu, ini gak gampang. Abang musti mastiin kalian makan dengan baik, semua tagihan terbayar, kerjaan lancar, urusan toko beres, kita bisa bayar barang dagangan sebelum jatuh tempo, karyawan dapet gaji semestinya sekaligus jaga kalian biar gak ngalamin hal-hal buruk di luar sana.

"Hal lain yang Abang gak nyangka bakal terjadi juga Ega yang sakit sama Rena yang jauh dari rumah. Abang musti mastiin Ega dapet perawatan dan bisa jalani terapi,  mastiin Rena tetep baik-baik aja, mastiin toko juga tetep bisa jalan normal biarpun Abang sekarang sendirian, mastiin Mama gak kesepian dan pegang uang cukup buat kebutuhannya. Jujur, Abang kesulitan buat lakuin itu semua, Abang pengen nyerah."

Helaan nafas panjang Edgar mengisi hening ruangan itu, dia berusaha mengontrol emosinya ketika menceritakan hal yang paling mengganggunya belakangan.

"Tapi Abang gak bisa nyerah gitu aja, mau gak mau Abang emang harus nanganin itu semua. Biarpun Abang pengen hidup bebas tanpa mikir semua itu tapi Abang gak bisa ngelakuin itu," Edgar menghela nafas, dia mulai terbawa suasana. "Karena siapa lagi yang bisa lakuin itu selain Abang, seandainya kamu sehat Ga, mungkin Abang bisa lebih berbagi sama kamu."

Tanpa Edgar sadari kalimat terakhirnya diartikan lain oleh si tengah. Diam-diam sekali lagi Ega merasa sakit hati. Baru beberapa menit lalu dia menceritakan tentang keberatannya yang hanya dijadikan pelampiasan dan alat untuk mencapai kepuasan orang lain, kini kakaknya justru mengatakan hal bernada serupa.

"Dan maaf, sebenernya Abang pengen nikah juga tujuannya buat ngurangin semua tanggung jawab itu. Abang harap setelah Abang nikah tanggung jawab ngurus toko dan keluarga ini bakal berkurang karena faktanya Abang punya keluarga sendiri yang perlu diurus. Tapi gak tau juga kalo ternyata tanggung jawab Abang nantinya jadi dobel," Edgar terkekeh miris.

Pria itu menyadari bahwa ego masing-masing dari mereka sama-sama besar. Baik dirinya maupun kedua adiknya nyatanya menyimpan protes akan hidup. Keheningan yang Edgar ciptakan cukup lama membuat Ega memilih mendongak menatap sang kakak setelah merasa berhasil menguasai dirinya.

BIRUजहाँ कहानियाँ रहती हैं। अभी खोजें