Tolak, please!

121 35 9
                                    

Malmingan sama tugas. Rasanya ikan hiu makan tomat, ya, moms. ๏_๏

Malam senin, rasanya... hm...  absurd dah. ●︿●

Enjoy!

**

"Sori ... lo terlalu subhanallah buat gue yang masyaallah. Gitu?"

BIG NO!

Ck, ck,  ck,  auto ngegas.

Banyak orang yang gak tegaan zaman sekarang apalagi pas pandemi dan belajar online. Beuh ... rasanya ya, untuk nolak permintaan tolong seseorang itu rasa dihimpit sama kerbau. Sesak. Yakali, kerbau.

Ada yang sama gak?

Silahkan lempar diri ke segitiga bermuda. Hehe, canda ye.

Emang pas belajar online ini apa aja sih yang banyak teman-teman itu minta tolong?

Pertama. Teman yang minta tolong isi absen.

Karena lo tau? Isi absen udah melebihi eksistensinya ketimbang nikung doi. Tajam banget, bro. Si A nomor 17, eh Si B nomor 17 juga, terus aja kayak gitu sampai jam pelajaran selesai sekalian.

Kesel gak,  sih? Iya. Makanya, di titip aja sama sekretaris. Absen dulu siapa aja yang hadir di grup chat kelas. Jadi no tikung-tikung, deh.

So, yang ini. Kalau persoalan ini untuk nitip absen yang beneran belajar bukannya selingkuh ke aplikasi jahannam lainnya. Boleh, lo terima.

Kalau dia cuma minta isi absen, terus no respon pas lagi belajar. Hempaskan! Tolak!

Kedua. Teman yang minta tolong lihat jawaban PR/latihan.

Kalau sekali dua kali sih, okelah. But, kalau berkali-kali? Wah, parah. Minta digebukkin, tapi. Ada tapinya, lho. Kalau dia nanya jawaban karena dia ragu di beberapa nomor pas buat PR. Bagi gue, gak apa. Berarti dia ada usaha meski kecil emang.

Barangkali, dia lagi sibuk dengan nolong orangtua, organisasi, dan lain-lain.

Gue disini bukan bermaksud pilih-pilih teman atau nyuruh lo pelit. Nope. Tapi, gue bermaksud agar lo selektif dalam menolong teman.

Mereka yang lagi sibuk osis untuk acara sekolah.  Musti pontang-panting agar kegiatan organisasi tetap lancar. Mereka yang nolong orangtua, contohnya berdagang di pasar, jaga kedai, bantu pekerjaan rumah tangga karena orangtuanya sakit, dan halangan lainnya.

Bukannya orang yang hongkang-hangking pas belajar. Lo belajar di whatsapp, dia malah buka instagram. Lo lihat video materi yang dikasih guru, dia malah buka youtube.

Anak siape lu? Kok gitu amat? Belajar hoi belajar! Meski UN kagak ada apa hidup lo bisa selesai sekedar scroll-scroll cekrek di instagram?

Kagak 'kan?

Tolak dia!

Lo tau pasti 'kan? di dunia ini gak ada yang instan, bro. Jangan mau sukses bermodalkan orang dalam.

Pakai orang dalam boleh aja, sih. Boleh. Asalkan, prospek lo juga bagus maka nama lo gak akan tercoreng juga. Gak dicap jelek.

Sip, lanjut.

Ketiga. Teman yang minta sontekan ujian.

Ini warbyasah banget! Gue juga pernah rasain gini cuma gak minta. Pas SD dulu 'kan, tengok kanan kiri. Bukannya ketemu jawabannya, malah mata gue yang puyeng. Tulisannya kagak jelas. Miris tapi ngakak.

Jangan ditiru, ya. Bisa hancur generasi muda kalau para pemudanya main sontek semua.

Kalau ada teman lo yang kayak gini. Gak usah mikir mau kasih jawabannya apa kagak.

Tolak aja, please.

Tetap teguh dan setia untuk gak menyontek. Itu sama dengan loyalitas lo ke doi. Eak. Ya, gaklah!

Doi itu bisa dicampakkan. Kalau prinsip hidup itu wajib ditegakkan.

Prinsip hidup gak menyontek misalnya. Itu udah masuk ke catatan amal baik oleh malaikat. Banyak-banyak bersyukur buat gak nyontek.

Buat yang pernah nyontek termasuk diri gue sendiri, mari bertobat bersama. Tengadahkan tangan, tundukkan kepala, merendahlah dan meminta ampun kepada sang Maha Pendengar. Dia gak tidur, kok. Hati kita aja bisa Dia dengar. Apalagi, hambanya yang meminta pertolongan dan ampunan.

***

Okay, that's all for this part.
This is for sharing no judging.
Dan kita bisa saling berdiskusi dan bertukar pendapat tentang masa SMA ini.

Hai guyss. Maaf, malem banget update-nya. Pas siang tadi mau update tapi baterai lowbat dan lagi diluar. Telat up, deh. :")

Maaf....

Ayo, yang mau Curcol Time.  Kuy, ikutan. Gak perlu takut akan disebutkan namanya, karena gue cuma perlu keluh kesah kalian, kok. No name.

Ok?

See u guys and keep healthy.
Cometria.

Lo Kira SMA Itu Enak?Where stories live. Discover now