Sistem Kebut Semalam

117 32 6
                                    

SIAPA YANG TIM SKS? AYO UNJUK KAKI!

LOL.

Canda, bro.

Kalau beneran gue udah unjuk kaki sambil bikin lapak ini. Buset, gimana caranya tuh? GUE GAK KEBAYANG, KYAAA.

Stop it. Back to the topic.

Nah, jadi kita bahas ini. Kalau gue sih. Bukan tim Sistem Kebut Semalam, melainkan Tim Kebut Sepagi. Pedih hati hayati .... Yaa, gue orangnya mudah molor jadi malam itu sering mode auto tidur. Duduk aja gue bisa tidur. Pas upacara bendera sewaktu di sekolah pun gue juga tidur sambil berdiri (cuma pejamin mata terus ketiduran dikit langsung tersentak).

Parah emang, hiks.

Menurut lo efektif gak cara SKS ini?

Jujur, ya. Setelah gue menyelam di lautan internet dan semua sumber mengatakan, SKS ITU GAK EFEKTIF, BRO.

Pedih hati hayati 2.0.

Tapi gimana lagi 'kan? Sistem belajar Indonesia memang sangatlah membuat kita—para pelajar merasa pintar—bisa di segala bidang mata pelajaran. PR dibikin, kuis, latihan, PH,  PTS, ujian semester, dan UAS. Beuh, si kecil mulai aktif ya bund.

Udah dari lama, moms.

Dan kalau kita belajar dengan sistem SKS otomatis kita begadang. Ya gak, bro? Bener?

Bener. He'em.

Faktanya lagi, itu gak sehat. Yah, kita semua tahu itu. Begadang sama dengan memancing berbagai penyakit. Mulai dari jantung, menurunkan sensitivitas insulin sehingga imunitas kita melemah. Padahal pas pandemi gini kita disuruh untuk menjaga kesehatan.

Siapa yang harus disalahkan? Diri kita sendiri? Guru? Pemerintah?

Entahlah. Itu jawaban satu-satunya dari gue. Kenapa?

Yah, gak jelas, bro. Kita dituntut untuk belajar dan paham semua materi yang guru berikan. Serta seabrek tugas yang makin mendekati ujian makin segunung rasanya. Kok, bisa gitu? Siapa yang perku disalahkan? Tugas yang se-abrek itu dan waktu belajar yang kian menipis emang harus merelakan waktu tidur. Dan harga yang perlu kita bayar disana adalah kesehatan kita.

Asal lo tahu juga, begadang itu bisa membuat kinerja dalam mengerjakan sesuatu melambat dan mendorong kecemasan berlebihan. Udah rasain,  belom? Gue udah, ding, hiks.

Buruk banget efeknya, kan? Jadi, siapa yang harus disalahkan? Jika yang menuntut kita menjadi generasi emas dan tetap sehat adalah alasan di setiap tindakan SKS dan begadang ini kita lakukan?

I must silence, now. Or, meminta pengertian? Tapi, kepada siapa?

Gak tau. Karena itu, jaga kesehatan lo. Usahain jangan begadang mulu apalagi di malam minggu, mentang-mentang jomblo dan doi gak merindu. Mending lo tidur dan masuk dalam dunia mimpi sambil ngehalu.

**

Okay, that's all for this part.
This is for sharing no judging.
Dan kita bisa saling berdiskusi dan bertukar pendapat tentang masa SMA ini.

Jangan lupa, sabar. Seperti di bab sebelumya.

See you!

Lo Kira SMA Itu Enak?Where stories live. Discover now