#14 | Lets Get Inspiration!

1.6K 117 6
                                    

Heya! Udah lama ga sharing tips lagi nih. Karena penat dengan kesibukan yang ada, malam ini, sigue mau kasih tips baru buat kalian! Yeay!

First, aku mau ngasih tau kalian di sini bahwa selama beberapa bulan terakhir ini, mungkin beberapa dari kalian semua yang baca ini ada yang merhatiin kalo aku jarang bikin cover lagi. Dan mungkin ada beberapa dari kalian yang terus nanya "Kapan open request lagi?" atau "Kenapa ga pernah bikin cover lagi?", dsb. Seperti biasa, mohon maaf karena gabisa jawab satu-satu inbox dari kalian semua. Well cuma yang minta request cover aja sih. Kalo yang nanyain seputar cara atau topik graphic design masih bisa aku jawab kok. Oke, jadi aku jawab di sini aja yaa. Aku lagi hiatus bikin cover karena emang waktunya ga tepat, gara-gara sibuk sama aktivitas di dalam maupun di luar sekolah. Harap maklum yaa. Maapin juga karena BTR nya masih belum bisa dilanjut jadi mohon bersabar.

Back to the topic, akhir-akhir ini mungkin ada di antara kalian, para designer, yang kehabisan ide buat bikin book cover atau graphic lainnya. Dan kali ini, aku kasih tips biar ide kalian bisa ngalir di otak kalian. yaa semoga aja.

1. Stop Bikin Graphic!

Begitu kalian buka aplikasi digital graphic, dan mau bikin requestan customer kalian, pernah kan ngalamin yang namanya kebingungan dan terus natapin canvas kosong yang ada di layar komputer kalian? Ga kalian otak-atik tuh elemen-elemen graphic nya di atas canvas. Blank adalah kata yang tepat buat ngedeskripsiin hal ini.

Kalo udah kayak gini, saran dari aku, stop bikin graphic. Seriusan, kalau dipaksa, ide gakan muncul2 dan yang ada tetep blank jadinya. Atau mungkin hasilnya ga maksimal. Jadi, mending udahan dulu, deh, ngedesainnya. Cari kegiatan lain yang bikin lo melupakan sejenak tentang graphic design. Nonton film kek, nulis sesuatu lah, main bareng temen atau keluarga atau mungkin kalau mau kayak aku, ya main ke luar atau engga, dengerin lagu. Pokoknya lupain sejenak tentang graphic design sampai kamu dapet ide.

2. Pergi ke Toko Buku Terdekat

Biasanya, orang kalo ke toko buku pasti beli buku, kan? Atau biasanya juga ada yang baca buku di sana sampai selesai. Nah, kalo aku, kalo punya duit, aku beli buku di sana. Kalo lagi totos alias kagak punya duit, ya cuma cuci mata doang. Eits, tapi aku ga asal liat2 doang guys. Aku biasanya cenderung lebih ngeliat cover-cover bukunya yang ada di sana daripada baca-baca sinopsisnya. Liat yang teenfic atau fantasy atau mystery/thriller dan lain-lain. Biasanya, pas liat-liat gitu, suka tiba-tiba muncul tuh idenya buat bikin cover nanti. Pokoknya cobain aja deh. Gada salahnya buat mampir ke toko buku cuma buat liat-liat book cover doang kok, hehe

3. Cari Inspirasi di Internet

Males pergi kemana-mana? Ini dia tips yang cocok buat kalian! Internet adalah gudangnya ilmu di zaman yang modern ini. Semuanya serba ada di dunia maya ini. Kalian bisa langsung cari jenis book cover yang kalian pengen, misal, fantasy book cover design, ntar muncul deh desain-desain yang bisa dijadiin inspirasi sama kalian! Gampang kan?

4. Dengerin Lagu

Ini cara yang ampuh juga menurut aku. Ga cuma nulis aja, bikin graphic pun bisa inspirasinya di ambil dari sini. Aku sering kalo dengerin lagu, ntar kebayang bakal bikin cover yang kayak gimana sesuai sama maksud dari lagunya. Kalian bisa dapet inspirasinya dari lirik lagunya atau mungkin dari genre musicnya. Kalian bisa coba nih, tips yang keempat ini.

Okee segitu dulu yaa tips kali ini! semoga bermanfaat buat kalian! Yang mau sharing tips lain atau seputar pengalaman kalian tentang topik ini tinggal kalian tulis di comment bar aja yaa c:

Keep your masterpiece standing high!

Ree

Creative Designing Tips FactoryWhere stories live. Discover now