#1 | Graphic Editing Programs

13K 705 94
                                    

Ga kerasa, udah setahun aku nekunin bidang desain grafis. Karena jujur aja, sih, bagi aku nge-desain grafis tuh yang awalnya cuma hobi, sekarang udah jadi salah satu gaya hidup. Yah, seperti halnya kalian, yang mungkin diantara kalian ada yang ga bisa hidup tanpa wattpad, social networks atau bahkan internet.

Nah, kali ini, aku bakal ngasih tau kalian tentang berbagai macam program atau aplikasi buat mengedit atau ngedesain book cover. Buat dari aplikasi yang online sampai yang offline. Alright, langsung aja oke? oke.

 1. Picmonkey

Bagi para pembuat book cover pemula, khususnya di luar negeri, pasti udah ga asing lagi sama aplikasi yang satu ini. Aplikasi yang pertama kali aku pake ini adalah aplikasi yang terkoneksi sama internet, alias online. Yap, kalian bisa klik www.picmonkey.com atau tanyain ke mbah google. Banyak orang yang beranggapan kalau pake aplikasi ini, masih terhitung sangat mudah. Karena aplikasi ini cuma nyediain tools kayak adjustment, stickers, color effect, dan berbagai macam jenis font ada disini. Jadi, bagi para pemula, udah cocok banget nih buat bereksperimen disini.

2. Pixlr Advanced

Aplikasi ini juga sama kayak Picmonkey, yaitu online. Untuk aplikasi ini, aku pernah pake tapi cuma sekali. Kalian bisa cari aplikasi ini di mbah google. Bagi kalian, yang ga punya Adobe Photoshop, kalian bisa ngejagoin aplikasi ini. Karena aplikasi ini, dari segi penampilan sama toolsnya mirip dengan Adobe Photoshop. Untuk kalian nih, yang lagi demen-demennya bikin cover pake PSD Coloring, jangan khawatir. Kalian juga bisa nge-import filenya ke Pixlr Advanced ini. Pokoknya aplikasi ini bisa dibilang kembarannya Photoshop. Cuma bedanya online.

Nah, ini dia aplikasi bergengsi yang masih banyak diomongin oleh para graphic designer baik yang amatir sampai yang profesional. Namanya adalah Photoshop.

3. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop merupakan aplikasi yang banyak dikenal oleh para seniman desain grafis. Banyak versi dari Photoshop tersendiri. Namun yang paling dikenal adalah Photoshop CS3, Photoshop CS5, Photoshop CS6 dan Photoshop CC. Photoshop sendiri udah dikenal banyak orang sebagai aplikasi desain dan manipulasi tecanggih yang pernah ada. Bahkan orang-orang yang sudah dianggap profesional dalam bidang desain grafis, pada umumnya menggunakan aplikasi ini untuk mendesain logo, movie poster, book cover, banner, desain billboard dan masih banyak lagi! Makanya, ga heran, kalo di luar negeri harganya fantastis. Contohnya kayak versi yang CS 6, yang versi biasanya aja udah dijual dengan harga $700 atau sekitar Rp 7.000.000,00. Dan versi extended kalo dijual di pasaran bisa mencapai $1000 atau Rp 10.000.000, 00. Ckckck :| Tapi kalo di Indonesia? Kalo yang namanya bajakan mah udah dimana-mana. Wkwkwk.

Untuk penjelasan aplikasi, baru bisa aku jelasin sampai sini. Ketiga aplikasi itu adalah aplikasi yang pernah aku pakai sejauh ini. Masing-masing aplikasi punya kelebihan dan juga punya kekurangannya masing-masing. Semoga aplikasi-aplikasi di atas bisa ngebantuin kalian buat nyalurin ide kalian semua ke book cover yang kalian bikin c:

Oke, semoga chapter ini bermanfaat buat kalian! Kalo ada saran, tambahan, kritik atau ada yang mau ditanyain silakan komen. Kalo kalian suka sama tips-tips ini dan pengen tau tips yang lainnya lagi, silakan vote! <3

Thankies~

Semoga bermanfaat buat kalian!

Selamat mendesain guys!

-Ree

Next post bakalan ngebahas tips-tips ngehilangin rasa susah buat belajar Photoshop!

Creative Designing Tips FactoryTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang