#9 | Do You Know What PSD Coloring is?

3.6K 239 53
                                    

Aku suka ga ngerti, kenapa orang-orang suka nyebutin coloring effect itu "PSD". Walaupun ujung-ujungnya aku juga kebiasaan ngomong psd. PSD itu sendiri sebenernya format photoshop. Ya, kayak misalnya ms. word yang formatnya docx. atau corel draw yang formatnya cdr., ya begitulah~

Psd coloring merupakan salah satu finishing untuk membuat suatu graphic. Ya, misalnya, yang awalnya graphic kalian itu kurang pencahayaan yang bagus, atau ngerasa ada yang kurang, bisa menggunakan psd.

Psd itu beragam. Ada yang dark, ada yang light, ada yang istilahnya ngejreng banget. Tergantung selera kalian aja, sih. Bagus yang mana.

Dulu, waktu aku baru-baru masuk di watty indo, banyak tuh cover yang belum pake psd. Malah, ada beberapa yang ditanya, "Tau psd ga?" entar dijawab, "Apa itu, ya?". Tapi, menurut pengamatan aku, di tahun ini, di watty indo ini, graphic design ini udah membuat suatu gebrakan, entah siapa yang mulai duluan. Tapi yang jelas, graphic design udah jadi salah satu hal yang bergengsi di wattpad ini. Dan intinya, udah banyak para seniman grafis watty indo yang menggunakan psd coloring di graphic mereka, salah satunya book cover yang ada di wattpad.

Psd coloring sendiri, hanya bisa digunakan di photoshop. Cuma denger-denger, nih, ada juga yang bilang bisa dipake di pixlr. Aku belum pernah nyoba, sih. Tapi, kalo ada yang pernah, bisa share di komen bar.

Untuk mecari psd coloring, gampang, kok! Kalian bisa cari di DA, THE KING OF WEBSITE FOR ARTS AND DESIGNS! Banyak, kok, macam-macam psd di sana. Mulai dari yang dark sampai yang light.

Aku kasih tips, nih, ya! Kalo kalian pengen bikin dark cover, mending pake yang dark psd-nya. Kalo, misalnya menurut kalian terlalu gelap, nih, tambahin aja satu atau dua psd yang light, biar pas. Yah, begitu juga kalo kalian pengen bikin light cover.

Menggunakan psd coloring boleh lebih dari satu, kok! Cuma, kalian harus pintar milih-milih psd. Jangan sampai salah milih, terus covernya jadi ga memuaskan.

Aku, maaf, ga suka, nih, kalo ngeliat ada cover yang pake psd coloring, kadang modelnya, jadi si wajahnya tuh terlalu terang atau putih banget kayak mayat. Atau kadang ada yang wajah si modelnya, telalu merah atau terlalu biru di beberapa sisi di wajahnya. No offense, tapi kalo aku sebagai readers, aku ga akan baca cover yang kayak gitu. Ya, minimal, kalian buat si psd-nya tuh yang proporsional lah.

Tips-nya nih, ya, cari psd yang preview-nya tuh mirip atau yang ga jauh beda sama cover kalian, maksudnya lighting-nya. Pokoknya, kalian bisalah ngebayangin atau ngira-ngira saat milih psd yang pas buat karya kalian itu.

Untuk masalah pembuatan psd coloring, aku gabisa jelasin sekarang. Karena takutnya kaliannya ngerasa ribet, atau malah jadi ga ngerti. Karena sebenernya, sampai chapter ini, ini masih tahap beginner atau pemula. Aku mau ngajarin kalian sesuai tahap dulu, mulai dari beginner sampai intermediate atau mungkin juga expert. Kenapa sesuai tahap? Maksudnya, biar kalian gampang ngertinya.

Oke, segitu aja yang bakal aku sampain kali ini. Kalo ada kritik, saran, atau pertanyaan, silakan komen di bawah c; yang suka guidebook ini dan pengen nambah tips lagi, silakan vote <33

Keep your masterpieces standing high!

Ree

*btw, aku mau ngeshare psd coloring yang aku buat udah lama. itu psd, aku bikin khusus cover yang agak calm. tapi, buat yang light cover juga cocok, kok! kalian boleh download! tapi, INGAT, harus IZIN di komen! biar aku tahu siapa aja yang download. jangan jadi stealer! sorry, but I f-hate them! ngomong izin aja, bisalah, ya?

thank you so much for your understanding! :D

Creative Designing Tips FactoryDonde viven las historias. Descúbrelo ahora