#2 | It's not that Hard to Learn Photoshop

8.6K 530 56
                                    

Siapa, sih, yang gak kenal sama satu software atau aplikasi spesialis desain, fotografi dan manipulasi yang dikenal sebagai Adobe Photoshop? Photoshop sendiri udah dikenal banyak orang sebagai aplikasi desain dan manipulasi tecanggih yang pernah ada.Bahkan orang-orang yang sudah dianggap profesional dalam bidang desain grafis, pada umumnya menggunakan aplikasi ini untuk mendesain logo, movie posterbook cover, banner, desain billboard dan masih banyak lagi!

Yang sangat disayangin adalah, banyak orang yang menganggap belajar photoshop itu sangat rumit. Oke, mungkin kalo dibilang tools yang ada di menu photoshop sangat variatif dan banyak, aku setuju. Tapi bukan berarti dengan banyaknya tools tersebut kalian langsung beranggapan itu rumit. Bukannya aku sombong atau semacamnya, tapi sejujurnya hal itu ENGGAK RUMIT SAMA SEKALI. Sorry for those caps, but seriously it's not that hard. Buang jauh-jauh anggapan kalian itu.

Photoshop memang memiliki banyak tools yang sangat variatif. Dan karena itu, aku ngerasa kalo kita itu dipacu untuk sering-sering bereksperimen dengan tools yang ada. Makanya, bagi temen-temen wattpad yang sering nanyain tips ke aku, aku pasti selalu ngomong,"Sering-seringlah bereksperimen!". Karena, dengan seringnya kita bereksperimen, kita jadi paham betul dengan fungsi-fungsi tools yang ada. Istilahnya, learning by doing!

Tips untuk mahir dalam menggunakan photoshop:

1.  Bereksperimen

Bereksperimen. Gak pernah bosen-bosennya aku ngomong kata ini. Karena, seriusan deh, dengan melakukan hal ini, kalian akan benar-benar mahir dan ngerti banget sama fungsi-fungsi tools dan, malahan, bisa menciptakan teknik sendiri dengan memanfaatkan tools yang ada. Dan bahkan bisa ciptain style book cover sendiri. 

2.  Punya Niat

Jika kalian bereksperimen tapi samasekali gak ada niat dan kemauan, semuanya bakalan percuma. Ya, bener, kok. Malah yang ada, kalian langsung berpikir belajar photoshop itu susah dan rumit banget. Pernah gak kalian denger quotes-nya mendiang Steve Jobs yang kayak gini, "The only way to do great work is to love what you do.". Cara agar kalian menghasilkan pekerjaan yang memuaskan adalah menyenangi dan menyukai pekerjaan tersebut. Aku percaya sama quotes ini. Bagi aku, dengan adanya rasa suka dan senang sama suatu kegiatan, untuk kesananya gak bakalan ada rasa beban. Yang ada malah keasyikan sendiri. Jadi, tanya dulu sama diri sendiri, apakah kamu punya minat untul belajar photoshop? Apakah kamu seneng belajar photoshop? Jika kalian merasa minat dan suka, otomatis gak ada yang namanya beban disaat kalian sedang belajar photoshop. Dan intinya, kalian akan asyik belajar photoshop tanpa beban sedikit pun asalkan kalian minat untuk ngelakuinnya.

3.  Bertanya pada Teman yang Jago Photoshop

Punya teman yang jago desain grafis dan make photoshop? Jangan pernah malu atau gengsi untuk bertanya pada mereka. Seringlah bertanya pada mereka seputar tips desain grafis atau teknik menggunakan photoshop. Temen yang baik pasti bakalan kasih tau ke kamu bagaimana caranya. Tapi, tetap jangan lupa, berterimakasihlah kepada temen kamu itu. Karena tanpa bantuannya, kamu gak akan bisa mahir seperti sekarang ini. Dan jangan lupa, setiap pembelajaran atau style photoshop yang diajarkan oleh temenmu itu cuma sebagai inspirasi bukan tiruan atau dijadiin plagiat. Akan lebih bangga lagi jika kamu bisa dan mahir menciptakan style sendiri, mengalahkan orang-orang yang pernah ngajarin kamu mendesain.

4.  Belajar lewat Youtube

Youtube, ternyata juga bisa jadi sumber bagi kalian yang pengen belajar photoshop. Aku sarankan untuk membuka video yang dibuat pake bahasa Inggris bukan bahasa Indonesia. Karena video pembelajaran yang dibuat oleh orang internasional memiliki penjelasan mengenai teknik photoshop yang lebih variatif ketimbang dengan video yang dari Indonesia.

Oke, cuma segitu yang bisa aku jelasin sekarang. Semoga artikel dan tips-tips di atas bermanfaat buat temen-temen yang mau belajar photoshop. Oh, ya, jika kalian punya pertanyaan atau tambahan silakan komen di bawah yaapss xD Yang mau tau banyak tips atau suka sama artikel ini, vote yaaps <3  Alright, thank you so much for reading this article!  Sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya, bung!

Enjoy your designs and keep your masterpieces standing high!

-Ree

Next post bakalan ngebahas seputar source atau website buat nyari gambar-gambar yang bagus! c:

Creative Designing Tips FactoryTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang