#12 | Choosing the Perfect Color Themes for Your Cover

2.3K 169 18
                                    

Oke, beberapa di antara kalian, wahai para seniman grafis wattpad, mungkin ada yang masih bingung buat gimana caranya milih color themes yang pas buat cover atau graphic yang kalian buat. Dan kali ini aku bakal kasih tau tips-nya buat kalian!

Color themes emang salah satu unsur yang mendukung mood suatu cover atau graphic lainnya. Yup, selain foto atau gambar, unsur inilah (color themes) yang memengaruhi mood cover tertentu, tuh, sad atau malah happy.

Untuk cover yang happy, sudah jelas bahwa warna yang paling mendukung adalah warna-warna yang cerah dan colorful. Seperti warna merah, hot pink, turquoise, biru, oranye, kuning, dll. Tapi, ga semua warna yang cerah itu pas buat cover happy. Maksudnya, kalau kalian misalnya masukin warna-warna yang cerah bin ngejreng ke dalam satu cover, otomatis covernya itu ga akan memuaskan dan bisa mengurangi minat readers untuk baca bukunya kalau dijadiin cover oleh si penulis. Kenapa dibilang ga memuaskan? Karena covernya bakalan jadi terlalu rame dan malahan, ga mewakili isi dari suatu cerita tersebut.

Nah, untuk cover yang sad, paling cocok dengan warna yang agak soft, atau gloomy, atau warna pastel. Kalo menurut aku, sih, pemilihan warna untuk sad cover ga begitu penting. Karena yang bener-bener bikin covernya sad adalah gambar atau foto, sama PSD coloring. Dan termasuk kesederhanaan dari cover itu sendiri.

Dan terakhir untuk dark cover, udah jelas banget warna yang paling mendukung adalah warna-warna gelap. Tapi, aku saranin, jangan bikin dark cover terlalu gelap. Karena bakal bikin cover itu terlalu monoton, susah dilihat, dan keliatan ngebosenin. Jadi, aku saranin buat kasih sedikit warna yang agak contrast atau yang agak terang.

Sebenernya, masalah color themes itu tergantung sama selera masing-masing. Masalah cocok atau engganya, bagus atau engganya, ya...  itu relatif. But, gada salahnya, kan, kalau aku share tips ini?

Anyway, kalo kalian masih tetep bingung buat nentuin warna yang pas buat cover, aku saranin, kalian buka deh colourlovers.com. Di sana, tuh, tersedia yang namanya color palletes. Jadi, biar kalian ada bayangan gitu, kalau misalnya mau bikin cover yang "blabla" jadi warnanya yang pas tuh "blabla." Well, yeah... that's it!

Oke, segitu aja tips dari aku! Semoga bermanfaat buat kalian! Jangan lupa vote buat kalian yang pengen guiebook ini terus lanjut. Dan comment yaaps kalo kalian punya saran, atau ada yang mau ditanyain.

P.S Aku butuh banget nih, ide buat ngelanjutin chapter guidebook ini! So, ide dari kalian bener-bener dibutuhkan x3 Jadi, please request tipsnya via comment di bawah ini <33 Thankiess

Keep your masterpieces standing high!

Ree

Creative Designing Tips FactoryTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang