#10 | How to Cut the Pictures using Photoshop

3.1K 209 27
                                    

Karena lagi bosen, kali ini aku memutuskan untuk nge-post tips selanjutnya. Nah, post kali ini, aku pengen ngejelasin ke kalian bagaimana caranya meng-cut sebuah foto atau gambar. Atau bisa dibilang, menghapus atau menghilangkan background.

Sejauh ini, aku udah coba bereksperimen dan sedikit paham mengenai beberapa teknik meng-cutting dengan menggunakan photoshop. Dan ternyata, banyak cara untuk menghilangkan background pada gambar atau foto tersebut. Nah, berikut beberapa cara meng-cutting atau menghilangkan background yang biasa aku lakuin dengan menggunakan photoshop.

     1.  Lasso Tool     
    Lasso Tool, tool yang memiliki icon yang bergambar seperti tali, merupakan salah satu tool untuk meng-cutting gambar atau foto. Seperti foto Emma Stone yang ada di mulmed, itu merupakan hasil yang pernah aku buat dengan menggunakan tool ini. Ini adalah tool yang paling sering aku pake. Menggunakan tool ini, awalnya bisa dibilang gampang-gampang susah. Untuk melakukan teknik ini, bagi aku dibutuhkan ketelitian dan kesabaran. Kalo gak teliti dan terburu-buru, hasilnya gak akan memuaskan. Karena bagian yang terpotong kesannya jadi gak keliatan rapi.

     2.  Magic Wand
         Melakukan teknik meng-cutting dengan menggunakan tool ini, bagi aku, ini merupakan teknik yang paling gampang dan bisa dibilang instan. Hanya dengan sekali klik pada background dan klik cut, background yang awalnya ada bisa langsung hilang. Namun, kelemahannya menggunakan tool ini adalah tool ini hanya bisa dilakuin kalo background pada foto ato gambar cuma ada satu warna dan simple. Misalnya, di belakang si objek ada latar yang warnanya putih, hitam, dll. Biasanya, foto yang bisa di-cut menggunakan tool ini adalah foto Celebrity Photoshoot yang latarnya berwarna putih ato semacamnya.

     3.  Pen Tool
        Teknik yang menggunakan tool ini, menurut aku,  merupakan teknik yang paling ribet dan cukup lama. Tapi, cuma menurut aku yaa. Karena, setelah aku melakukan beberapa survey, ternyata banyak orang yang menggunakan tool ini. Aku akuin, tool ini emang ribet. Tapi pas ngeliat hasilnya, sangat memuaskan. Karena kalau diliat-liat, bagian yang terpotong keliatan sangat rapi. Dan bagi aku, tool ini merupakan tool yang memiliki tingkat ketelitian dan kesabaran yang tinggi. Tapi kalo kalian tertarik buat mencoba, kenapa enggak?

      4.  Eraser Tool
        Tool ini merupakan salah satu tool yang sering digunakan oleh banyak orang. Karena, selain gampang hasilnya juga cukup memuaskan. Hasilnya emang cukup memuaskan, walaupun masih kalah memuaskan dari hasil cutting menggunakan Pen Tool. Namun, dengan menggunakan tool ini aja udah lumayan bagus kok hasilnya kalo sekedar bikin book cover

-:-:-

Oke, mungkin segitu aja dulu tips tentang cutting. Semoga tips ini bermanfaat buat kalian ya, guys! Ada bonus random png pack (tumblr girl models) buat kalian yang seneng desain grafis! Ingat! Harus izin download via comment di bawah, bagi kalian yang mau download! Biar aku tau, siapa aja yang download.

Yang mau kasih saran buat tips selanjutnya, silakan comment di bawah! Dan yang pengen tau tips-tips selanjutnya dan suka sama guidebook ini, vote yaappss <33 thankiess

Keep your masterpieces standing high!

Ree

Creative Designing Tips FactoryWhere stories live. Discover now