#16 | Your Typical Customers

1.6K 124 37
                                    

Hai, ada yang udah bosen ga, ketemu gue di sini? HAHA. Oke, sekarang gue bakal ngasih tau tipe-tipe pelanggan kalian saat buka jasa Book Cover di Wattpad. Enjoy!

1. Pelanggan "Terserah Kamu Aja Deh"

Dari namanya aja udah jelas, kalau si pelanggan pasti serba terserah. Kata terserah, hal yang paling gak disukai ama hampir semua cowok. Walaupun gue cewek, tapi gue juga gak suka sama kata itu. Biasanya pelanggan tipe ini, bakal bikin kita bingung like wtf.

Contohnya:

Ideas: terserah kamu aja deh, Ree. yang penting bagus.

Nah, lho, bagus kan relatif. Gimana kalo misalnya kita yang desainer bikin book cover yang melenceng dari cerita mereka? Gimana kalo misalnya kita asal masukin cast ke cover mereka? Ujung-ujungnya pasti ditolak kan? Bete ga tuh nemu yang kayak gitu? Kalo gue sih, iya banget.

2. Pelanggan "Perfeksionis"

Kalo yang ini, biasanya banyak maunya. Keinginannya lebih spesifik, dan tok harus dan wajib keinginannya terkabulkan. Kalo enggak, ntar ditolak covernya mentah-mentah.

Contohnya:

Ideas: Aku pengen ada gambar yang ceweknya rambut merah lagi pelukan sama cowok blonde. Terus di belakang mereka itu ada hutan kecil, sama di langitnya itu ada balon udara lagi mengudara. Oh, ya, ceweknya itu diperanin sama Emma Stone (yang rambut merah), cowoknya itu Alex Pettyfer. Jangan bikin wajah mereka senyum. Datar aja. Terus, font judulnya yang huruf sambung gitu ya.

ADUHH PALING MALES NEMU YANG KAYAK GINI T,T rasanya gue pengen jambakin rambut gue sampe botak. Sumpah, kalau kalian yang baca ini dan pengen request ke gue, plis jangan kayak gini. Gue bakal tolak requestan kayak gini, beneran. Emang sih bisa pake teknik manipulasi, tapi ya mikir aja kali. Emang nanti covernya gak keliatan penuh dan rame apa? Apalagi kalau font-nya huruf sambung. NO NO AND NO!!!

3. Pelanggan "Plin-plan"

Ketika kamu nemu pelanggan kayak begini, pasti juga bakalan sebel.

Contohnya:

Ideas: Aku pengen covernya penuh sama warna biru pastel di backgroundnya. Terus jangan lupa ada Barbara Palvin sama Miranda Kerr nya ya, lagi sebelahan gitu.

Dan, ketika kalian udah bikin dan post covernya ke orang itu, seketika orang itu malah jawab:

Kayaknya ga jadi deh. Aku ngerasa lebih cocok background-nya serba pink. Terus ceweknya ganti jadi Selena Gomez dengan Kendall Jenner.

Satu nasehat buat kalian yang suka request kayak gini, Please jangan nyusahin cover makernya dong. Yakali desain cover tuh cepet dan gampang :(

4. Pelanggan "PHP"

Pelanggan ini juga bikin gue pengen nangis. Ketika kalian udah bikin covernya sesuai keinginan mereka terus kalian post covernya. Dan taunya selama berhari-hari ga ada kabar, terus tuh cover jadi ditelantarin gitu sama pelanggan yang mesen tadi. Kan sakit hati....

5. Pelanggan "Picky"

Pelanggan ini selalu very picky alias pemilih. Jadi dia itu request di shop kalian anggaplah dengan judul "Radioactive", tapi di saat yang sama, pelanggan itu juga request dengan judul buku yang sama tapi dengan shop yang berbeda. Dia request hampir di semua shop dengan judul yang sama, dan pas semua desainer ngasih hasil covernya, dia milih yang paling bagus dan bayar payment-nya juga ke yang desainer yang hasilnya paling bagus menurut dia. Serius, kalo kalian ada jadi pelanggan kayak gini, mending gausah request deh. Bikin aja cover sendiri. Daripada cover orang ga dihargain.

6. Pelanggan "Gak Jelas"

Ini tipikal pelanggan yang ngasih ide sangat tidak jelas, dan sangat tidak membantu.

Contoh:

Ideas: Cewek dan cowok.

UDAH GITU AJA? TERUS ITU CEWEK DAN COWOKNYA MAU DIBIKIN KAYAK GIMANA t( ;A; t   ) Cewek dan cowok kan banyak. Pose mereka berfoto juga kan banyak. Yang lagi ngupil ada. Yang lagi tidur juga ada. Pelukan, Gandengan, juga ada. Hayati sudah tak tahu bagaimana menghadapi pelanggan ini.

7. Pelanggan "The Best"

Pelanggan ini ga perfeksionis. Tapi paling the best deh! Daaaannn kalo kalian pengen request ke aku, seberusaha mungkin jadi pelanggan yang kayak gini yaa.

Ideas: Itu kan ceritanya teenfic dengan remaja dan konflik mereka di sekolah. Aku pengennya itu ada gerombolan remaja yang keliatannya ceria, happy gitu, apa aja asalkan keliatan happy sama cheerful. Kalau misalnya ga nemu yang pas, kamu juga boleh pake gambar dua cewek yang sahabatan gitu, lagi main bareng-bareng dan keliatan ceria. Kebayang kan? Atau kalau misalnya ide aku gabagus pas diaplikasiin, sesuain aja sama summary-nya.

Ngerti kan, kenapa gue lebih suka sama yang ini? Karena jelas, ga terlalu spesifik tapi idenya udah nangkep dengan jelas. Plus, dia ga nuntut harus sesuai sama keinginannya. Karena gini, ya, kadang ada pelanggan yang ngasih ide dan harus diturutin. Sementara dia gatau kalau menurut kita, covernya itu bakalan jelek. Jadi intinya, kasih sedikit gambaran aja ide sama cerita kamu kayak gimana dengan jelas tapi ga terlalu spesifik dan perfeksionis. Ntar, para desainer juga jadi enak bikin covernya kan, dan juga lebih seneng sama pelanggannya.

Itu aja sih, chapter kali ini. Jangan lupa vote dan comment yaa kalo mau nambah tips lagi! :D Kritik dan saran bisa langsung aja tulis di comment bar, inbox, atau ask.fm aku: sortingstars.

Btw, ada yang punya ide ga, buat share tips apa lagi? Tips ya, buka tutorial. Karena gue belum bisa bikin tutorial sekarang. Maafkan... Oh, ya, kalian mulai sekarang bisa nanya2 seputar desain grafis di ask.fm aku: sortingstars. Kalo ada yang mau suggest tips desain grafis juga boleh. Entar tips nya aku tulis di sini cx

Keep your masterpiece standing high!

Ree

Creative Designing Tips FactoryWo Geschichten leben. Entdecke jetzt