#13 | Designers Block

1.6K 112 4
                                    

Okay guys! Mumpung lagi akhir pekan, dan belum sibuk karena bentar lagi porak dan karena event lain, jadi, si gue mau nge-post part baru CDTF ini! Kali ini kita bakal bahas Designers Block.

Ternyata, ga cuma writers aja lho yang mengalami buntu ide atau writers block. Tapi, ternyata seorang designer pun bisa juga mengalami buntu ide, atau biasanya aku sebut Designers Block.

Designers Block adalah keadaan dimana para designer ingin membuat suatu karya tapi sayangnya ga ada ide yang mengalir deras. Mereka nge-stuck, bingung, ga ada gambaran kalau penampilan graphic atau covernya bakalan kayak gimana. Dan dalam kesempatan ini, aku bakalan kasih tau hal-hal yang bikin para designer mengalami designers block. Nah, pernahkah kalian mengalami salah satu dari hal-hal berikut ini?

1) Gak Mood

Aku tipikal orang yang moody-an kalo masalah bikin graphic [gak graphic doang malah]. Kalo lagi mood banget, biasanya ide mengalir deras bak air terjun. Kalo pas bikin cover, di kepala itu biasanya udah ada gambaran, kayaknya bakal bikin covernya kayak gini, atau bisa juga kayak gitu. Tapi, kalau aku ga mood, entah itu karena capek, banyak tugas, atau bosen, biasanya bikin covernya juga asal-asalan. Malah, lebih sering ga ada ide sama sekali karena keburu ga mood. Jadi, kalo pengen bikin cover yang maksimal, usahain perbaikin dulu moodnya. Karena kalo mood kalian bagus, cover kalian bakal keren banget, dan menjadi kebanggaan tersendiri.

2) Gak Ada Inspirasi

Pernah gak, sih, kalian ngerasa udah niat dan pengen banget bikin cover, tapi pas nyobain bereksperimen sama elemen-elemen yang ada, hasilnya jadi ga pernah srek sama selera kalian? Aku pernah ngalamin yang kayak gini. Biasanya ngalamin yang kayak gini, tuh, pas pertama kali bikin cover yang genre atau tipenya beda dari yang sebelumnya. Alias, baru pertama kali aku bikin. Biasanya, karena baru pertama kali itu, idenya banyak yang ga keluar. Plus, ngerasa ga ada inspirasi samasekali. Untungnya, di zaman yang modern ini kita punya Mbah Google! Jadi tinggal tanya aja sama beliau terus bakal nemu deh jawabannya! Kalo kalian ga ada inspirasi bikin, misalnya, sci-fi book cover, kalian bisa search di google kayak movie poster, book cover science fiction yang udah di bikin sama designer yang professional! Entar, pas kalian lagi seneng-seneng tuh ngeliat karya-karya yang dipajang, biasanya suka muncul tuh ide buat bikin cover buat customer kalian.

3) Bikin Cover dengan Jenis atau Model Cover yang Sama

Kalo aku boleh curhat, hal yang ini, nih, yang paling sering bikin aku designers block. Aku kalo dikasih cover request yang genre-nya sama, apalagi dengan model atau cast yang sama, bakal bosen banget dan langsung deh idenya berhenti mengalir. Sejujurnya, aku udah bosen bikin cover yang modelnya boyband boyband yang, well, kalian tau lah udah merajalela di wattpad Indonesia. Aku bukan haters, and no offense, tapi aku cuma bosen dan males aja kalo nemu cover request yang cast-nya boyband lagi, boyband lagi. Sometimes, aku mengharapkan ada requestan yang unik ceritanya, dan anti mainstream lah pastinya. Nah, kalo biasanya lagi bosen sama requestan yang ada di Indonesia, aku beralih ke akun yang khusus wattpad internasional. Biasanya kalo wattpad luar indo, atau yang ada di mulmed club, variasi requestannya banyak. Kalo di Indo paling sering nemu teenfic dan fanfic boyband, kalo di luar negeri, macem-macem. Ada fantasy, ada horror, ada sci-fi, ada paranormal, ada general fiction dan masih banyak lagi! Bahkan, mereka kebanyakan ga pake cast buat cerita. Asalkan ada model yang cocok sama personality tokohnya, bakal diterima kok covernya. Intinya, sih, kalo kalian ngalamin hal ini, beralih ke customer atau requestan yang lain. Kalo udah bosen, ya, kenapa ga mencoba untuk mencari hal yang baru?

4) Pertama Kali Bikin Cover yang Berbeda

Seperti yang aku jelasin tadi, pasti pernah, kan, kalian ngalamin designers block pas pertama kali kalian bikin cover dari requestan yang beda dari biasanya? Misalnya, kalian itu sering banget bikin teenfic cover, tapi, tiba-tiba ada customer yang ngerequest horror cover ke kalian. Kalian accept itu request, tapi pas mau bikin, kalian ngerasa bingung dan ujung-ujungnya buntu ide. Kalo kalian gapernah ngalamin ini, berarti kalian designer yang hebat!

5) Bosen Bikin Cover

Hal ini, nih, yang paling fatal kalo disuruh bikin cover. Kalo kalian udah bosen banget bikin cover, jangan dipaksa atau dituntut untuk bikin. Karena, hasil yang dibuat bakal ga maksimal. Dijamin deh. Satu-satunya cara buat ngilangin bosen bikin cover, ya, cari pengalihan. Kalian bisa lakuin kegiatan lain selama beberapa waktu. Entah itu menulis, menggambar, main gitar, nongkrong bareng temen dan hal sebagainya. Nanti, setelah itu, bakal muncul lagi, kok, keinginan buat bikin cover lagi.

---

Oke, itu aja hal-hal tentang designers block yang biasanya dialamin sama para designers. Kalo kalian gapernah ngalamin, ya, syukur.  Jadi bisa terus berkarya. Tapi, kalo kalian pernah dan sering ngalamin, coba beralih untuk ngelakuin kegiatan yang baru.

Semoga, part ini bermanfaat buat kalian yaappss

Keep your masterpieces standing high,

Ree

Creative Designing Tips FactoryTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang