#5 | Bunches of Fonts

6.8K 428 70
                                    

Font. Pernah ga, sih, kalian yang sebagai seorang graphic designer bermasalah dengan kata ini? Pasti pernah, kan?

Font merupakan salah unsur terpenting yang dapat memengaruhi kualitas suatu desain pada digital graphic, khususnya book cover. Kenapa dibilang unsur terpenting? Karena, mikir aja, deh, kalo kalian liat book cover yang udah keren banget desain dan manipulasinya, pas liat ga ada teks dan font-nya, ngerasa ada yang belum lengkap, kan? Nah, itu dia kenapa aku bilang font merupakan salah satu unsur terpenting.

Di dunia yang yang udah modern ini, ternyata masih ada yang salah kaprah tentang apa itu teks dan apa itu font. Teks dan font itu jelas-jelas berbeda. Teks itu merupakan susunan dari berbagai kata atau kalimat. Contoh: judul yang ada di book cover, misalnya: Behind the Rhythm. Sementara definisi font itu sendiri merupakan jenis huruf dari teks tersebut. Contoh: Times New Roman, Arial, Consolas, dll. You see? They’re different, aye?

Udah ga jarang, kalo para seniman grafis sering punya masalah sama font ini. Banyak para seniman yang udah ngerasa kalo desain mereka itu udah bagus, udah keren, udah wow. Tapi, pas ditambahin teks dengan font tertentu, mereka langsung ngerasa, why my graphic sucks? Harusnya, yang awalnya desainnya udah bagus bagus pas dikasih teks dan font, langsung ancur. Pastinya, sesama seniman grafis kalian pernah dong, ya, ngerasain hal yang kayak gini?

Biar ga terjadi hal kayak gitu, kalian harus cerdas memilih font yang bener bener cocok sama cover yang kalian buat. Ingat! Ga semua cover font-nya harus bold. Ga semua cover font-nya harus cursive. Ga semua cover font-nya harus Bebas Neue. Semuanya tergantung pada desain yang udah kalian bikin. Kalau desain kalian itu karakternya dark, font-nya harus apa. Kalau desain kalian itu karakternya cheerful atau happy, font-nya yang kayak apa.

Makanya, biar ga bingung buat milih font, aku kasih tau deh tipsnya.

Dark Cover

Dark Cover itu merupakan jenis cover secara general. Kalau yang lebih spesifiknya seperti, fantasy, horror, paranormal, werewolf, vampire, sci-fi, thriller, dan masih banyak lagi. Tapi ingat! Ga semua fantasy cover dan science fiction itu dark. Ada beberapa dari mereka itu yang jenis light, tapi tetep ga pake kesan happy kayak teenfic gitu.

Nah, khusus dark cover kayak gini, banyak font yang cocok lho! Kayak Augustus, Alpaca Scarlet, Blade, Fairy Dust, Coneria Script, Elsie Black dan masih banyak lagi!

Kalo dark covernya ber-genre Classic, atau bertema Mythology atau kerajaan gitu, aku saranin cocoknya tuh pake font yang script atau yang cursive kayak Augustus dan Coneria Script.

Kalo yang fairytale gitu lebih cocoknya pake Fairy Dust sama Elsie Black. Augustus dan Coneria Script juga cocok kok.

Terus kalo pengen yang kayak sci-fi, thriller gitu cocoknya pake Alpaca Scarlet atau Blade.

Sementara untuk horror, aku ga terlalu yakin. Tbh, aku jarang dan malah ga pernah bikin horror cover. Karena idenya suka nge-stuck kalo disuruh bikin horror cover. Well, aku sih cuma bisa nyaranin, pilih font-nya yang agak bold.

Light Cover

Light cover juga sama kayak dark cover. Itu cuma jenisnya secara general. Yang lebih spesifiknya ya contohnya seperti, teenfic, fanfic, humor/komedi, chicklit, fantasy juga termasuk. Tapi ingat! Jangan salah kaprah! Light dan happy itu beda ya? Light itu covernya terang atau agak terang. Tergantung mood ceritanya. Kalo mood-nya sad, ya, agak terang. Kalo happy, ya, terang bin genjreng.

Untuk teenfic/humor/fanfic/chicklit itu jenis font-nya sama aja. Banyak banget font yang cocok buat cover tipe ini. Contohnya kayak font yang udah paling mainstream, ya, apalagi kalo bukan Bebas Neue, terus ada Augustus, Coneria Script, Children One, Fanade, Gobold, Franklin Gothic, Garamond, dan Century Gothic. Yup, mereka adalah andalannya kalo buat light cover! Apalagi kalo buat kalian, nih, yang banyak banget yang gemar bikin 1D Fanfic cover! Aduh, gatau kenapa bosen banget deh kalo bikin 1D cover. Karena yang request nya banyak.

Itu dia font-font yang udah aku saranin buat kalian yang pengen belajar desain grafis tahap basic. Font itu banyak banget jenisnya. Mau sebanyak apapun orang lain ngasih suggestion, semuanya itu kembali pada diri kita masing-masing. Ga semua font itu cocok sama cover. Dan ga semua font itu ga cocok sama cover.

Nah, itu dia! Seperti yang sering aku bilang, eksperimen! Esperimen! Dan Eksperimen! Kalo kalian sering bereksperimen, ga akan pernah kalian ngalamin kesulitan buat milih font. Kalo kalian udah sering bereksperimen, ibaratnya, kalian, tuh, udah refleks banget kalo dikasih masalah kayak gitu. Cuma balik lagi ke diri sendiri. Kalian ada niat ga buat bereksperimen? Kalian ada keinginan ga, biar mahir ngedesain grafis? Kalo ada niat, keinginan, dan ada rasa seneng, semuanya bakalan ga ada beban dan malah terasa mudah.

Oke, cuma segitu yang bisa aku jelasin sekarang. Kalo ada yang mau ditanyain, ada saran atau request tips, silakan komen di bawah! xD Kalo suka sama buku ini dan pengen nambah tips lagi, vote guys! <33

Semoga tips kali ini bermanfaat buat kalian!

Selamat bereksperimen and keep your masterpieces standing high!

Arigatou gozaimasu~

-Ree

Next post ada ide ga? Request aja tips-nya di bawah! Aku lagi bingung dan butuh ide nih buat tips selanjutnya

Creative Designing Tips FactoryWhere stories live. Discover now