#4 | My Revolution of Graphic Designing

8.1K 439 78
                                    

Alright, berhubung di inbox banyak yang nanyain gimana awal mulanya aku bikin graphic design sampe pake photoshop, jadi di chapter ini aku mau sedikit cerita tentang awal mula aku kenal graphic design. Terserah, kalo chapter ini mau dibaca atau engga. Aku bukan Mario Teguh, tapi berharap chapter ini bisa jadi inspirasi dan motivasi kalian buat semangat belajar graphic design. Kalo emang ga memotivasi sama sekali, ya rapopo :(

Pertama kali aku kenal yang namanya graphic design itu, pas aku liburan abis UN SMP. Di akun yang luar negeri itu, aku punya cyber-friend dari Florida (sekarang dia udah nge-deactive akunnya, gatau kenapa) yang suka ngebantuin orang bikinin cover. Yang namanya timeline tuh penuh sama dia, gara-gara nge-post desain buat penulis yang butuh cover.

Terus akhirnya aku coba tanya-tanya ke dia, kalo dia bikin cover pake aplikasi apa? Terus dia jawab Picmonkey. Awalnya, aku gak kenal namanya Picmonkey. Dulu aku cuma tau Photoshop CS5, karena papa  aku dulu lagi seneng-senengnya nge-download program computer yang file-nya gede-gede. Gatau seneng karena apa, tapi dia semacam obsessed sama yang namanya nge-crack. Cuma, waktu itu Photoshop masih berupa pajangan. Udah didownload, tapi ga ada yang make sama sekali.

Awalnya, aku tertarik buat bikin cover pake Photoshop. Cuma pas liat tools-nya, sempet kebelingeran. Kayak yang, ih, ini tools kok banyak banyak amat? Makanya gara-gara itu jadi milih pake Picmonkey. Setelah, ada mungkin 2 minggu, aku bosen sama Picmonkey. Karena kesannya boring terlalu gampang. Jadi aku mutusin buat belajar book cover lewat Photoshop. Cuma ya, itu… masih agak kikuk dan agak asing pas nge-liat tools-nya. Makanya, beralih ke Pixlr Advanced. And then, sama aja.. ujung-ujungnya aku bingung sendiri uhuhu.

Cuma, gara-gara ngeliat temen aku ini tuh covernya makin lama makin berkembang, aku jadi makin tertantang buat bikin cover. Maklum, anaknya emang kepoan dan paling seneng kalo dipuji, emang gak munafik sih orangnya wkwk. Hingga akhirnya mutusin buat belajar pake Photoshop. Tutorialnya, aku pilih via youtube. Maksudnya biar cepet ngerti, karena aku tipe orang yg audiovisual dan kinetik. Jadi gak bisa yang belajar cuma lihat aja, dengerin aja, atau praktek aja. Harus digabung. Nah, balik lagi, terus, pas deket-deket MOS SMA, aku lagi aktif-aktifnya tuh, ngelayanin orang-orang yang butuh cover.

Nah, waktu itu, cover aku yang namanya dipuji sama orang masih dikit banget. Dulu, masih jarang banget orang yang minat sama book cover di wattpad. Terus banyak banget orang yang istilahnya harsh banget pas aku kasihin covernya. Ada yang bilang covernya jelek, ga cocok, amatiranlah dan harsh comment lainnya.

And yes, dulu, di watty luar negeri, orang-orangnya rata-rata kayak gitu (Sekarang gak gitu, karena udah banyak ambassador). Mereka tuh ga kayak orang kita yang seengganya masih polite. Kalo di negara kita, mau sejelek apapun pasti di komentarin bagus dan masih halus, kan? I mean, bisa dibilang fake kalo di Indonesia, tuh. Nah, kalo di luar negeri kalo karyanya bagus, bakalan dihargain dan dijunjung tinggi banget, ini nih yang bikin bangga banget. Tapi, kalo jelek, ya pasti dibilang jelek dan kalimatnya, kadang, harsh banget. Makanya, sometimes mental harus kuat banget kalo ngehadepin mereka. And ada hikmahnya juga sih dikasih harsh comment. Jadi semakin tertantang buat bikin cover.

Seiringnya waktu, akhirnya aku juga mulai berkembang. I don't mean to brag about it, but waktu itu rasanya seneng banget. Karena ada beberapa wattpad users yang terkenal sebagai graphic maker diantaranya MadelineSane , dark-shadows , Ashihara , graphical, Elision , Mayra_Tijssen , irwinthegod , ngakuin di satu forum desain grafis dan ada yang lewat inbox kalo graphic yang aku buat itu bagus. Dan semenjak itu, aku jadi termotivasi buat terus bikin graphic. Sampai akhirnya ada banyak orang yang mau belajar desain grafis dan nanyain tips ke aku. Yup, sampe sekarang ngedesain grafis juga masih jadi bagian dari hobi aku.

Pelajaran yang aku dapat dari belajar desain grafis selama ini adalah, untuk mencapai suatu keberhasilan, semuanya pasti dimulai dari nol. Selama ada niat dan keinginan yang kuat, segala sesuatu yang diinginkan pasti bakalan tercapai. Jadi, jangan pernah patah semangat buat belajar sesuatu, termasuk ngedesain grafis. Teruslah latihan. Nanti juga masterpiece bakalan tercipta dari tangan kamu sendiri.

Seperti biasa, yang mau request tips atau ada saran atau ada yang mau ditanyain, komen xD Kalo pengen nambah tips dan suka sama buku ini, vote guys <3

P.S Di mulmed ada beberapa cover yang aku buat, dari yang dibuat  pake Picmonkey, sampai Photoshop c:

Semoga, kalian jadi semangat yaaps

Ree.

Next chapter bakalan aku tulis tentang Fonts :D

Creative Designing Tips FactoryTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang