#15 | Be Confident with Yourselves

1.3K 104 16
                                    

Akhirnya, setelah berbulan-bulan gak update design tips, aku memutuskan untuk update lagi. Tapi, chapter kali ini kayaknya lebih ke motivasi sih daripada ke desain tips.

Aku boleh curhat di sini kan? Sebenernya, aku udah mau ngejelasin ke kalian sebelumnya. Cuma akhirnya aku jelasin sekarang, karena keinget lagi buat ngelakuin hal yang sempet terlupakan.

Dari dulu sampe sekarang aku suka nemu di inbox yang penuh tentang orang-orang yang nanya desain grafis. Well, di sini masalahnya tuh bukan karena aku gasuka sama orang-orang yang nanya desain grafis. Engga, aku jujur seneng banget malah bisa ngebantu mereka. Yang aku permasalahin adalah ketika mereka ngebandingin karya mereka dengan karya aku, dan setelahnya langsung ngejelek-jelekin dirinya sendiri.

Ugh, like seriously?

Gini lho ya...sejujurnya, aku paling ga suka dibanding-bandingin. Gue ya, gue. Kalian ya, kalian. Mau aku jelek atau sebaliknya, ya inilah aku. Gak usah diomongin. Begitu juga dengan kalian.

Aku gada maksud buat sombong atau belagu atau apalah itu. Tapi, aku jujur, suka ilfeel kalo nemu orang-orang yang ngerendahin dirinya sendiri. Rendah hati emang bagus, tapi kalo kebangetan kan jadi males.

Misal:

Aku suka sama graphic Ree! Graphic Ree tuh keren-keren! Tapi yang aku kok jelek banget ya? Mau diapain juga tetep jelek. Mau belajar photoshop tapi susahnya minta ampun. Gimana sih biar kayak Kak Ree graphic-nya? Mau belajar tapi susah, rumit, ga ngerti aku. Kayaknya aku bego banget yaa. Sumpah susah banget ih, gimana sih caranya?  Aduh kayaknya gue orang paling bodo deh di dunia And blablablabla~

Nah, itu yang aku maksud. Mereka kebanyakan ngeluh, ngerendahin dirinya sendiri. Aku suka bingung mau ngomong apa, aku juga ga jarang jadi males ngejawab dan malah ilfeel jadinya. Serius, aku paling gasuka sama orang yang gampang ngeluh, kayak yang lo tuh dikasih hidup malah ngeluh. Terus ya buat apa lo hidup? Walaupun ujung-ujungnya ya aku bales juga inbox-nya. Beneran, bukannya sombong atau apa, tapi jadi bingung dan males jadinya. Kenapa? Karena ya, itu tadi. Aku ga suka orang kayak gitu dan ga suka juga dibanding-bandingin.

Mau graphic kalian dianggap jelek, jangan sampe ngehina diri kalian sendiri. Mau graphic kalian bagus, jangan sampe bikin kalian besar kepala. Intinya, seimbang. Gimana ada yang mau ngehargain atau memuji kalian, kalo kalian udah ngehina diri sendiri? Gimana kalian mau sukses di desain grafis, kalo kalian udah nyerah dan ketar-ketir duluan sebelum perang. Iya emang, gue cuma bocah 16 tahun, masih tengil dan masih bocah SMA. Tapi, aku berani ngomong kalau kalian minder duluan, udah salah deh dan rugi banget.

Apa yang bikin karya kalian bagus, ya karena diri kalian sendiri. Jangan pernah menganggap karya kalian jelek. Aku suka sama kata-kata Albert Einstein, "Tak ada yang namanya gelap. Yang ada, terang, lebih terang dan sangat terang."  Begitu juga dengan jelek, gada yang namanya jelek. Yang ada bagus, lebih bagus, dan sangat bagus. Nah, kalian bisa nilai diri kalian sendiri, sudah berada di posisi mana kalian sekarang?

Aku tahu, mungkin beberapa di antara kalian ada yang mikir, Karya gue tuh jelek. Buktinya orang lain juga ngomong kayak gitu.

Iya, aku tahu rasanya ketika kalian udah bangga sama karya sendiri, tapi langsung dibilang jelek sama orang lain. Aku pernah punya konflik kayak gini, di suatu kepanitian bazaar di sekolah. Saat itu aku jadi berantem abis-abisan sama anggota panitia, termasuk ketua pelaksananya. Walaupun bukan aku yang mulai duluan.

Aku bagian "otak" dalam kepanitiaan itu, terutama hal mendesain. Yang artinya, ide itu jadi modal utama di bagian itu. Suatu hari, aku bikin poster sesuai tema acara dan keinginan panitia yang lain. Aku ngerasa udah cukup bagus, dan udah pede-pedenya mau ngasih. Taunya, kepala divisinya ngomong, kalo karyanya bagus, tapi kayak yang fake karena mereka ujung-ujungnya minta ganti ulang. Bener-bener diubah dari awal. Awalnya sih wajar aja, tapi malah terus aja kayak gitu. Mereka terlalu plin-plan buat ngambil keputusan dalam desain, malah gak punya respect. Bahkan, ada yang nganggap karya gue masih kurang banget di hadapan alumni panitia tahun lalu. Padahal gue yakin banget, anak-anak yang lain sebelumnya udah banyak yang suka. Bahkan anak-anak luar sekolah.

Aku ga ngerti, karya aku dihargain di luar negeri sana yang sebagai standar atau acuan, di negeri sendiri malah gak ada harganya. Miris. Oke, aku bakal ngehargain opini mereka kalo mereka emang bisa desain grafis. Tapi di sini, mereka ga bisa, dan malah mengkritik yang bikin nge-down dan ga bersifat membangun sama sekali.

Tapi akhirnya aku mikir, ngapain harus peduli? Ya ini karya aku. Bagus karena cara aku. Kalau ga suka sama cara aku ngedesain, aku mikir, yaudah, mending aku keluar dari kepanitiaan dan bikin usaha sendiri.  Sampai akhirnya, gue dilirik sama temen-temen sekolah dan bikin poster buat ekskul mereka. Dan, gue disuruh lagi buat balik ke organisasi itu, tapi gue ujung-ujungnya cuek aja.

Intinya, aku mau ngomong ke kalian, opini orang itu emang penting. Tapi inget, itu cuma berlaku kalau opininya bersifat konstruktif atau membangun. Opini yang bikin kamu jadi down, minder, usahain jangan peduli. Anggap itu sebagai batu loncatan buat kalian.

Terus, ngebandingin karya kalian dengan orang lain boleh. Tapi jangan jadikan itu buat bikin kalian nge-down juga. Buat perbandingan itu sebagai dorongan atau motivasi kamu buat lebih bagus lagi. Lebih bagus lagi kalau hal itu bisa bikin kamu jadi lebih kompetitif, lebih seneng bersaing. Karena persaingan menurut gue itu berlomba-lomba ke arah yang jauh lebih baik.

Please, jangan ngerendahin diri dan karya kalian sendiri. Tolong, jangan minder duluan sebelum kalian udah pernah nyobain suatu hal. Jangan pernah kalian mengaku kalah sebelum perang. Yang bikin kalian gagal, ga bisa, terhambat, ya diri kalian sendiri. Bukan karena faktor lain. Semua orang itu berpotensi. Termasuk kalian. Jadi, kalau kalian emang udah niat dan seneng sama suatu hal ya terus aja jalanin. Jangan langsung stop gara-gara karya atau sikap orang lain. Semua karya itu bagus dengan gaya atau cara masing-masing.

Well, gue gatau bakal pada baca chapter ini atau engga, tapi gue harap, semoga jadi makin semangat buat ngedesain grafis yaa!

Keep your masterpiece standing high!

Ree

Creative Designing Tips FactoryTahanan ng mga kuwento. Tumuklas ngayon