5. Starts

85.9K 6.8K 1.1K
                                    

5.

Andai kau tahu,

Rasa tanpa kau tahu kau tumbuhkan

adalah angin yang mengukir lanskap terdalam jiwa raga ini,

- Estu S.K. dalam Ruang Semu (31)

***

Aku masih berkutat dengan soal bahasa Indonesia di depan mataku. Salah satu hal yang paling menyedihkan dari menjadi murid kelas akselerasi adalah saat kamu selalu dihadapkan dengan ulangan harian setiap minggunya. Selain itu ujian akhir semester yang biasanya dilaksanakan enam bulan sekali, berubah menjadi empat bulan sekali di kelas akselerasi. Jangan ditanya bagaimana kami bisa melewati itu semua. Aku juga tidak punya jawabannya.

Drrt drrt

Ponsel yang kusimpan di kantong rok bergetar. Aku tidak memedulikannya untuk beberapa saat, namun karena sudah sampai sekitar dua menit getarannya tidak berhenti, aku terpaksa mengeluarkannya perlahan dan memeriksa ponselku di bawah meja.

Aku memindai sekilas, ternyata ada keributan kecil di grup LINE CIBI. Ini pasti kerjaan anak-anak sekelas yang sedang heboh mengerjakan soal bahasa Indonesia kali ini yang lumayan sulit. Materinya EYD dan kalimat efektif, wajar kami sedikit kelabakan.

Diandra : cibs, minta jawaban no 1 – 25 dong asap! gw ga ngerti apa-apa

Bram : anjir!

Nabila : anjir! (2)

Mira : anjir! (3)

Diandra : gw tuker sama jawaban ulangan mtk trigono bsk

Dita : anjir! (4)

Dita : itu mah lu minta jawaban semua soal Dee!

Bram : gw aja gak yakin nembus kkm

Bram : Nadh tuh jagonya bahasa

Diandra : Nadhhhhhh

Aku menggelengkan kepalaku tidak percaya. Sialan memang si Bram, melemparkan hal ini padaku begitu saja. Oke, ini bisa ditinggal dulu. Aku mengerjakan soal terakhir di ulangan ini lalu memeriksanya kembali sebelum berdiri untuk mengumpulkan hasil ulangan.

Bu Lies hanya tersenyum simpul begitu aku mengumpulkan kertas ulanganku. "Kamu boleh keluar duluan, Nadhira" Bu Lies langsung memerintahkanku untuk keluar dan tidak mengganggu teman-teman lain yang masih berjuang di dalam kelas.

Begitu keluar dari kelas, aku langsung mengambil ponsel dari dalam kantong rok dan mengetikkan jawaban soal ulangan tadi yang masih bisa kuingat dengan jelas. Yah, beramal sedikit tidak masalah lah. Lagipula tawarannya boleh juga itu! Ditukar dengan jawaban ulangan trigonometri besok loh. Wow.

Nadh : 1. A 2. B 3. A 4. C 5. E

Nadh : 6. E 7. B 8. B 9. A 10. C

Nadh : 11. E 12. B 13. B 14. A 15. E

Nadh : 16. A 17. B 18. A 19. C 20. D

Nadh : 21. A 22. B 23. A 24. C 25. B

Egar : wow!

Nabila : wow! (2)

Bram : wow! (3)

[SUDAH TERBIT] PetjahWhere stories live. Discover now