[Extra Chap] 26. University Part Only

8 1 0
                                    

Tahun 2025
Tahun ini adalah tahun pertama untuk Anel, Veno, Andri, Via, Andy, dan Tania untuk kuliah. Tidak hanya itu, tahun ini adalah tahun kedua untuk Anastasya kuliah di Osaka, Jepang.

Setelah 1 bulan di Indonesia, Anastasya kembali ke Jepang untuk menuntut ilmunya dan berusaha untuk menerima sarjana S1 di bidang farmasi. Ya, setelah lulus, dia mau membuka sebuah apotek dekat rumahnya. Dia menjalani hari kuliah dengan serius.

Andy dan Tania kuliah di ITB mengambil jurusan komputer. Menurut mereka, bidang tersebut akan memudahkan mereka memasuki dan membuat lapangan kerja baru. Mereka menjalani hari kuliah dengan baik.

Suatu hari, ketika Andy berjalan menuju kantin dengan Tania, dia bertabrakan dengan seorang lelaki berkacamatan yang membawa buku sangat banyak. Mereka membantu lelaki itu, dan lelaki itu sudah tidak terlihat asing lagi. Dia adalah...

"Maxis! Kamu kuliah di sini?" tanya Andy dan Tania seolah-olah tidak percaya.

"Yoi. Kalian jurusan apa?" tanya Maxis.

"Komputer. Kamu?" tanya Andy.

"Kedokteran. Sebenernya, mau masuk kedokteran gigi," kata Maxis.

"Owh," kata Tania.

Setelah tabrakan tersebut, Andy dan Tania berjalan menuju kantin, sedangkan Maxis kembali ke ruangan kelas falkutasnya. Dia memang dari Surabaya, namun akhirnya ke ITB karena di Surabaya dia menerima nilai UN tertinggi di SMA.

Via dan Andri kuliah di UI, Jakarta. Meski beda jurusan, mereka tetap saling komunikasi ketika jam istirahat. Andri mengambil jurusan ekonomi. Dia kuliah dengan serius agar bisa lulus dengan jangka waktu yang cepat.

Via mengambil jurusan IT. Dia memasuki ruangan kuliahnya. Dia melihat sekelilingnya dan melihat seorang perempuan berkacamata yang tidak asing dilihatnya. Setelah jam kuliah berakhir, dia mencoba mengobrol dengannya.

"Hai," sapa Via.

"Kamu Via kan," katanya.

"Ratih!" Via terkejut.

"Hehehe. Kamu kangen ya? Btw, aku ambil jurusan ini karena aku pingin banget sejurusan dengan kamu. Gimana Anel?" tanya Ratih.

"Anel di Oxford dapet beasiswa sama Veno," kata Via.

"Wah bagus tuh," kata Ratih.

Sedangkan di Oxford, Anel dan Veno kuliah di sana. Apabila Veno jadi masuk ke jurusan seni, Anel masuk ke jurusan sosial. Meski keadaan Veno yang membuat dia kuliah harus menggunakan kursi roda, dia justru dibantu oleh teman-teman dari penjuru dunia yang kuliah 1 jurusan dengannya.

Anel, di kelas jurusan sosial, justru bertemu dengan teman-teman yang asalnya dari Indonesia dan 1 jurusan dengannya. Mereka sering mengobrol tanya jawab dengan materi kuliahnya bila kesulitan, dan mengobrol di cafe dekat asrama di Oxford.

Tahun 2026
Tahun ini adalah tahun kedua bagi Anel, Veno, Via, Andri, Ratih, Andy, Maxis,  dan Tania kuliah, sekaligus tahun terakhir bagi Anastasya untuk kuliah dan lulus.

Di ITB, kuliah berlangsung lancar. Sejak tau adanya keberadaan Maxis, Andy dan Tania sering menjalani jam istirahat dengannya. Sesusai istirahat, Andy dan Tnia kembali ke ruangan fakultasnya dan melanjutkan kuliahnya.

Sedangkan itu, Maxis harus menjalani waktu kuliah yang lebih lama dibandingkan teman-teman yang lain. Dia harus kuliah selama 5 tahun, dan dia baru memasuki tahun kedua. Namun, dia tetap menjalani hari kuliahnya dengan semangat.

Lain halnya di UI, Via dan Ratih menjalani kuliah bersama. Mereka istirahat bersama dan belajar bersama. Mereka sering mampir ke kos masing-masing, meski jaraknya jauh. Namun, mereka tetap bersahabat selamanya.

Sedangkan Andri fokus dengan kuliahnya yang dianggap sulit itu. Dia sering sekali tertidur di kelasnya karena sering tidur larut malam. Namun, dia tetap semangat. Dia tetap kosenterasi dengan mata pelajaran kuliahnya.

Kalau di UI dan ITB menjalankan kuliah dengan asyik, Anastasya di Universitas Osaka menjalankan masa-masa terakhirnya dengan ujian. Setelah ujian, dia menerima hasilnya sangat bagus dan persiapan untuk kelulusan alias wisuda.

Orang tua Anastasya datang ke Jepang, melihat wisuda anaknya. Sesuai wisuda dan menerima gelar sarjana S1 dalam bidang farmasi, dia dan orang tuanya kembali ke Indonesia dan disambut oleh saudara-saudaranya dan guru-guru SMA-nya.

Di Oxford, Anel dan Veno menjalani hari kuliahnya dengan semangat. Ada yang unik dengan Anel. Karena ujian terakhirnya sangat bagus nilainya, dan prestasinya tinggi dalam fakultas sosial, dia dapat lulus di tahun kedua.

Pada saat wisuda, meski papanya tidak bisa datang, dia sangat gembira dan menerima gelar sarjananya. Setelah diwisuda dan menerima gelar sarjananya, dia dan papanya kembali ke Bandung dan tinggal di sana selama 1 bulan. Setelah itu, dia harus kembali lagi menuntut ilmu S2 di UI.

Sedangkan Veno harus melanjutkan kuliahnya di tahun kedua. Meski ditinggal Anel ke Indonesia, dia tetap sering komunikasi dengan Anel. Dia belajar dengan serius dan berusaha menyelesaikan tugas-tugasnya dengan serius.

Tahun 2027
Tahun ini adalah tahun terakhir bagi Veno, Via, Andri, Ratih, Andy, dan Tania. Tahun ini juga tahun pertama Anel kuliah mencapai gelar S2-nya, dan tahun ketiga bagi Maxis.

Andy dan Tania lulus di tahun ini. Orang tuanya datang dan melihat wisuda anaknya. Orang tua mereka senang melihat anaknya berhasil. Setelah kelulusan, Andy dan Tania bekerja sama membuka usaha di bidang komputer.

Maxis belum lulus kuliah. Bahkan, dia sekarang baru memasuki tahun ketiga. Dia tetap menjalani hari ujian dengan semangat karena dukungan dari Andy dan Tania agar cepat lulus. Dia belajar dengan serius dan berusaha untuk menyelesaikan tugas-tugasnya.

Di hari kelulusan Via, Andri, dan Ratih, orang tuanya datang pada waktu kelulusan. Mereka sangat bergembira karena berhasil menyelesaikan studinya. Para orang tua juga memberikan selamat atas keberhasilan anaknya.

Andri akan memulai dunia kerjanya menjadi guru di sekolah SMA-nya dulu. Sedangkan Via dan Ratih bekerja sama dengan Andy dan Tania untuk membuka usaha dalam bidang komputer. Ya, IT itu berkaitan dengan komputer.

Di UI, Anel baru saja menjalani 1 tahun kuliah di bidang sosial. Dia bertemu dengan teman-teman baru dan belajar bersama-sama. Dia menjalani hari kuliah sama seperti dia kuliah di Oxford. Bahkan, teman 1 jurusannya tidak tahu kalau dia mendapatkan gelar S1 di Oxford.

Akhirnya, Veno wisuda di Oxford tahun ini. Kedua orang tuanya datang melihat wisuda anaknya. Orang tuanya senang melihat keberhasilan anaknya itu. Veno senang karena akhirnya cita-citanya terwujud. Berikutnya, dia akan menjadi musisi dalam dunia youtube, karena dia memasuki seni musik.

Tahun 2028
Tahun ini adalah tahun kedua Anel kuliah di UI dan tahun keempat Maxis kuliah di ITB. Mereka sama-sama mengejar gelar sarjana untuk tahun depan, karena mereka baru bisa lulus di tahun depan.

Anel kuliah di bidang sosial dengan serius. Dia pasti mengikuti pelajaran-pelajaran tanpa ijin. Dia menjalani saat-saat ujian terakhir dengan baik dan mengerjakan tugas dengan rajin.

Tak kalah dari Anel, Maxis juga rajin mengikuti kelas mata pelajaran kuliahnya dengan serius. Dia terkadang kesulitan dengan materinya. Namun berkat bantuan mentornya, dia bisa belajar dengan serius dan mengerti.

Tahun 2029
Tahun ini adalah tahun kelulusan Anel di gelar S2-nya. Orang tuanya datang melihat wisuda anaknya itu. Anel sangat senang karena akhirnya dia bisa lulus menerima gelar S2-nya. Berikutnya, dia akan bekerja di sekolah SMA-nya.

Tidak hanya Anel, Maxis juga lulus tahun ini. Orang tuanya datang melihat wisuda anaknya itu. Maxis hanya bisa tersenyu ketika orang tuanya memberikan selamat padanya. Setelah penerimaan gelar itu, Maxis membuka praktik dokter gigi di dekat rumahnya di Surabaya.

My Bestie Lover Where stories live. Discover now