Karya AL & Rosanti

251 1 0
                                    

Nama Anggota:
1. AL
2. Rosanti Vivi Nuari

Judul Cerpen: "SABALI"
Suatu ketika karena kecanggihan teknologi, kita bisa berteman melalui online loh guys, penasaran nggak sih apa itu teman online? Yuk simak cerpen berikut ini. Teman online itu adalah teman yang kita kenal online (media sosial) dan tidak pernah bertemu. Tak jarang juga ada yang satu daerah/pulau, seperti halnya yang terjadi pada dua anak muda ini, kim dan AL. Kim adalah nama pena dari Rosanti Vivi Nuari, kalian boleh panggil dia dengan sebutan Ros, Santi, Rosanti, Vivi, kim, tetapi jangan dipanggil Nuari ya, sebab asing terdengar kalau dipanggil Nuari. Aneh ya, itulah dia, aneh banget. Dia memilih nama kim karena banyak makna didalam nama tersebut. Dia berpikir jika dia menggunakan nama kim, kehidupannya jauh lebih baik lagi karena makna dalam nama tersebut. Mereka berdua bertemu melalui aksara/literasi. Kim lebih dulu menyapa AL untuk mengajaknya berteman dan menyimpan nomor whatsapp satu sama lain, karena kim ini tipe orang yang lancar komunikasinya kalau lewat online, kalau secara langsung agak pemalu. AL ini tipe orang yang Pendiem dan tidak pernah cerewet, sebenarnya nama AL itu hanya nama panggilan terkhusus temen _online_  nya saja, nama aslinya adalah Zahwa Almaliku Nilamsari panjang banget kan kalian boleh manggil dia Zahwa, Jahwah, AL, Nilam dan Sari jangan sesekali memanggilnya Liku karena itu membuatnya kesal dan marah. AL dan kim akhirnya berteman, mereka baru sadar kalau mereka satu Provinsi, hanya saja terpisah kab/kota. Kalian tahu nggak sih kalau teman itu ada faktor jodohnya juga? Ets... jangan kalian kira AL itu cowok ya itu salah ada satu pepatah mengatakan 'jangan melihat sesuatu hanya depannya saja melainkan kita harus mencari tahu luar dan dalemnya' tentang nama jodoh Bukan berarti hanya pacaran aja loh yang ada faktor jodohnya. Kalau mereka nggak berjodoh, mana mungkin mereka bisa berteman sekarang. Kalian tahu nggak sih, AL dan kim itu baru pertama kalinya satu kelompok loh dalam sebuah tugas cerpen ini. Kalau orang-orang lain mungkin udah canggung ya, kenal juga nggak tiba-tiba satu kelompok. Walaupun mereka berdua pendiam tapi harus ada yang memulai supaya ada komunikasi diantara mereka. Mereka sama-sama penyuka literasi, literasi telah menyatukan mereka yang tidak pernah berjumpa sama sekali. Literasi itu memang ajaib ya, bisa mendekatkan yang jauh.

Nah dalam hal ini, sebuah grup literasi telah menyatukan mereka lagi. Tuhan mempersatukan kami dalam sebuah tugas yang diberikan kakak Admine membuat sebuah cerpen bertema bebas. Saat itu AL tidak mengetahui tentang tugas yang disampaikan melalui WhatsApp, Kim memberi tahu akan hal itu.

Inilah seputar percakapan mereka.

                                *Kim*

                            *HARI INI*  
_Kak_

_Kakak mau nggak satu kelompok sama aq dlm tugas cerpen d grup_

                       _Oke emangnya kapan?_

_Yg d grup itu loh kak_

                                               _Oke dh_

Begitulah percakapan antara keduanya setelah lama berbincang lewat online mereka memutuskan untuk membuat cerpen dengan judul 'Sabali' yaitu SAHABAT LITERASI. Dengan cara membagi tugas ada yang menyelesaikan bagian awal, tengah dan bawah. Sahabat Literasi itu apa sih? Ayo kita kupas tuntas tentang Sabali.

Dimulai dari kata sahabat. Menurut kalian sahabat itu seperti apa sih? Yang sering kita dengar sahabat itu adalah manusia yang menerima kita apa adanya dan setiap keadaan apapun ia tetap berada di samping kita mau pun dalam keadaan senang atau keadaan sedih. Sahabat tak segan-segan menegur dan memarahi kita karena kesalahan kita sendiri. Jadi jangan pernah kalian berpikir 'alah sahabat itu ga ada lagi di dunia ini' kalian salah masih banyak orang di dunia ini yang bersedia menjadi tempat curhat kita, asalkan jangan pernah sesekali mengkhianati kepercayaan sahabat kita.

Baik  kita lanjut ke Literasi.

Saat ini gerakan Literasi mulai ditingkatkan kepada seluruh lapisan masyarakat karena merupakan hak setiap orang untuk belajar sepanjang hayat. Dengan meningkatkan kemampuan literasi masing-masing individu diharapkan dapat memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup baik itu secara individu, keluarga maupun dalam masyarakat. Secara luas, sifat litersi yang memiliki “multiple Effect” dapat membantu pembangunan berkelanjutan, seperti memberantas kemiskinan, mengurangi angka kematian, pertumbuhan penduduk, dan lain sebagainya.

Pengertian Literasi

Pengertian literasi secara umum adalah kemampuan individu mengolah dan memahami informasi saat membaca atau menulis. Literasi lebih dari sekedar kemampuan baca tulis, oleh karena itu, literasi tidak terlepas dari ketrampilan bahasa yaitu pengetahuan bahasa tulis dan lisan yang memerlukan serangkaian kemampuan kognitif, pengetahuan tentang genre dan kultural.

Meskipun literasi merupakan sebuah konsep yang memiliki makna kompleks, dinamis, terus ditafsirkan dan didefinisikan dengan beragam cara dan sudut pandang, namun hakekatnya kemampuan baca tulis seseorang merupakan dasar utama bagi pengembangan makna literasi secara lebih luas.

Istilah literasi dalam bahasa Indonesia merupakan kata serapan dari bahasa Inggris literacy  yang secara etimologi berasal dari bahasa Latin literatus, yang berarti orang yang belajar. Dalam bahasa Latin juga terdapat istilah littera (huruf) yaitu sistem tulisan dengan konvensi yang menyertainya.

Kumpulan Cerpen CPHWhere stories live. Discover now