Prolog

119 28 49
                                    

Kondisi di tempat pemakaman umum memang selalu menyedihkan walaupun cuaca sangat cerah. Siang itu, warga berkumpul di salah satu titik menyaksikan peristiwa tersebut dengan takjub. Tanah digali dari satu makam yang telah memiliki batu nisan. Makam digali dan terus digali.

"Ah!!!!!!"

Seorang wanita berteriak ketika jasad tersebut pelan-pelan diangkat dan dikeluarkan dari liang lahat. Dia berusaha tidak melihat jasad orang yang dicintainya itu.

"Kamu pembunuh! Kamu pembunuh!" kata wanita yang berteriak tadi, matanya menunjuk pada sosok yang berdiri di seberangnya. Tubuhnya gemetar hebat. Pria yang berdiri di belakangnya memegangi tubuh wanita itu, takut seakan-akan keseimbangannya akan goyah.

Melati merasakan tatapan-tatapan yang menghujani dirinya. Hanya satu orang yang terang-terangan menuding dirinya sebagai seorang pembunuh, namun tatapan mata mereka lebih menghakiminya sebagai seorang pembunuh. Mata mereka seolah menyuruhnya pergi. Melati menutup matanya dan menarik napas, berusaha membuat dirinya tetap tenang.

"Aku bukan pembunuh," ucapnya lelah. Dia sudah lelah melawan segala fitnah yang ditujukan padanya. Akan tetapi dia merasa lebih baik difitnah daripada dituding sebagai pembunuh. Matanya menatap satu per satu orang yang dikenalnya. Rika, Arga, Astri, Leni, Dena .... Dia tak sanggup menatap semuanya. Dia menunduk dan tertawa hambar.

"Kalian kira cuma aku di kampung ini yang menjijikan. Kalian kira aku wanita hina. Wanita mengerikan ...," katanya sambil menundukan kepala.

Mata wanita muda itu penuh duka, pikir Inspektur Rian Hermansyah sambil memandangi wanita yang sedang berbicara itu dengan wajah datar dan menantikan apa yang akan dikatakannya lagi.

Melati menyadari Inspektur itu sedang mengamatinya. Dia menatap mata Rian dan berkata, "mungkin kebenaran bisa ditegakkan setelah kematianku."

*********

Hai ....
Aku publish ulang cerita Melati Berkubang Duka dengan judul The Dark Jasmine.

Aku up-nya bertahap, ya. Kalau banyak yang respons, aku akan up lagi secepatnya.😄

Rencananya karya ini akan aku terbitkan jadi aku up-nya nggak full ya.🤭

The Dark Jasmine (On going) Where stories live. Discover now