SATYA POV

13.2K 2.2K 43
                                    



Satya's speaking.

Kesibukkan gue sehari-hari hampir sama aja. Yang beda adalah kalau Alika mulai berulah. Namanya anak remaja pasti ada-ada aja ulahnya.

Tapi gak jadi beban sama sekali kok ngurusin Alika. Malah gue sempet nyesel karena dulu pernah sibuk kebangetan sehingga sering ngelewatin masa-masa pertumbuhan dia ketika masih kecil.

Untung waktu Alika mulai masuk SD gue udah dipindah ke kantor pusat. Jadi gue punya banyak waktu buat ngawasin Alika. Sebenernya bukan dipindahin, tapi gue yang mau resign dan akhirnya dicegah dengan ditawarin pindah ke kantor pusat.

Gue berterimakasih banget sama Jaerend yang jadi orang yang paling gue repotin waktu Alika masih kecil. Bahkan dulu Alika sampai manggil Jaerend itu 'Papa' saking deketnya mereka.

Sementara itu, dulu mantan istri gue sibuk. Sekarang masih sibuk juga.

Haru sibuk banget dan gak mau ngalah sama kerjaan, awalnya Alika mau gue titipin sama orangtua gue di Jogja. Tapi baru dua hari di sana Alika udah ngajak balik ke Jakarta dan nagis terus-terusan.

Untung saat itu ada Jaerend yang kebetulan anaknya seumuran sama Alika dan kebetulan satu playgroup. Waktu dititipin ke Jaerend Alika gak banyak rewel. Jadilah setiap Haru kerja shift malem, Alika bakalan dititipin sama Jaerend. Hal itu berjalan sampai Alika hampir masuk SD.

"Yah, Ayah!"

Padahal Ayahnya pendengarannya masih baik loh, tapi Alika suka banget teriak-teriak manggilin Ayahnya.

"Ayah disini."

"Ayaaaah." Rengeknya disamping gue yang langsung memeluk lengan gue.

"Kenapa?"

"Sebel banget! Tadi tuh si Calvin ngebasahin rok belakang aku pakai fanta! Terus diledekin dikata aku tembus."

Calvin itu emang rada usil, tapi masih bisa ditolerrir.

"Terus?"

"Ya terus aku kesel Yah! Mana itu pas pulang sekolah. Bodo amat ya Yah aku kesel. Dari kemarin dia tuh bikin bete melulu."

Jadi Ayahnya Alika itu tandanya gue harus dengerin semua cerita dia. Alika ini termasuk anak yang cerewet. Entah dia ini nurun siapa. Setau gue Haru gak cerewet, dan gue pun juga enggak.

Apa mungkin efek waktu kecil ikut Jaerend ya? Jadi ketularan cerewet nya dia? Jaerend kan cerewet banget, apalagi kalau udah nyangkut Putri. Haduh dua sks gak habis-habis ceritanya.

Mumpung masih ngomongin Jaerend, gue masih gak nyangka Jaerend bakalan sama Putri beneran. Waktu mereka pacaran tuh ada-ada aja masalahnya. Yang pacaran mereka, yang ikutan pusing satu group.

Sementara gue sama Haru, kayaknya adem-adem aja, tapi siapa sangka kalau sebenernya kita gak cocok buat ngebangun rumah tangga. Bener-bener plot twist terbesar dalam hidup gue.

Sewaktu pacaran kita selalu adem ayem. Gak pernah yang namanya ribut besar. Tapi ternyata semua masalah malah bermula waktu habis nikah. Gue pikir ego dia bisa sedikit dikurangi, ternyata enggak. Bahkan ketika Alika masih kecil dan butuh perhatian ekstra, Haru masih aja sibuk ngejar karir.

Kadang gue kasian sama Alika karena dia gak dapet perhatian yang cukup dari Haru. Tapi gue bersyukur juga dia tetep tumbuh jadi anak yang periang. Bahkan gue seneng banget ketika dia cerita tentang kesehariannya, dia sebel sama siapa, bahkan dia naksir sama siapa pun gue tau.

Waktu itu berjalan cepet banget, rasanya baru kemarin gue nemenin Alika beli sepeda baru buat latihan naik sepeda dan sekarang dia udah sebesar ini. Udah bisa naksir cowok, udah tau rasanya patah hati. Kadang gue dibikin geleng-geleng kepala juga sama love-hate nya sama Calvin yang udah kayak kakak nya Alika.

Alika selalu jadi anak yang baik. Dia nggak pernah bikin gue susah, yang ada mungkin gue yang bikin dia susah karena belum bisa jadi orangtua yang sepenuhnya ada buat dia.

Jadi single parent itu cukup sulit. Meskipun gue udah berusaha sebaik mungkin, tapi tetap aja gue punya kurang di sana-sini. Gue mau jadi Ayah yang terbaik buat Alika, tapi hal itu juga yang sampai saat ini belum bisa gue kasih.

Kadang gue harus ninggalin dia sendirian di rumah. Membiarkan anak semata wayang gue merasakan kesepian. Dan hanya membayangkan hal tersebut gue merasa sedih.

Di sini gue cuma punya Alika. Dan begitu dengan Alika, dia cuma punya seorang Ayah buat dia bersandar. Rumah ini hanya di isi dua orang yang hanya bisa bergantung satu dengan yang lain.

Sesulit apapun hidup membawa gue pergi, gue cuma Alika yang akan gue dekap erat-erat.

Sering gue merasa bersalah ke Alika, karena sudah gagal memberi dia contoh keluarga yang sempurna. Dan gue juga merasa bersalah karena keadaan ini dia terpaksa belajar untuk berpikir dewasa sejak kecil. Belajar buat nggak iri kalau anak-anak lain punya mama dan papa yang bisa dibawa ke pentas seni sekolah, belajar menerima kalau ayahnya nggak bisa ikut rapat wali murid, belajar masak dari kelas 4 SD karena ayahnya terkadang harus pulang malam.

Dan hebatnya Alika adalah, dia nggak pernah mengeluh karena keadaan kami yang seperti ini.

Iya, dia memang anak yang baik. Dia anak yang baik yang berhak menerima banyak cinta dari dunia.

Mungkin gue nggak bisa 24 jam bersama dia, tapi gue yakin doa-doa baik gue selalu menyertainya. Semoga semesta selalu berbaik hati kepadanya.

Satya and His DaughterWhere stories live. Discover now