IRELAND

35 11 20
                                    

Di novel-novel hisrom beberapa kali dipinjami teman, saya mulai tertarik dengan Irlandia ini. Sampai salah satu penulis fav saya—Kristan Higgins— membuat tokohnya berdarah Irlandia. Sejak itu saya kepincut, suatu waktu sesuatu menyangkut Irlandia kudu nongol di novel saya.  *Ahem

Bahasa Inggris merupakan bahasa Ibu di negara ini. Di beberapa artikel yang saya baca, bahasa Inggris orang sana agak aneh. Dimulai dari pelafalannya, penyebutan flood untuk banjir misalnya. Di sana malah kedengaran flud. Belum lagi kebiasaan menjawab dengan bahasa Slang, alih-alih menjawab very well or I’m good saat ditanya kabarnya, mereka justru menjawab dengan kata ‘grand’. Juga tak ketinggalan mengenai kata ganti kepemilikan, ‘my’ menjadi ‘me’. Belum lagi penggunaan kata ‘yoke’ yang sering kali terdengar, fungsinya untuk menggantikan benda yang tak diketahui namanya,  seperti This yoke is not working (omong2, saya nggak tahu yoke di sini menggantikan apa, nggak ada penjelasan di artikelnya. Maaf). Selain ‘yoke’, ‘your man’ juga merupakan frasa andalan menggantikan nama orang yang tak ingin disebut. Mungkin kalau kamu ogah menyebut rival bahkan mantanmu?

Barangkali memang aneh atau lucu bagi yang terbiasa menggunakan bahasa Inggris Amrik atau British. Saya juga pernah mengalaminya waktu dikenalin sama kenalan India teman saya, di awalan obrolan kami sering saya sikut teman, ‘ngomong apa sih?’, atau mungkin telinga saya yang jelek saat itu.

Omong-omong, saya bukan mau bahas bahasanya, ya. Prolog saja tadi itu. Dari intip-intip status ‘teman’ di facebook yang sekarang bermukim di sana (beliau saya add karena suka sama posting-postingannya, dikonfirmasi berarti kami berteman sekarang, kan, ya?), katanya Irlandia bukan daerah yang cocok dikunjungi untuk cuci mata. Jalan-jalan dulu gih ke Eropa, kalau masih ada dana barulah ke Irlandia, tapi tempatnya menyejukkan, kok. Lihat gambarnya di google pun kayaknya adem gitu. Cuacanya hampir miriplah di Inggris sana. Namun, orang-orang Irlandia (Irish) ramah-ramah rupanya, jauh lebih ramah ketimbang masyarakat Eropa lainnya.

Sekarang kita masuk ke topik utama, yakni pendidikannya. Dari yang saya baca, Irlandia menempati urutan kesembilan sistem pendidikan terbaik di dunia. Cocok sama ungkapan kecil-kecil cabe rawit nggak ini?

Tingkatan pendidikan di Irlandia dibagi menjadi tiga yaitu pendidikan tingkat pertama/ dasar (Primary Education), Pendidikan Tingkat Kedua (Secondary Education), dan Pendidikan Tingkat Ketiga (Tertiary Education)

Meskipun biaya pendidikan di Irlandia terbilang murah dari Inggris, tetapi kualitasnya bukan rendahan, lho. Pada Tertiary Education atau di sini disebut perguruan tinggi, banyak jurusan yang ditawarkan, utamanya yang berhubungan dengan perekonomian negara ini, maka yang paling diunggulkan adalah Kedokteran, Sains, dan Informasi Teknologi (IT). Asal tahu saja, banyak perusahan besar dan ternama  yang berlokasi di sini seperti Apple, E-bay, Google, dan Facebook. Nah, kalau kamu lulusan IT, besar peluang kamu bisa kerja di perusaan itu, lho. Satu lagi, pemerintah di sana nggak membeda-bedakan asal negaramu, jadi ketika kamu baru saja lulus maka kamu memiliki graduate visa selama setahun untuk mencari pekerjaan. Graduate visa selama dua tahun kalau kamu lulusan S2. Keren deh.

Sementara untuk Secondary Education— yang mana di Indonesia disebut sekolah menengah—lebih kompleks.
Sekolah kejuruan memiliki tujuan mengembangkan keterampilan dalam menyiapkan pelajar ke dunia kerja. Sekolah kejuruan ini juga menyediakan pendidikan bagi orang dewasa juga kursus pendidikan bagi masyarakat. Departemen Ilmu Pengetahuan yang menanggung kebijakan sekolah ini.

Ada lagi yang dinamakan Sekolah Kemprehensif, yang mana menggabungkan pendidikan akademis dan kejuruan dalam satu kurikulum.

Terakhir adalah sekolah komunitas. Lebih kompleks kalau yang ini, selain menyediakan kurikulum untuk praktek dan mata pelajaran akademis, juga memberikan pendidikan bagi orang dewasa serta proyek-proyek pengambangan masyarakat. Semua kegiatan di sini hebatnya ditanggung Negara.

My Morning TeaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang