Keunikan dari Tradisi di Bandung

17 0 0
                                    

1. Pawai Jampana

Ada banyak topik yang bisa dibincangkan ketika berbicara menyoal Indonesia. Keberagaman suku dan ras menjadikan tiap daerah memiliki budaya dan ada istiadat masing-masing. Perbedaan, keunikan, serta filosofisnya menjadikan layak untuk dikulik.

Acara keagamaan dan pernikahan adalah dua contoh yang biasanya disandingkan dengan istiadat setempat. Lantas bagaimana dengan bentuk perayaan hari kemerdekaan di daerah kalian? Hal paling umum tentu saja adalah lari kelereng, lomba panjat pinang, dan makan kerupuk, ya. Berbeda dengan bentuk perayaan hari jadi kemerdekaan di Bandung, Jawa Barat.

Ada tradisi unik di Bandung (dan juga kebanyakan daerah di Jawa Barat) yakni mereka melakukan Pawai Jampana. Kalian yang berdomisili di Bandung tahu dong ini pastinya. Jampana sendiri memiliki arti tandu.

Apakah bisa diartikan sebagai pawai tandu? Ya, mereka memang menggotong tandu. Yang heboh adalah, tandi diisi banyak makanan dan hasil bumi. Kenapa kok hasil bumi? Ini adalah perwujudan syukur dari masyarakat sebab terus diberikan rezeki dari Tuhan.

Setelahnya tandu akan digotong empat orang di tiap sisinya. Tandu yang digotong bahkan sampai ada 60. Ukurannya beragam, dari kecil hingga besar. Semakin kamu kreatif, tentu akan semakin heboh.

Ke mana tandu itu akan dibawa? Mereka akan menyepakati sebuah tempat untuk disinggahi nanti, sembari membawa denah lokasinya, beberapa orang akan ditugaskan mengiringi rombongan pembawa tandu ini dengan musik, semacam backsound gitu deh.

Tiba di lokasi, semua makanan yang ada dalam tandu akan diperebutkan oleh penonton dan juga peserta. Apabila terdapat nasi tumpeng dalam tandu, akan dipisahkan dan nantinya akan dimakan bersama oleh peserta pawai.

Pawai Jampana, hebatnya, karena sudah ada sejak dahulu kala. Tetap lestari, ya. Kegiatan tahunan yang dulunya hanya sebagai perayaan hari jadi kemerdekaan kini juga dijadikan sebagai kegiatan pengantar menyambut hari lahir Kota Bandung.

Pawai Jampana ini sudah didukung penuh oleh pemerintah setempat, lho. Alasannya, diharapkan kegiatan tahunan ini bisa memicu lebih banyak turis lokal maupukun turis internasional.

Pawai Jampana ini juga menunjukkan semangat persatuan dan kesatuan, lho.

Pawai Jampana ini juga menunjukkan semangat persatuan dan kesatuan, lho

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
My Morning TeaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang