Kuliner Bandung; Jajanan Tradisional Bandung yang Tetap diminati

5 1 1
                                    

Riset kali ini saya akan membahas mengenai kuliner khas Bandung. Selain dikenal sebagai Kota Kembang, Bandung juga dikenal dengan kulinernya hingga mendapat julukan sebagai surga kuliner.

Kira-kira kenapa disebut demikian ya? Masakan Sunda rupanya memang memiliki ciri tertentu dengan kuliner dari daerah lain di Indonesia, seperti:

1. Makanannya lebih banyak mengutamakan sayuran segar. Didukung cuaca sejuk, menjadikan tanah daerah Pasundan cocok ditanami berbagai tanaman, termasuk sayuran. Memang nggak afdal kalau tidak mengolahnya sebagai makanan ringan yang khas.

2. Siapa yang suka masakan pedas? Kebetulan lidah orang Indonesia tuh ya cocok banget sama yang namanya sambel, untuk makanan tertentu akan begitu nikmati saat dilahap dengan sambal. Semisal, sambal terasi atau sambal kacang atau sambal combrang. Di daerah kalian ada sambal kacang dan terasi juga? Di tempat saya, paling enak itu sambal terasinya dimakan bersama nasi hangat. Atau bersama ubi dan pisang goreng.

3. Tanaman rempah-rempah sudah cukup lama dijadikan sebagai bumbu makanan oleh leluhur daerah ini, lalu kemudian terus diturunkan.

4. Beberapa kuliner seperi nasi liwet atau nasi timbel disajikan dengan sederhana. Memang penyajian kuliner mereka biasanya sederhana, dibungkus daun pisang atau menggunakan piring anyaman.

5. Masyarakat Sunda kerap mengolah tanaman yang tampaknya tidak berguna menjadi olahan yang nikmat saat disantap. Semisal, tanaman gula yang tumbuh di sekitar padi, ternyata dapat ditumis. Tidak hanya itu, kulit singkong pun bisa dibikin sayur kadedemes.

Ada begitu banyak kuliner Jawab Barat, dalam hal ini Bandung. Jadi susah mau ambil yang mana. Kali ini, saya hanya akan memilih beberapa kuliner yang memiliki persamaan dengan daerah tempat tinggal saya. Kenapa kok begitu? Memang disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di naskah nanti, heheh. Omong-omong, daerah saya adalah Pinrang, Sulawesi Selatan. Mungkin jarang yang pernah dengar?

Jadi, kemiripan di sini bisa saja dari segi bentuk atau bahan-bahan pangan kuliner tersebut, ya. Apa saja kah itu?

 Apa saja kah itu?

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

1. Serabi (sesuai KBBI ini) adalah kuliner yang dibuat dari tepung beras, santan, dan air kelapa. Bentuknya kayak pancake deh dan juga berpori-pori. Semakin ke sini, kuliner itu makin canggih ya topping-nya. Memang kalau dibikin bisnis ya harus kreatif. Di sini namanya surabeng, lho. Bahkan namanya pun mirip, ya. Tidak hanya bentuk, bahan olahannya pun sama. Namun, surabeng di sini masih tradisional, tidak ad aitu topping nangka dan lainnya. Cuman dicocol gula aren yang sudah dicairkan, tetapi tetap enak dong.

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.
My Morning TeaWhere stories live. Discover now