4. Tidak Ada yang Berubah

2.5K 220 18
                                    

Hi Hello!

Balik lagi sama ceritanya pak Satria dan mba Caca, Happy reading and enjoy!

***

Oke, gue tarik kata-kata tiga hari yang lalu, berfikir bahwa hidup kedepannya akan berubah hanya karena pak Satria mengatakan 'terima kasih' setelah gue mau nemenin dia ke Cibunut.

Tidak pernah ada kata 'mudah' jika masih berurusan dengan pPak Satria, gue masih harus memasok kesabaran super banyak setiap mau berhadapan sama dia.

"Ca, kuisioner yang kemarin udah kamu terjemahin? Udah disalin data-datanya?" Tanya Pak Satria

Hari ini Pak Satria meminta gue buat menghadap ruangannya, katanya mau ngurus soal penelitian dan daritadi mulutnya bawel banget ngingetin ini itu. Sesil dan Karin engga bisa ikut menghadap soalnya mereka lagi ada kelas, jadi setelah kelas mereka bisa nyusul.

Dan itu lama banget, satu jam berduaan sama Pak Satria doang itu berasa satu abad.

"Kemarin saya udah ngerjain sama Sesil sih pak, datanya ada di laptop dia." Gue meringis merasakan sakit di bagian perut karena dapet hari pertama. Dapet hari pertama engga pernah mudah buat gue, minimal rebahan all day long buat mengurangi nyerinya.

Tapi kenyataan berkata lain, dosen kesayangan seluruh umat ini malah minta gue menghadap dia dan membebani gue dengan tugas-tugas yang males banget kalo dikerjain lagi dapet hari pertama gini.

"Loh kok kamu engga punya backup datanya, Ca?" Tanya dia, keningnya mulai mengernyit. Gue tau nih bentar lagi pasti ngomel "Harusnya kamu punya backup datanya dong, kalau ternyata datanya hilang di laptop Sesil mau bagiin kusioner ulang ke warga di sana? Kan jadi engga efektif."

Rasanya gue pengen meremas muka orang yang lagi ngomel depan gue "Maaf pak, kemarin ngerjainnya sampe tengah malem dan engga sempet copy datanya." Iya kemarin gue nyalin isi kuisioner sama Sesil dan Karin sampe jam 12 malam. Gila gak tuh? Penelitian ini bikin gue gila.

Dia hanya menghela nafas "Terus sekarang mau ngapain? Kalau data yang mau diolah aja engga ada." Dia melirik gue tajam

Gue meringis saat merasakan sakit di bagian perut semakin kuat sakitnya "Saya coba hubungin Sesil pak, biar dia kirim lewat email datanya, soalnya setau saya dia lagi kelas studio."

Dia hanya mengangguk, kemudian kembali sibuk dengan ipadnya. Sedangkan gue mati-matian nahan sakit di bagian perut, pusing dan lemes, sambil ngehubungin Sesil.

"Ca, are you okay?" Gue kaget darimana asal suara tersebut, tapi di ruang dosen ini cuman ada pak Satria doang, dosen lainnya lagi ngajar.

Ternyata beneran keluar dari mulut pak Satria pertanyaan barusan.

"Ha kenapa pak?" Gue malah balik nanya, masih menguasai diri dari keterkejutan mendengar pertanyaan pak Satria. Tau sendiri 'kan dosen kesayangan sejuta umat ini—gue engga termasuk—engga berperasaan dan tidak pernah tersentuh hatinya—kecuali sama mahasiswa-mahasiswa ambis—.

"Muka kamu pucet, keringetan lagi. Ruangannya panas ya?" Tanya dia

"Ha? Ahh engga, aduh—" gue meringis karena sakit di bagian perut udah engga bisa ditoleransi lagi "Biasa pak cewek." Gue nyengir

Dia mengernyit, menatap gue dengan tatapan aneh "Kenapa emang kalo cewek?" Tanya dia "Cowok juga bisa pucet dan keringetan juga 'kan?"

Aduh anjir, ini katanya dosen tapi ginian aja engga ngerti "Tamu bulanan pak."

Dia diem sejenak terus kepalanya ngangguk-ngangguk "Emang sesakit itu?" Tanya dia

Gue meringis, rasanya pengen nyuruh dia nyobain aja gitu biar engga usah dijelaskan dengan kata-kata, cukup rasakan saja "Bapak mau coba?" Gue malah balik nanya

Grow Up: MercusuarWhere stories live. Discover now