Potensi Kreatif

12 0 0
                                    

Manusia diciptakan oleh Allah yang menganugerahkan daya cipta kepadanya. Penggunaan daya cipta tersebut ditujukan untuk menyatakan bahwa manusia diciptakan oleh Allah dengan daya cipta seperti Allah. Sebab dengan daya cipta-Nya, Allah merencanakan da menciptakan segala sesuatu dengan kreativitas yang tinggi.

Kreativitas manusia diperlukan dalam upayanya untuk melaksanakan tugas Allah, tugas untuk membangun dan memelihara bumi (). Bumi yang semula diciptakan Allah memerlukan daya kreativitas yang tinggi dari Adam dan Hawa dalam pengelolaannya. Allah Pencipta telah menyediakan sarana dan prasarana, dan manusia tinggal menggunakan daya kreativitas yang sudah diberikan Tuhan kepadanya.

Yesus adalah pengajar yang kreatif. Ia dapat menggunakan perumpamaan-perumpamaan dalam menjelaskan apa yang diajarkan agar mudah dimengerti oleh pendengar-Nya. Perumpamaan itu sering kali diambil dari sesuatu yang ada di sekitar-Nya. Ketika Ia dicobai dengan pertanyaan apakah orang harus membayar pajak, secara kreatif Ia mengambil sekeping uang, dan Ia meminta mereka untuk memberikan kepada Kaisar apa yang wajib mereka berikan padanya dan kepada Tuhan, apa yang merupakan hak Tuhan.

Dalam konteks kejatuhan dalam dosa, potensi kreatif manusia disalahgunakan untuk berbuat jahat. Jika semula potensi ini diberikan untuk menata bumi ini, kreativitas manusia sekarang justru merusak bumi. Di sisi lain, potensi ini seharusnya membuat manusia bersyukur kepada Tuhan karena bisa bertahan hidup dan menata kehidupannya sesuai dengan kreativitas yang sudah Allah berikan. Sering kali, walau tidak semua, manusia yang tidak berhasil dalam hidupnya adalah mereka yang kurang mendayagunakan kreativitasnya.

Manusia Abadi [SELESAI]On viuen les histories. Descobreix ara