Makna Keadilan

4 0 0
                                    

Keadilan menuntut suatu tindakan dan perbuatan yang tidak berat sebelah atau memihak salah satu pihak tertentu, serta memberikan hak dan kewajiban kepada setiap orang. Di samping itu, adil berarti mengetahui mana yang baik, mana yang benar, jujur dan bertindak sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.

Dalam masalah hukum, keadilan merupakan sesuatu yang pokok sehingga setiap orang harus merasakan keadilan, meskipun terdapat perbedaan-perbedaan tidak menjadi alasan bagi seseorang untuk tidak memperoleh keadilan.

Dari uraian tersebut dapat dirinci bahwa ciri atau sifat keadilan adalah

adil (just),
bersifat hukum (legal),
sah menurut hukum (lawful),
tidak memihak (impartial),
sama hak (equal),
layak (fair),
wajar secara moral (equitable), dan
benar secara moral (righteous).

Berdasarkan ciri atau sifat keadilan tersebut, pengertian adil ternyata memiliki makna ganda yang perbedaan di antaranya relatif kecil. Hal tersebut sangat perlu dipahami dan diperhatikan apabila sifat adil itu akan diterapkan, misalnya pada cita-cita bangsa Indonesia yang ingin mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

Memperjuangkan dan menegakkan keadilan merupakan kenyataan yang sulit diwujudkan. Namun, keadilan selalu didambakan oleh setiap manusia. Karena keadilan merupakan satu keseimbangan antara hak dan kewajiban. Pemberian sembako bagi orang miskin dapat menolong mereka dari kelaparan dalam jangka waktu beberapa hari, namun mereka akan kembali dalam keadaan semula sebagai orang miskin yang membutuhkan. Hal ini tidak dapat digolongkan menuju perlakuan adil karena keadilan/perlakuan adil bukan soal apa yang dapat diperbuat kepada orang lain, tetapi juga dengan apa keseluruhan ini dapat dirasakan sebagai suatu keadilan.

Pendidikan keadilan dalam suatu keluarga tentunya sangat menentukan pembentukan ke arah rasa kebersamaan dan sepenanggungan (solidaritas). Perasaan tidak mau tahu terhadap orang lain merupakan penyebab ketidakadilan dan solidaritas yang semakin menipis. Oleh karena itu, pendidikan tentang keadilan dalam keluarga harus ditekankan agar anggota keluarga memiliki rasa solidaritas yang tinggi.

Suatu bentuk keadilan akan semakin memudar pada kelompok masyarakat yang majemuk. Sebaliknya, akan lebih tebal pada masyarakat yang sederhana. Rasa adil juga merupakan tindakan untuk memperlakukan orang lain yang sedang menderita sama dengan diri sendiri. Konkretnya, rasa adil atau solidaritas tidak hanya merupakan cita-cita atau suatu hal yang idealis tetapi harus mewujudnyatakan dalam tindakan konkret.

Manusia Abadi [SELESAI]Where stories live. Discover now