7. Manusia dan Cinta Kasih

11 0 0
                                    

"Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa Malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing. Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna" ()

 Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tid...

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Kasih merupakan kata dengan definisi yang sangat kompleks dan beragam. Dalam Oxford Dictionary, "kasih" berarti 'pengertian dan perhatian yang mendalam terhadap suatu objek, perasaan menyembah Tuhan, perasaan ingin berbuat baik terhadap sesuatu objek, berkenan terhadap sesuatu'. Dari definisi tersebut tampak perbuatan kasih itu bersumber dari dalam diri seseorang yang mendorongnya untuk berbuat sesuatu yang baik bagi yang dikasihinya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan kasih sebagai perasaan rindu, perasaan sangat ingin memiliki, rasa sangat suka, rasa sayang terhadap sesuatu, perasaan tertarik, dan juga perasaan birahi terhadap lawan jenis. Definisi tersebut tampak sangat bergantung dari objek ekstern yang memengaruhi seseorang.

Dalam Alkitab ada beberapa istilah yang menggambarkan kasih, yaitu sebagaimana dijelaskan berikut ini.

"AHEF"

"Ahef" berasal dari bahasa Ibrani. Ini adalah kata yang paling umum digunakan dalam Perjanjian Lama untuk menggambarkan ungkapan pribadi yang paling dalam dari kepribadian sekaligus hubungan pribadi paling akrab dan dekat. Kata ini juga digunakan untuk menjelaskan dorongan oleh dua insan berbeda kelamin yang di dalamnya tidak ada rasa pengekangan atau najis. Kata ini juga digunakan untuk hubungan-hubungan pribadi tanpa ada kaitannya dengan dorongan seksual. Dalam perkembangannya kata ini, akhirnya berarti kekuatan dari dalam yang mendorong untuk melakukan sesuatu tindakan yang mendatangkan kegembiraan, memperoleh objek yang membangkitkan hasrat, atau dalam hal pribadi untuk melakukan pengorbanan diri demi kebaikan orang yang dikasihi, dan ketaatan yang tulus (; ; dan banyak dalam Kidung Agung). Definisi tersebut lebih banyak menekankan dorongan dalam diri seseorang untuk kebaikan baik bagi objek kasihnya maupun bagi dirinya sendiri.

"FILEO"

"Fileo" adalah bahasa Yunani yang digunakan untuk menunjukkan kasih atau dorongan yang penuh perhatian terhadap seseorang. Kata ini umumnya digunakan untuk menunjukkan rasa simpati di antara orang-orang yang memiliki hubungan akrab dan baik. Sederhananya, kata ini merupakan kasih persaudaraan dan yang mendatangkan kegembiraan (, dll.).

"STERGO"

Ini adalah istilah Yunani yang berarti perhatian, khususnya dalam hubungan orang tua dan anak. Kata ini juga digunakan untuk menyebut kasih di antara seorang warga negara terhadap tanah airnya. Definisi tersebut mengandung indikasi hormat, pengabdian, yang lahir secara alami, atau yang melekat bersamaan dengan lahirnya seseorang.

"EROS"

"Eros" adalah istilah Yunani yang menggambarkan ekspresi rindu dan birahi di antara lawan jenis. Kata ini sering digunakan dalam hubungan suami istri yang saling mengharapkan, mengidamkan, birahi.

"AGAPE"


Manusia Abadi [SELESAI]Where stories live. Discover now