Tips Menyusun Premis Cerita Misteri

898 130 5
                                    

Tips Menyusun Premis Cerita Misteri
Pemateri: rachmahwahyu

° ° ° ° ° ° ° ° ° ° ° ° ° ° °

Karena tutor kelas umum minggu ini tidak bersedia materinya dipublikasikan, maka kami akan membagikan materi dari Kajur. Semoga materi ini bermanfaat bagi kamu yang tertarik belajar menulis cerita misteri.

° ° ° ° ° ° ° ° ° ° ° ° ° ° °

Hasil Diskusi
Kamis, 14 Maret 2019

Ketika menulis misteri berpikirlah sebagai si pembunuh. Think as murder. Ketika mau bunuh seseorang, apa yang akan kita lakukan? Yang harus kita pikirkan:

Pertama, Motif. Kenapa kita harus bunuh dia? Ciptakan satu korban yang superrese. Lalu ciptakan setidaknya 3 tersangka, atau lebih. Setelah itu pikirkan alasan kenapa korban harus mati. Buatlah setiap tersangka memiliki motif.

Kedua, pikirkan bagaimana cara membunuh korban. Pikirkan senjata pembunuhnya. Ditusuk benda tajam? Diracun? Dicekik? Dibakar hidup-hidup? Setelah itu pikirkan bagaimana cara menutupi pembunuhan itu.

Setelah kita selesai dengan pikiran si pembunuh, selanjutnya berpindahlah ke pikiran si detektif. Pertama, pikirkan bagaimana mayat itu bisa ditemukan. Dikubur? Hanyut di sungai? Di ruang tertutup? Kedua, pikirkan perkirakan waktu kematiannya.

Riset sangat diperlukan untuk poin Bagaimana Kondisi Mayat Saat Ditemukan. Tapi, nggak semuanya bakal dipakai di cerita kita. Jadi, pilih dulu cara kematiannya baru nanti pikirkan poin itu.

Tahapan Menyusun Premis:

1. Tentukan siapa korban.
2. Tentukan siapa tersangkanya.
3. Tentukan motifnya.
4. Cara pembunuhannya.
5. Bagaimana kondisi mayat saat ditemukan.
6. Susunlah kesaksian para tersangka.
7. Bagaimana misteri itu akhirnya terungkap.

Di Conan, biasanya ada yang disebut alibi. Ketika korban meninggal apa yang dilakukan oleh para tersangka? Tapi kalau baca novel-novelnya Agatha Christie, alibi itu nggak harus ada. Saat menyusun kesaksian para tersangka jangan lupa pakai teknik red herring dan foreshadowing. Jadi nanti biarkan pembaca menebak mana yang jujur dan mana yang bohong.

Jurusan HMTK The WWGWhere stories live. Discover now