Materi: Sekilas tentang ilmu forensik

492 39 2
                                    

02 Juni 2020
Pemateri : rachmahwahyu
Moderator : shinnohikari01
Notulen : Edgar-Allan-Poe

Bagian 2

🌰MATERI KEDUA🌰

Nah, selanjutnya, materi yang akan kita bahas adalah sekilas tentang ilmu forensik.

Forensik adalah ilmu yang sangat amat penting jika kalian ingin menulis cerita bergenre misteri dan thriller.

Riset yang sederhana saja, akan membuat novel kita tampak menjadi berkualitas.

Hanya ada dua poin penting yang harus kita jabarkan dalam cerita kita seputar tentang forensik ini.

pertama waktu kematian korban dan yang kedua penyebab kematiannya

kita bahas dulu tentang perkiraan waktu kematian korban

Apa gunanya menentukan perkiraan kematian? Tentunya adalah untuk mengetahui kapan mayat tersebut tewas dan siapa saja yang mungkin membunuhnya.

Orang-orang yang berada di sekitar TKP pada waktu kematian korban atau orang-orang tidak dapat menjelaskan di mana keberadaannya pada waktu kematian korban adalah orang-orang yang dapat dijadikan tersangka.

Pada 24 jam pertama setelah kematian, melalui inspeksi atau pengamatan sesaat setelah jenazah ditemukan, penentuan perkiraan waktu kematian bisa dilakukan dengan melihat dua hal. Yang pertama adalah rigor mortis atau kaku mayat.

Kaku mayat terjadi akibat hilangnya adenosina trifosfat (ATP) dari otot-otot tubuh manusia. Untuk melakukan aktivitas otot-otot kita memerlukan ATP. Ketika seseorang mati, ATP akan berhenti di produksi dan ini akan membuat mayat menjadi kaku.

 Ketika seseorang mati, ATP akan berhenti di produksi dan ini akan membuat mayat menjadi kaku

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Mayat akan menjadi kaku mulai dari 2 jam setelah kematian. Bagian yang akan menjadi kaku lebih dulu adalah bagian wajah, lalu bagian tengah tubuh punggung dan perut dan yang terakhir ekstremitas (alat gerak yaitu tangan dan kaki), proses ini terjadi hingga 12 jam paska kematian. Setelah itu kaku mayat akan berangsur-angsur menghilang mulai dari bagian yang pertama kali mengalami kekakuan sampai dengan 24 jam paska kematian.

Lalu bagaimana membedakan mayat yang kaku kurang dari 12 jam dan lebih dari 12 jam jika bagian yang mengalami kekakuan sama? Yang membedakan adalah suhu tubuh mayat. 0-12 jam suhu tubuh masih akan terasa hangat. 12-24 jam suhu tubuh akan terasa dingin. Temperatur tubuh akan menurun 10 derajat celcius setiap jam.
Yang kedua adalah livor mortis atau kaku mayat.

Yang kedua livor mortis

Livor mortis adalah salah satu tanda kematian, yaitu mengendapnya darah ke bagian bawah tubuh, menyebabkan warna merah-ungu di kulit. Karena jantung tidak lagi memompa darah, sel darah merah yang berat mengendap di bawah serum karena gravitasi bumi.

Jurusan HMTK The WWGWhere stories live. Discover now