Review Novel: Death Note, Another Note: The Los Angeles BB Murder Cases

447 28 0
                                    

Review Novel

Judul: Death Note, Another Note: The Los Angeles BB Murder Cases
Penulis: Nisio Isin (Original Story: Tsugumi Ohba & Takeshi Obata
Genre: Misteri, thriller, humor, psychological
Reviewer: HygeaGalenica

***

"Jadi, yang saat ini kau baca adalah catatanku mengenai L.
Dengan kata lain, ini merupakan pesan kematian (bukan dariku) yang tidak di tunjukan pada dunia ini. Orang yang pertama kali akan membaca catatanku ini kemungkinan adalah si kepala besar Near."

Blurb:
Tiga pembunuhan keji terjadi di berbagai wilayah di Los Angeles. Korbannya seorang lelaki, seorang anak-anak, dan seorang perempuan muda. Di setiap tempat kejadian perkara yang terkunci dari dalam, ditemukan wara ningyo, boneka jerami Jepang yang biasa dipakai untuk mengutuk seseorang.

Polisi dibuat bingung oleh metode pembunuhan yang berbeda-beda, tetapi detektif terhebat abad ini yang tak pernah memperlihatkan diri, L mulai mengendus motif pelaku. Pertarungan intelegensi antara L dan pelaku pembunuhan berantai di Los Angeles pun dimulai.

Kesan pertama:
Bagi para penggemar manga, anime, film maupun serial Death Note bakal dipuaskan dengan novel spin off dari tokoh legendaris Death Note, detektif terhebat abad ini, L.

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa Death Note telah berhasil membuat jalan cerita yang beda dari yang lain. Bagaimana tidak, kamu tidak bisa hanya menikmati salah satu media yang ada (manga, anime, film, serial, dan novel) sebab Death Note memiliki aturan main yang unik; beda media maka akan berbeda pula "sisi" yang berkuasa.

Maksudnya apa? Sisi di sini adalah dari sudut pandang tokoh mana yang akan menitik beratkan konflik hingga akhir cerita. Atau bisa dibilang, Death Note menerapkan multi-universe: Ketika Light (protagonis Death Note yang malah menjadi sosok antagonis di cerita) yang menang, atau L (detektif yang menyelidiki kasus Light aka. Kira, sang Messiah) yang menang. Siapa yang menang akan bertahan, sedangkan yang kalah harus mati. Menyebabkan ada dua jalur cerita yang tidak ada habisnya untuk dinikmati oleh para penggemarnya.

Namun, novel ini bisa dinikmati sebelum ke media yang lainnya (sangat direkomendasikan untuk pendatang baru). Sebab novel ini bercerita sebelum cerita utama dimulai.

Keunggulan buku:
Jika ditanya bagaimana ide, alur, setting, tokoh, plot, sampai gaya bahasa, bisa dibilang buku ini sangat sukses dalam meramu cerita yang epik hingga membuatmu lupa akan waktu. Seakan kalian terhisap ke dalam cerita yang ada, seperti kamu bersama L memecahkan kasus yang ada.

Tokoh yang mendapatkan lampu sorot di cerita ini adalah: Sang narator, Mello (inisial M). Anggota FBI yang diskors, Misora. Detektif terhebat abad ini, L (memakai nama samaran, Ryuzaki). Dan pelaku utama, Beyond Birthday (inisial B). Pengembangan karakter tiap tokohnya sangatlah rapi. Setiap dialog maupun deskripsinya tidak terkesan dipaksakan, malah terasa sangat natural. Membuat pembaca bisa terus mengenang mereka.

Waktu dalam cerita ini diambil sebelum pertemuan L dengan Light Yagami (atau awal kisah Death Note). Tepatnya di Los Angeles, Amerika Serikat.

Secara garis besar, kasus yang ada di novel ini terbilang klasik untuk cerita misteri: pembunuhan acak, ruang tertutup, dan memiliki satu ciri khas di setiap TKP. Namun, si penulis dengan memukaunya membuat kasus tersebut dipoles menjadi maha karya berkualitas dengan tiap adegan yang menegangkan, penuh misteri, diselingi lelucon yang mengocok perut, dan plot twist tak terduga. Para pecinta misteri thriller bakal ketagihan untuk membaca novel ini berkali-kali.

Kesimpulan:
Novel ini menjadi salah satu buku koleksi terbaik di rak bukuku. Padahal aku punya puluhan judul buku misteri sekelas Sherlock Holmes yang juga menarik, namun kalah dengan novel Death Note ini.

Walau dengan ide cerita yang klasik sekalipun, bila sudah berada pada orang yang tepat, maka pengembangan cerita sudah tidak perlu diragukan lagi.

Buku ini bisa dinikmati oleh non fans Death Note, sebab cerita di novel ini adalah sebelum cerita utama dan sebuah spin off yang tidak mempengaruhi jalan cerita utama.

Jurusan HMTK The WWGTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang