Mitos Parakang

285 27 26
                                    

Mitos Parakang — Makhluk jadi-jadian asal Sulawesi Selatan

By: WidiSyah

***

Sebelumnya menyimak kan pas Shin konser Film Siccin?
Nah itu mengingatkanku pada Mitos makhluk jejadian dari Sulawesi Selatan.

Ada yang bilang Parakang ini sebenarnya seorang manusia yang bisa berubah-ubah menjadi hewan, tumbuhan, benda atau apa saja.

Konon orang yang menjadi parakang adalah mereka yang belajar ilmu hitam, tapi tidak selesai mempelajarinya atau gagal.  Manusia yang gagal menguasai ilmu. (Entah ilmu apa)

Berdasarkan cerita yang beredar di masyarakat, Parakang ialah seseorang yang tersesat dalam ilmu hitam yang dipelajarinya. Selain itu, parakang beraksi di luar rumah bukan dengan wujud aslinya, namun lebih berupa roh halusnya.

Seseorang menjadi Parakang, bisa karena manusia yang tidak menuntaskan pelajaran ilmu hitam, atau bisa juga karena ilmu tersebut berpindah ke raganya tanpa disengaja. Dia terima pas ada orang yang bilang limba, limba dalam bahasa Makassar berarti pindah. Saat  Parakang sekarat, dia pasti akan mencari orang untuk memindahkan ilmunya. Mereka tidak bisa meninggal kalau ilmunya masih ada.

Namun, wujud parakang ini terbilang cukup aneh. Hasil jelmaannya berbeda dengan wujud asli yang ia tiru. Misalnya jika berubah menjadi anjing, maka ia tidak mempunyai ekor atau kaki di bagian belakang lebih tinggi.

Fisiknya tetap ada di rumah dalam posisi terbaring atau tertidur, namun hanya jiwanya yang bergerak, bisa menyerupai kucing atau anjing, bahkan tumbuhan.
Jika berubah menjadi pohon pisang, maka wujudnya hanya memiliki dua daun, tidak berpucuk dan daunnya tidak lebih dari tiga helai. Parakang juga bisa menjelma menjadi tempat ayam bertelur.

Makhluk ini cukup ditakuti oleh masyarakat di Sulawesi Selatan, sebab Parakang gemar mengisap usus anak-anak dan ibu yang sedang melahirkan. Ia juga kerap mengganggu orang yang sakit.

Ciri-ciri orang yang diganggu Parakang antara lain menderita sakit perut, keluar darah pada saat buang air yang bisa berujung pada kematian.
Katanya Parakang bisa diusir dengan cara dipukul sekali saja.

Jika memukulnya lebih dari sekali maka ia akan melawan.
Dalam kondisi berubah wujud, tubuh manusia (Parakang) tetap di rumah dan sedang tertidur.
Hanya jiwanya yang berjalan dan menjelma.
Jika kita memukul jiwanya yang berwujud hewan, maka jasadnya yang di rumah akan kesakitan.

https://youtu.be/AXI_Qdh1ius

Pernah difilmkan sineas lokal di tahun 2017 kemarin Trus sempat difilmkan lagi di tahun yang sama.

https://g.co/kgs/iMimdz

https://id.wikipedia.org/wiki/The_Real_Parakang:_Warisan_Berdarah

Katanya kalau habis dipukul terus seseorang di sekitar kita ada yang sakit atau meninggal dengan aneh, bisa jadi ... itulah sosok manusianya.
Saya belum pernah bertemu, melihat, hanya mendengar cerita.

Parakang biasanya lebih suka ibu melahirkan atau bayi yang sedarah dengannya. Yang memiliki hubungan darah dengan manusia aslinya. Lebih lezat katanya.

Sampai saat ini mitos mengenai Parakang masih dipercaya oleh masyarakat di Sulawesi Selatan.
Makanya perempuan biasanya diingatkan untuk hati-hati kalau lagi haid. Pembalutnya nggak dibuang sembarangan. Apalagi dicuci asal. Bau darahnya bisa menarik Parakang mendekat.

Di link di bawah dituliskan bagaimana cara memancing Parakang keluar. Cara mengusirnya juga. Misal  orang itu kita curigai adalah Parakang, bisa diusir dengan cara melemparkan seekor belut dengan pecahan beling dari botol merah dan jintan hitam di got atau selokan depan rumah orang yang dicurigai.

https://www.tagar.id/mengungkap-legenda-ilmu-hitam-parakang-di-bantaeng

Nah, cukup sekian konsernya. Semoga bisa menarik hal baik dari mitos Parakang yang saya sampaikan.

Jurusan HMTK The WWGWhere stories live. Discover now