~Baja Saja~

121 16 1
                                    

Eumm, halo semua.

Jadi aku kena tag oleh suunflo hehe. Terima kasih untuk Kak suunflo udah ngetag aku. Sekarang aku akan ngelakuin hal yang harus aku lakuin. Okey aku ga jelas.

Mohon maaf nih sebelumnya, ini bukan update, kalau mau dibaca silakan:)). Sebelum ke tipsnya, aku mau cerita sedikit dulu.

Menulis aku jadikan sebagai hobi. Aku suka nulis karena aku tuh suka banget baca. Buku apa pun itu, mulai dari novel, komik, cerpen, ensiklopedia, sampai koran aku baca. Dari baca-baca buku itu, aku mulai coba nulis karya aku sendiri.

Awalnya hanya iseng-iseng aja, terus jadi ketagihan nulis sampai sekarang. Hehehe.. Dulu aku sering bikin cerpen-cerpen gitu. Banyak yang saranin agar aku coba ngirim ke penerbit. Tapi aku malu, aku gak percaya diri.

Waktu aku jadi seorang yang suka dengan musik Korea atau biasa disebut Kpopers, aku tau salah satu aplikasi, yaitu Wattpad. Awalnya aku cuma baca-baca karya penulis di Wattpad. Aku kagum sama karya-karya meraka, keren-keren banget. Terus aku coba untuk nulis juga di Wattpad, siapa tau ada yang baca. Hehe..

Saat ini aku masih dalam tahap belajar. Aku masih jauh dari kata sempurna, karena manusia juga tidak ada yang sempurna. Disini aku akan memberikan hal-hal yang aku ketahui.

1. Judul Cerita

Ini adalah bagian yang penting. Menurut aku diibaratkan sebuah angka, judul adalah angka satu, sedangkan isi cerita adalah nomor yang kesekian. Karena pembaca akan tertarik pada sebuah cerita dikarenakan melihat judul cerita tersebut.

Pilih judul yang sesuai dengan cerita dan yang dianggap menarik.

2. Cover

Sampul buku juga memiliki peran yang penting untuk sebuah cerita. Pembaca juga akan tertarik melihat sampul yang menarik.

Karena aku gak pinter ngedit, jadi aku cari gambarnya di aplikasi. Hehe...

3. Sinopsis

Pembaca pasti akan membaca sinopsis sebelum membaca ceritanya secara lengkap. Karena sinopsis adalah ringkasan dari cerita. Jadi pembaca akan tertarik setelah membaca sinopsis dari cerita.

Karena ini adalah salah satu cara untuk membuat pembaca tertarik, maka buatlah sinopsis cerita yang menurut kalian menarik.

4. Tema, Alur, dan Isi Cerita

Pasti setiap cerita memiliki tema dan alur. Tema dan alur juga hal yang penting, agar pembaca mengerti isi cerita.

Biasanya aku dapat ide kalau lagi ngehalu atau kadang-kadang kalau lagi mimpi. Hehe..

5. Penulisan, Tanda Baca, dan Bahasa

Okey, aku sering banget bermasalah pada 3 ini. Aku sering banget typo. Kadang kalau ngomong aja aku sering typo😭. Penggunaan tanda baca aku sering salah.

Dan kadang aku bingung dalam penulisan kata yang benar. Misalnya napas/nafas. Aku sering bingung. Jadi sering banget terjadi kesalahan saat aku nulis.

Jadi saat menulis kita harus berhati-hati agar tidak ada typo, salah penggunaan tanda baca, dan penulisan yang benar dalam Bahasa Indonesia. Tapi manusia tak luput dari kesalahan, yang penting sudah berusaha:).

Mungkin segitu dulu. Itu adalah hal-hal yang aku ketahui dalam dunia menulis. Masih baaanyaaak lagi yang harus dipelajari dan diperbaiki.

Terima kasih sudah mau membaca. Mohon maaf kalau ada kesalahan dan typo:).

Mohon kritik dan ssarannya, yaa. Mohon diingatkan jika ada kesalahan. Hehe..

Terima kasih.

Aku ga tau mau ngetag siapa ಥ‿ಥ.
Jadi kalau ada yang mau buat, silakan:).





Sepupu - AteezTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang