M-J :: (3) Kenapa?

127K 8.7K 1.8K
                                    

M-J :: (3) Kenapa?

=============

M I K A

"Pagi, Mik!"

"Woy, mata lo beler apa kelindes truk?"

"Mampir beli bubur dulu, yok?"

Baru aja gue naro bokong di jok mobilnya Alvaro, tapi ketiga temen gue langsung ngoceh gak berhenti. Di waktu yang sama. Gue pusing 'kan. Kadang gue capek sama kelakuan mereka, meski yah, kocak sih.

"Satu-satu ngomongnya," ucap gue sambil geleng kepala.

Seperti biasa setelah semua orang mengetahui pertemanan kami, gue, Alvaro, Juna, Seth dan Julian berangkat bareng ke sekolah. Tapi Julian lagi absen hari ini. Katanya dia bisa 'bolos' karena Ayahnya ngira dia kena diare. Gak lucu banget itu anak.

Kami semua sekolah di National High, dan ya, kami anak SMA biasanya yang suka gila-gilaan. Tapi gak gila beneran. Gue Mika, salah satu orang yang berturut-turut jadi badut kelas dari SMP sampe SMA. Gue termasuk orang aneh di kelas karena suka bicara sendiri, suka ketawa, suka kabur-kaburan tanpa alasan jelas. Padahal, ya, mereka gak bisa ngeliat apa yang gue liat jadi diem aja lah. Gak usah nge-judge.

Lalu Juna. Dia bintang kelas. Ketua basket. Dan sering juara di tiap turnamen basket tingkat nasional. Gue gak mau komen mukanya ganteng atau enggak, nanti gue dibilang homo. Yang pasti, tiap dia senyum ke cewek, kaki cewek itu gemetar. Dia pake pelet atau enggak? Tau deh. Kayaknya sih make. Soalnya gue gak pernah tuh senyum ke cewek trus ceweknya gemeteran. Kalo kejadian, itu rekor.

Kemudian, Matthew. Cowok irit ngomong yang kena friendzone. Penulis novel thriller, pembacanya di blog udah ratusan ribu dan dia ngotot bilang kalo ceritanya masih abal. Dia sering sendirian di kelas. Temennya cuma Mou doang, cewek model di kelas 2 IPA A. Gue gak ngerti lagi deh si Mou ngapain sampe-sampe Matt cinta mati. Matt juga orangnya low profile, dia gak seneng kalo dipuji abis-abisan sama fans-nya. Waktu ada orang yang buat fanbase, tampangnya langsung gak enak. Satu yang gue tau setelah itu, dia block fanbase-nya dan menyuruh pembaca waras untuk ikut nge-block. Sadis.

Berlanjut ke Alvaro. Ck, tipe badboy. Gak ada yang namanya sehari gak bolos kelas. Gak ada yang namanya sehari gak modusin cewek-cewek. Dia termasuk cowok easy going, terkesan liar tapi ngerti bates, dan yang gue kagumin dari dia, meski keliatan luarnya kayak orang gila kesambet petir, dia gak pernah ngerokok atau nyoba-nyoba nge-drug. Padahal banyak yang nawarin. Pas dipaksa, si Om Roro ini malah nonjok muka temennya yang maksa, sampe-sampe temennya diopname satu minggu. Tragis.

Sekarang Seth. Berdasarkan riset yang gue dapet dari gosip cewek-cewek--gue gak nyuri denger tapi, plis, suara cewek-cewek itu gede banget, siapa yang gak denger coba?--, Seth ini termasuk cowok manis. Kayak gula. Murah senyum. Sering nolongin cewek. Ngomongnya irit tapi bikin cewek-cewek meleleh. Mereka gak pernah tau aja kalo Seth sama gue lagi main Wii bareng di rumah Juna, kami kayak kambing gila. Cukup kami berenam yang tau fakta itu.

Yang absen hari ini alias Julian. Cowok menye. Didorong dikit, jatoh. Cowok lemah. Gak pernah gak bawa komik. Untung komiknya gak menye juga. Kalo iya, Juna palingan udah ngomel-ngomel minta Julian ganti komik. Julian suka pake topi, kemana aja pake topi, sampe-sampe kalo di kelas pake topi, gurunya negur. Cowok menye itu pura-pura gak denger kalo gurunya negur, jadi, tiap guru yang tau tabiatnya cuman pasrah dan berkata "Ibu gak tau lagi harus gimana sama kamu, Nak Liyan". Dan dia cuman nyengir. Tapi ada satu hal yang gue kagumi dari Liyan. Dulu sebelum deket kayak gini, Liyan pernah di-bully abis-abisan sama kakak kelas. Ditampar. Dilabrak. Dikunci di loker. Ditumpahin mie panas. Ditendang. Diejek. Trus waktu itu reaksi dia apa? Dia senyum. Gila, kalo gue jadi dia, gue bakal guling-guling di lantai sambil nunjuk orang yang bully gue. Macem bayi.

TRS (3) - Mika on FireTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang