Yang Menjadi Patokan Adalah Keadaan Yg Terlihat Sekarang, Bukan Yg Akan Datang

96 6 0
                                    

🌸🌿🌿🌸

Syeikh Muhammad bin Sholeh Al-Utsaimin rahimahullah berkata,

"Sesungguhnya yang menjadi patokan dalam suatu hal adalah yang terlihat sekarang, bukan yang akan datang. Engkau tidaklah dibebani dengan sesuatu yang di luar kuasamu.

Berdasarkan kaidah ini, maka kita dapat mengetahui jawaban dari pertanyaan yang seringkali muncul sebagai berikut.

Seorang laki-laki akan melamar seorang wanita yang sholehah, yang komitmen di atas agamanya, namun lelaki ini bukanlah lelaki yang komitmen di atas agama. Sang wanita pun berkeinginan untuk menikah dengannya, wanita ini beralasan, "Semoga Allah memberikan hidayah-Nya melaluiku."

Ini merupakan sebuah perkara di masa akan datang yang tidak kita ketahui, yang sekarang terlihat di depan kita, dia bukanlah laki-laki yang sholeh.

Apabila engkau beralasan, "Semoga Allah memberikan hidayah-Nya melaluiku."

Kita jawab, "Bisa jadi Allah menyesatkanmu melalui dia."

Semuanya bisa terjadi, engkau tersesat karena dia itu lebih kuat daripada dia mendapatkan hidayah melaluimu.

Sebagaimana yang sudah diketahui, seorang laki-laki lebih berkuasa atas wanita daripada sebaliknya.

Betapa banyak suami yang membuat, memaksa istrinya hingga melakukan apa yang diinginkan suaminya meskipun sang istri tidak menginginkan hal tersebut.

Ini merupakan suatu hal yang sering kita saksikan dan terjadi.

📚 Syarah Bulughul Maram

Penjelasan di atas merupakan faidah yang Syeikh Utsaimin rahimahullah jelaskan ketika membahas hadits Fathimah binti Qois. Di mana beliau berkonsultasi kepada Nabi terhadap 3 orang Sahabat yang datang melamarnya, akan tetapi Nabi memilihkan Sahabat yang terlihat lebih baik di mata Nabi pada saat itu.

Nabi melihat calon pertama (Abu Jahm) ringan tangan terhadap wanita, calon kedua (Muawiyyah bin Abi Sufyan) miskin, maka Nabi memilihkan calon yang ketiga (Usamah). Pernikahan mereka pun bahagia karena berkah dari pilihan Rasulullah ini.

✍🏻Ustadz Boris Tanesia

〰〰〰

↪Reposted by Sahabat Fillah

↪Reposted by Sahabat Fillah

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.
Love Islam [Kumpulan Faedah] Where stories live. Discover now