Nasihat 'Ulama' di Masjid Nabawi untuk Pendukung Demo "Islami"

130 4 0
                                    

'''➖➖🌸🌿NASIHAT🌿🌸➖➖'''

〰〰〰

**

〰〰〰

Dalam Daurah Syar’iyyah untuk para Da'i di Surakarta, 25-27 Rabi’ul Akhir 1438 H lalu, Syaikh Prof. Dr. Ibrahim Ar-Ruhaily, salah seorang syaikh pengajar di Masjid Nabawi berkata,

1. Demonstrasi bukan jalan orang yang memegang manhaj salafush shalih, meskipun dinamakan “demo damai” bahkan “demo yang salafi”.

2. Demonstrasi dilarang di dalam Islam dengan berbagai dalil syar’iyyah, meskipun pemerintah memerintahkannya atau sekedar mengizinkannya.

3. Kami banyak menasehati orang-orang yang mengajak manusia untuk berdemonstrasi, namun sayangnya banyak dari mereka yang tidak memperdulikan nasehat itu. Mereka pun akhirnya tersadar dan menyesal setelah negeri mereka luluh lantah, rata dengan tanah seperti padang sahara.

4. Penulis bertanya melalui kertas: Sebagian orang berkata, ‘Demonstrasi itu adalah masalah duniawiyyah (adat istiadat), bukan ibadah. Sementara ada kaidah yang kita kenal bahwa hukum asal masalah dunia adalah mubah (boleh)”.

Bagaimana pandangan Syaikh tentang perkataan tersebut?

Beliau menjawab:

Pertama

Katakanlah demonstrasi adalah masalah dunia. Coba kalian lanjutkan kaidahnya:

Hukum asal masalah dunia adalah mubah (boleh).

Baik. Lanjutan kaidahnya?

“…Selama tidak ada dalil yang mengharamkannya.”

Maka kita katakan, telah kita baca tadi dalil-dalil yang jelas mengharamkannya. Pun demonstrasi pada realitanya banyak memudharatkan manusia.

Demo banyak dibarengi dengan khuruj dari waliyyul amr, diwarnai tumpah darah kaum muslimin, mencela pemerintah, menutup dan memacetkan jalan. Memperlambat jalan dan menghambat kepentingan manusia lainnya.

Kedua

Para pendukung demo mengatakan ini masalah dunia. Tapi pada prakteknya mereka juga melakukannya atas nama membela agama.

Akhirnya kembali juga kepada kaidah masalah Agama, bahwa hukum asalnya adalah terlarang sampai datang dalil yang mensyari’atkannya. Dan tidak ada dalil yang mensyari'atkan Demo

Seorang peserta menulis pertanyaan: Sebagian orang berkata, ‘Demonstrasi itu maksudnya baik’.

Syaikh Ibrahim menjawab:

Kalian tahu bahwa tujuan baik, tidaklah lantas membenarkan cara.
Ingat kisah pengingkaran Ibnu Mas’ud kepada halaqah Dzikir dengan batu di masjid,
kisah 3 sahabat yang datang kepada istri Nabi.

Anggaplah Demo tujuannya baik.

Tapi kalau masyarakat yang merasa jalannya dihambat, terlambat bahkan Gagal beraktifitas karena sebab Kegiatan Demo di jalan, apakah mereka katakan, jazakallah khairan

〰〰〰

Ustadz Muflih Safitra, MSc

🌏 http://www.salamdakwah.com/artikel/4275-naaehat-ulama-masjid-nabawi-untuk-pendukung-demo-islami

〰〰〰

↪Reposted by Sahabat Fillah

Dipahami dengan tenang, jangan sampai mengundang perdebatan yang tak disukai, Allah sendirinpun melarangnya. Maka simak dengan hati juga fikiran yang adem.

Cek cek cek!

Question Ummi Maskuroh;

Itu loh.klu kata kn kita g boleh demo. Trz perintah tw kita g suka Ama kebijakan nya gmn caranya??

Ini yg dimaksud Kya demo 212 bukan sih??? Kn yg kmrn dilakukan itu pas demo Ahok gegara penistaan ayat Qur'an, Atau gimana sih, gak mudeng...

Tolong jelaskan y. Ditulis kdg msh tetep gak mudeng

Answer; Natasya Alfira (pemahaman)

Bismillah,

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, _"Nanti setelah aku akan ada seorang pemimpin yang tidak mendapat petunjukku (dalam ilmu, pen) dan tidak pula melaksanakan sunnahku (dalam amal, pen). Nanti akan ada di tengah-tengah mereka orang-orang yang hatinya adalah hati setan, namun jasadnya adalah jasad manusia."_ Aku berkata, “Wahai Rasulullah, apa yang harus aku lakukan jika aku menemui zaman seperti itu?” Beliau bersabda, _”Dengarlah dan ta’at kepada pemimpinmu, walaupun mereka menyiksa punggungmu dan mengambil hartamu. Tetaplah mendengar dan ta’at kepada mereka.”_
📚 (HR. Muslim no. 1847)

Demonstrasi, gimana pun sebutannya, adalah bentuk ketidaktaatan kpd pemimpin. Padahal wajib hukumnya taat kpd ulil amri.

Kalo pemimpin tsb salah, yang kita lakukan adalah (jika memungkinkan) menasihatinya secara diam-diam, atau meminta bantuan kepada orang terdekatnya untuk menasihati pemimpin tsb (semoga ngerti ya bahasanya). Kalau nggak bisa, cukup sabar dan doakan agar diberi hidayah oleh Allah azza wa jalla.

Demonstrasi nggak pernah dibenarkan dalam islam, meski sebutannya "aksi damai" atau "bela tauhid", dan semacamnya.

Love Islam [Kumpulan Faedah] Where stories live. Discover now