Materi 119 Derita Pemboikotan

790 111 0
                                    

🌴🐪🐪🌴🌴🐪🐪🌴

🖋ONE DAY ONE SIROH🖋

🌺MATERI 119 JILID 4🌺

🔑Derita Pemboikotan🔑

Rasulullah SAW, Bani Hasyim dan kaum Muslimin diasingkan ke dalam Syi'ib, benteng kecil milik Abu Thalib. Kaum Quraisy menegaskan bahwa jika Bani Hasyim menyerahkan Rasulullah SAW, pemboikotan kepada mereka akan dicabut. Namun, bukannya merasa takut, Bani Hasyim malah semakin setia kepada Rasulullah SAW yang merupakan anggota keluarga mereka.

Sahabat fillahku, pemboikotan ini berjalan tiga tahun lamanya. Selama itu, hanya musim haji saja Rasulullah SAW dan para pengikutnya bebas berdakwah keluar Syi'ib. Itu pun selalu diikuti Abu Lahab sambil mengolok-olok Rasulullah SAW dengan kata-kata kasar. Pada musim haji itu, Mekah ramai didatangi para peziarah dari pelosok jazirah.

Akibat adanya pelarangan hubungan dagang, saat itu, Rasulullah SAW tidak dapat membeli makanan yang cukup. Pada waktu-waktu yang sulit, mereka sering terpaksa makan daun-daunan dan kulit-kulit pohon yang tipis. Anak-anak menangis pada malam hari karena kelaparan. Semetara itu, orang-orang dewasa mengganjal perutnya dengan batu agar tidak masuk angin.

Perbuatan kejam itu juga menimbulkan rasa kasihan sebagian orang Quraisy. Apalagi yang memiliki hubungan saudara dengan Bani Hisyam. Orang-orang itu sering dengan berbagai cara menolong keluarga mereka di dalam Syi'ib.

Suatu ketika Abu Jahal sedang meronda di sekitar Syi'ib, memergoki Hakim bin Hisyam bin Khuwailid dan budak laki-lakinya berusaha meyelundupkan gamdum dan makanan lain untuk bibinya yang tidal lain bunda Khadijah istri Rasulullah SAW.

Tanpa ampun, Abu Jahal memukuli budak laki-laki itu dan merampas karung gandumnya.

" Aku bersumpah....! " teriak Abu Jahal terengah-engah sambil terus memukul. " Aku bersumpah tidak seorang pun dapat menyelundupkan makanan kepada Muhammad! "

Pada saat itu, Al Bakhtari datang sambil berseru kepada Abu Jahal. " Hei makanan ini tadinya milik bibinya. Bibinya lalu mengirimkan kepadanya, mengapa engkau melarangnya mengantarkan makanan tersebut kepada bibinya lagi ?"

Kemudian keduanya berkelahi Abu Jahal terluka karena dipukul dengan tulang unta.

Sahabat fillahku, bagaimana kisah selanjutnya?

Kita lanjutkan besok yaa...Insya Allah 😊

✍Catatan Tambahan✍

💰Harta Abu Bakar💰

Ketika masuk Islam, Abu Bakar memiliki harta sebanyak 50.000 dirham. Beliau membebaskan tujuh budak dengan 400 dirham seorang. Jadi, uang beliau terpakai sebanyak 2.800 dirham. Namun, ketika  berhijrah ke Madinah, uang Abu Bakar tinggal 4.000 dirham. Besar kemungkinan sebagian besar harta itu dihabiskan untuk mempertahankan hidup kaum Muslimin selama tiga tahun pada masa  pengasingan ini.

📘Kisah ini diambil dari buku Muhammad Teladanku Jilid 4📘

🖋MATERI 119 JILID 4🖋

🌼🍂🌼🍂🌼🍂🌼🍂🌼

Sirah Nabawiyah Jilid 4Where stories live. Discover now