Materi 120 Derita di Pengasingan

821 115 0
                                    

🌴🐪🐪🌴🌴🐪🐪🌴

🌻ONE DAY ONE SIROH🌻

🖌MATERI 120 JILID 4🖌

🍁Derita di Pengasingan🍁

" Ibuuu aku lapar, "...tangis seorang anak di dalam Syi'ib. " Besok ya nak! Besok kita dapat kiriman makanan," jawab ibunya. "Tidak mau, aku mau makan sekaraaaang....." Karena tidak kuat menahan perutnya yang perih, anak itu menangis dan menjerit-jerit.

Sahabat fillahku, tangis dan jerit anak-anak terdengar hampir setiap malam dari dalam Syi'ib. Sebagian penduduk Mekah mulai tidak tega melihat penderitaan Bani Hasyim, tetapi mereka takut untuk membantu.

Ada empat ratus orang keluarga Bani Hasyim yang bertahan di dalam Syi'ib. Kehidupan mereka begitu keras dan penuh dengan kekurangan, tetapi tidak satupun yang berniat mengkhianati Rasulullah SAW. Padahal, tidak semua anggota keluarga yang telah memeluk agama Islam, termasuk Abu Thalib, sang pemimpin Bani Hasyim.

Kehadiran Rasulullah SAW ditengah-tengah mereka sudah cukup membuat mereka lupa akan segala kecemasan dan membuat mereka selalu berbahagia. Mereka mengerti bahwa Allah telah memilih mereka untuk melindungi utusan-Nya dari semua musuh. Bagi Bani Hasyim, itu sebuah kehormatan yang membuat mereka tidak mau menukar Rasulullah dengan apapun, bahkan dengan sebuah kerajaan sekalipun. Mereka bahkan menjalankan tahun-tahun pengasingan yang pahit itu dengan rasa bangga.

Tidak satupun dari empat ratus orang itu berniat untuk menyelamatkan dirinya sendiri. Padahal, mereka tidak tahu kapan pengasingan itu akan berakhir. Hari demi hari, minggu demj minggu, bulan demi bulan dijalani dengan penuh harapan. Mereka semua sudah bertekad mengikuti Rasulullah SAW kemanapun. Mereka lebih suka menjadi tawanan dari pada bebas tanpa Rasulullah. Bagi mereka, hidup tanpa Rasulullah SAW adalah hidup yang tidak layak di jalani.

Sahabat fillahku, selama masa-masa sulit itu, ada sosok penting selain Rasulullah SAW yang menjadi sosok teladan bagi semua penghuni Syi'ib, bagaimana mereka harus menjalani hidup dengan penuh ketabahan.

Siapakah orang yang mulia itu?
Insya Allah kita lanjut besok yaa...😊

📝Catatan Tambahan📝

⚜Syi'ib Abu Thalib⚜

Syi'ib Abu Thalib, tempat kaum muslimin digiring, dikurung dan dijaga, dikelilingi dinding batu tinggi yang tidak dapat dipanjat. Letaknya di  Bukit Abu Qubays, sebelah timur Mekah. Pintu masuknya berupa celah sempit dengan tinggi kurang dari dua meter yang hanya dapat dimasuki unta dengan susah payah.

📕Kisah diambil dari buku Muhammad Teladanku Jilid 4📕

🖌MATERI 120 JILID 4🖌

🍄🐚🍄🐚🍄🐚🍄🐚🍄

Sirah Nabawiyah Jilid 4Where stories live. Discover now