Materi 123 Abu Sufyan, Abu Jahal, dan Akhnas

957 120 10
                                    

🌴🐪🐪🌴🌴🐪🐪🌴

🌾ONE DAY ONE SIROH NABAWIYAH🌾

🖍MATERI 123 JILID 4🖍

⚜ Abu Sufyan, Abu Jahal, dan Akhnas ⚜

Sahabat fillahku, melihat orang-orang di luar Mekah seperti Thufail Ad Dausi dan orang-orang Nasrani memeluk Islam, para Pembesar Quraisy yang paling gigih memusuhi Rasulullah pun jadi bertanya-tanya, "Benarkah yang dibawa Muhammad itu benar?"

Diam-diam Abu Sufyan pergi pada suatu malam ke dekat kediaman Rasulullah. Dia tahu Rasulullah selalu bangun malam dan membaca al-quran. Saat  Abu Sufyan mendengar ayat-ayat  Al Quran dibacakan, begitu tenang dan damai hatinya. Suara Rasulullah yang merdu menggema di kalbunya.

Fajar tiba dan Abu Sufyan bergegas pulang. Namun saat itu, dia memergoki Abu Jahal juga sedang mendengarkan bacaan Rasulullah. Ketika masih saling pandang tanpa mampu berkata, lewatlah Akhnas bin Syariq.  Rupanya, akhnas pun diam-diam pergi mendengarkan Rasululloh membaca Al-Quran. Mereka bertiga pun saling menyalahkan.

" Kejadian ini tidak boleh terulang lagi," ujar salah satu dari mereka.  "Jika masyarakat kita tahu, kedudukan kita akan lemah dan mereka akan berpihak kepada Muhammad."

Ketiganya pun berjanji untuk tidak mengulangi perbuatan itu. Namun, pada malam berikutnya, mereka terbawa perasaannya masing-masing seperti kemarin. Tanpa dapat menolak bisikan hati, mereka kembali ke tempat semalam dan mendengarkan ayat Al Qur'an dibacakan. Hampir Fajar, mereka mereka bertemu dan saling menyalahkan pula.

Perbuatan itu terulang lagi pada malam ketiga. Ketika saling bertemu pada waktu fajar, kembali mereka saling tuduh. Rasa takut kemudian timbul di hati masing-masing. Mereka takut kehilangan kedudukan jika masyarakat memeluk Islam. Rasa takut inilah yang membuat mereka berteguh hati untuk membuang jauh-jauh perasaan tenang dan damai yang mereka rasakan saat mendengar bacaan Al Qur'an.  Setelah itu, tidak seorangpun dari mereka yang kembali ke rumah Rasulullah pada tengah malam untuk mendengarkan beliau secara diam-diam.

Bagaimana kelanjutan kisahnya?
Kita lanjutkan besok yaa...Insya Allah 😊

📝Catatan Tambahan📝

🌹Mengejek Al Qur'an🌹

Surat Ash-shaffat ayat 62-65 menjelaskan tentang makanan orang di neraka berupa buah zaqqum. Abu Jahal mengatakan bahwa pohon zaqqum itu tentunya seperti kurma Yatsrib yang dapat kamu santap. Kemudian, Allah menghina Abu Jahal dalam Surat Ad-Dukhan ayat 43 - 49 .

📓Kisah diambil dari shiroh nabawiyah 📓

🖍MATERI 123 JILID 4🖍

🌺🍃🌺🍃🌺🍃🌺🍃🌺

Sirah Nabawiyah Jilid 4Where stories live. Discover now