Selamat Datang Stase Obsgyn

18.6K 3.4K 95
                                    

Stase selanjutnya dalam persinggahan para koass adalah stase obsgyn atau lengkapnya Obstetri dan Ginelokologi alias kebidanan dan kandungan. Di sini, mereka akan dididik oleh seorang konsulen perempuan yang dulu juga pernah menjadi koass seperti mereka (Coass Cooperate) dan dibimbing oleh beberapa dokter residen yang menempuh Program Pendidikan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi.

Konsulen mereka kali ini adalah dr. Miyawaki Sakura, Sp,OG (K). Selain spesialis kandungan, dokter Miyawaki Sakura juga merupakan dokter subspesialis fetomaternal. Nah, fetomatermal adalah cabang subspesialis terkait janin dan kehamilan ibu, baik yang fisiologis (normal) maupun patologis (adanya kelainan).

Sedangkan salah satu dokter residen yang akan membimbing para koass adalah dr. Kim Wooseok yang sedang menembuh Progam Pendidikan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi. Nyaris semua koass udah kenal sama dokter Wooseok karena hobinya keliling IGD bareng dokter Yuvin, dokter Yunseong, dokter Byungchan, atau dokter Midam. Tapi sebagian kenal karena residen manis satu ini sering banget digombalin dokter Jinhyuk.

Selain dokter residen, juga akan ada beberapa dokter residen subspesialis yang sedang menepuh pendidikan menjadi dokter subspesialis, seperti:

dr. Kim Chaewon, Sp.OG - sedang menempuh subspesialis onkologi ginekologi

dr. Jo Yuri, Sp.OG - sedang menempuh subspesialis  uroginekologi dan bedah rekonstruksi panggul

dr. Takahashi Juri, Sp. OG - sedang menempuh obstetri-ginekologi sosial

Yap, mereka adalah dokter spesialis obstetri dan ginekologi yang sedang menempuh pendidikan untuk menjadi dokter subspesialis yang menduduki strata paling atas dalam tataran paramedis.

Karena ini adalah minggu pertama para koass memasuki stase obsgyn, maka selama 2 minggu mereka akan mendapat perbekalan, untuk mengingat lagi apa yang mereka dapatkan saat masih menempuh S1.

"Banyak yang bilang ini stase paling serem," bisik Wonjin ke telinga Minkyu yang kebetulan duduk di sebelahnya sewaktu pembekalan.

Minkyu memasang tampang bingung. "Bukan forensik yang paling serem?"

Wonjin menggeleng. "Senior-senior kita dulu bilang kalo obsgyn yang paling serem."

"Menurut gua tetep lebih serem forensik," Junho ikutan nimbrung dengan suara pelan banget.

Wonjin masih menggeleng. "Kata senior kita dulu, belom lengkap jadi koass di stase obsgyn kalo belom pernah kecipratan air ketuban."

"Iya sih. Tapi kata senior kita dulu juga, belom lengkap jadi koass di stase obsgyn kalo pas makan mendadak ada ibu-ibu mau lahiran," timpal Junho.

"Tapi yang paling legend adalah..."

Minkyu sengaja menggantung kalimatnya, bikin semua koass natap ke arah dia.

"Belom lengkap jadi koass di stase obsgyn kalo belom pernah lumutan karena gak pernah nyentuh air ama sabun alias mandi saking takutnya ada CITO pas lagi mandi."

"Ini mah namanya dididik jadi suami siaga."

Selamat datang stase Obsgyn. Semoga kau meninggalkan kesan menyenangkan untuk koass-koass ini.

 Semoga kau meninggalkan kesan menyenangkan untuk koass-koass ini

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.
COASS COOPERATE 2.0 [ProduceX101 Ver]Where stories live. Discover now