DUAPULUH DELAPAN; TIDUR

199 44 7
                                    

      Hembusan angin sepoi-sepoi dan suasana teduh di bawah pohon jambu harusnya menciptakan suasana tenang, tapi rasanya suasana itu tidak bisa berlaku untuk gue dan kesembilan gadis lainnya yang menduduki kursi kayu melingkari meja bundar dengan payung besar diatasnya, tepat di pojok sekolah. Suasana yang seharusnya tenang malah diisi dengan tawa kencang, umpatan, dan obrolan yang mendominasi. Apalagi ini ada sepuluh orang, rame. 

"Kocak dah si Hendery ngajak pacaranya ayo kayak ngajak beli seblak," komentar Mila setelah mendengar cerita gue.

      Jadi hari Senin ini sebenernya ambil rapor bayangan karena sekolah ini selesai melaksanakan penilaian tengah semester. GHS doang hari Senin ambil rapor. Suka-suka sekolah lah pokoknya. 

      Nah, seperti biasanya, seluruh siswa diwajibkan hadir ke sekolah terlebih dahulu, jadwal bel masuk sama seperti biasa. Yang membedakan hanya jam 8 pagi, para orangtua akan datang untuk rapat ambil laporan nilai anak-anak mereka selama setengah semester ini. Nggak tahu juga kenapa juga kita harus masuk padahal nggak ngapa-ngapain juga. Sekali lagi, suka-suka sekolah lah pokoknya. 

      Lalu apa hubungannya dengan gue dan kesembilan cewek kelasan ada di pojok sekolah atau tempat biasa kita nongkrong disini kita sebut Mabes aka Markas Besar? Ya, karena orangtua lagi pada rapat di kelas, jadi kita kesini. Mereka juga menuntut gue buat cerita bagaimana akhirnya status pertemanan gue sama Hendery berganti jadi status lebih dari teman. Bukan sahabat, bukan saudara, bukan keluarga ya. Pasti kalian paham maksudnya. 

"Nggak kaget gue mah, anak didiknya Lucas soalnya," Dara menyahuti sambil tertawa. 

"Eh emang si Lucas waktu nembak lo dulu gimana Ra?" tanya Emma. Dara langsung menggeleng dan bergidik. 

"Anjir skip dah, nggak mau cerita gue. Malu sendiri ceritanya. Lo pada kalo denger juga pasti ngerasa cringe."

"Ceritaaa dongggg!" pinta Sae.

"Sumpah, lo kalo tahu ceritanya kayak drama, Lucas nya tuh sok keren banget," celetuk Seyma yang memang teman dekat Dara sejak SMP. 

"Cerita aja Ra, jadi penasaran gue," kini Juwita meminta juga.

"Nih ye gue cerita nih," kata Dara memulai, semuanya termasuk gue dan kecuali Dara langsung memasang posisi siap mendengarkan.

"Jadi kan waktu itu gue tahu Lucas pas kelas 7 karena emang dia tuh famous. Apalagi Lucas emang tinggi banget terus kalo lewat tuh pasti narik perhatian. Awalnya gue kira dia kakel kan, eh ternyata dia satu angkatan dong, gue tahu tuh pas gue ikut LDKS. Pas LDKS ini gue satu kelompok sama dia. Emang sih anaknya ngeselin banget tapi kocak. Dari kelompok LDKS itu tapi nggak bikin gue deket sama Lucas. Pas kelas 8 baru dah kita deket gara-gara gue kan anak pramuka ya, terus dia anak basket—

"Oh, Lucas udah anak basket dari SMP?" tanya Netta memotong. Dara mengangguk. 

"Terus pramuka sama basket ini ekskulnya dihari yang sama. Anak pramuka sama anak bakset ribut tuh rebutan lapangan. Gue belain temen gue yang nyoba ngomong sama anak basket soalnya kan anak basket mah udah sering pake lapangan, maksudnya tuh biar gantian gitu. Anak pramuka juga waktu itu mau bikin yel-yel. Pas gue lagi bantuin temen gue ngomong, Lucas tiba-tiba nyeletuk, "yaudah pake setengah-setengah aja lapangannya biar adil" anjir auto kesel gue disitu. Lapangan SMP gue juga kecil weh, nggak gede-gede amat. Terus bayangin ye mana panas, rebutan lapangan, anak-anak juga pada ngomporin, setdah emosi. Gue langsung umpati, ngejawab, "ya nggak bisa lah, ini kita bikin yel-yel buat lomba butuh yang luas. Apalagi lo juga mau latihan, lapangan cuman segini. Mikir." anak basket mukanya langsung pada nggak enak pas gue ngegas. Parah dah," cerita Dara panjang lembar. Gue ketawa menyadari bahwa Lucas pikirannya memang sudah out of the box dari dulu.

SOULMATE [✓]Where stories live. Discover now