Shesil - 3

89 6 2
                                    

"Iyaa, aku dah sehat kok, ni lagi siap-siap ngurus administrasi trus beres-beres untuk pulang"

"Iyaa maaf ya sayang, aku gak bisa jemput kamu, aku masih ada meeting di kantor, penting banget gak bisa aku tinggalin" suara di seberang sana.

"Iyaa gak papa..."

"Kamu pulang sama siapa? Naik taxi, dijemput kakak kamu atau gimana?"

"Aku dijemput temen aku kok"

"Siapa? Cewek kan? Bukan Cowok?"

"Iya cewek kok, si Shesil, sahabat aku itu lho, kan udah sering aku ceritain"

"Yaudah, kamu ati-ati di jalan ya, kabarin kalau udah sampai rumah, nanti aku telepon lagi ya sayang"

"Iyaaaa, say----" kaget karena ada yang merebut hapenya, "Kok dimatiin sih?!"

"Duuh eneg gue denger lo sayang-sayangan kayak gitu! Lo masih aja pacaran sama cowok brengsek itu, mau sampai kapan hah?! Dia ngelarang lo deket sama cowok mana pun tapi dianya begitu, dasar cowok egois!"

"Tapi gue sayang sama dia, dia juga sayang dan perhatian sama gue"

"Sayang macam apa hah? Perhatian palsu tau gak sih lo?! Lo sadar kan kalau dia itu udah punya istri dan anak, ngapain coba dia perhatian sama lo kalau gak ada maunya? Kan lo sendiri yang bilang ke gue, kalau dia sampai kapanpun gak akan ninggalin keluarganya demi lo. Dia cuma nganggep lo itu sebagai selingan doank, dia tuh gak sayang sama lo, gak ada sedikitpun niat dia buat nikahin lo atau apa. Dia gak bener-bener perhatian sama lo, kalau dia perhatian dia pasti datang ke sini jagain lo, ngurusin lo, ini udah kesekian kalinya lo sakit dan dia gak pernah datang, ada aja alasannya, sibuk kerjaan lah, anter anaknya ini lah, anter istrinya ini lah."

"Ya kan kesepakatannya emang gitu, keluarga dia nomer sa-tu"

"Kesepakatan macam apa itu?! Dan lo seneng-seneng aja jadi nomer dua? Nomer dua memang gak selalu buruk, tapi gak gini caranya! Dan lo bahagia, hanya dengan dapet kiriman buket bunga dengan tulisan 'get well soon', dapet kiriman makanan kesukaan lo dengan tulisan 'with love'? Sadar donk Rev, itu semua palsu!"

"Cukup Sil, CUKUP!! Lo gak ngerti karena lo gak ngerasain apa yang gue rasain! Karena lo gak pernah ngerasain namanya jatuh cinta, perasaan nyaman yang mengalir dan tumbuh begitu aja...."

"Gue memang belom pernah jatuh cinta. Tapi, untuk memahami sesuatu, kita gak harus ngalamin yang sama. Gue gak akan berhenti buat nyadarin lo! Mumpung lo masih di rumah sakit, jadi kalo lo drop lagi gue gak perlu khawatir. Lo sadar gak sih, lo sakit berkali-kali karena lo itu nyakitin diri lo sendiri dengan terus berhubungan sama dia, lo bertahan dalam kepalsuan, satu sisi lo bahagia dapet perhatian tapi di sisi lain jiwa raga lo menderita, dan itu semakin lama semakin menggerogoti logika, bikin lo buta, lo gak boleh terus-terusan kayak gini, lo harus berhenti...."

"Gue gak bisa berhenti....." lirihnya sambil terisak.

"Kenapa? Kalau cuma sekedar buket bunga, makanan ini itu, barang branded, lo mampu beli sendiri, gue tau lo gak butuh duit tuh cowok yang lo butuh cuma perhatian, tapi gak gini caranya...."

"Lo pikir semudah itu bisa berhenti? Gak semudah itu Shesil, karena lo gak ngerasain apa yang gue rasain... Gue memang mampu beli apa pun yang gue mau, gue gak butuh duit dia, tapi lo tau gak sih rasanya ditraktir, dibayarin, dimanjain, diperhatiin, dikasih surprise, ditemenin ke sana sini, rasanya nyaman...., dan lo tau gue gak dapetin itu semua dari keluarga gue selama ini. Gue tau perhatian dia hanya palsu dan sementara, dan gue tau pasti akan ada akhirnya, tapi gue udah terlanjur menikmatinya, dia udah seperti candu buat gue, gak mudah untuk berhenti....."

"Lo pasti bisa....."

"Lo inget gak, dulu pas kita kuliah, Metha pernah keceplosan, dia bilang...

-------
"Duuh kok gue bete ya, nyesek deh, gue lagi pusing kuliah gini, eeh cowok gue lagi asik liburan ke Bali sama istrinya"

dan gue komen, "Lhaa gimaan sih, lagian lo pacaran sama yang udah beristri, kayak gak ada cowok lain aja"

"Yaa gimana, udah terlanjur sayang"
-------

"Dan itulah yang terjadi sama gue, perasaan nyaman itu muncul begitu aja, tanpa sadar kenyamanan itu justru menyakiti gue....."

"Maafin gue yaa, gue dah keterlaluan tadi.... Tapi gue yakin lo pasti bisa mengakhiri semua ini"

"Gak papa Sil, gue yang harusnya berterima kasih sama lo, cepat atau lambat, sekarang atau pun nanti, memang harus diakhiri kan?"

Shesil mengangguk, air matanya sudah jatuh berantakan, tangannya terus mendekap sahabatnya yang sesengukan di dadanya.

"Lebih cepat lebih baik, sebelum lo semakin hancur dan gak bisa bangkit lagi.... Lo pasti kuat, akan ada seseorang di luar sana yang bisa ngasih perhatian tulus ke lo. Sebelum seseorang itu datang jadi pangeran berkuda buat lo, gue akan selalu ada buat lo, maafin gue yang selama ini terlalu sibuk sama kerjaan gue ke sana sini. Sesekali gue akan kirimin surprise buat lo, trus kita nonton bareng, have fun bareng, trus lo traktir gue liburan ke Singapore yaa, oke?"

"Hahaha oke-oke, beneran yaa"

"Iyaaa! Yuk sekarang kita pulang!"

"Kuy.."

"Dicek lagi ada yang ketinggalan gak? Eh hp lo getar nih, dia nelpon lagi, kuping dia panas kali"

"Gak usah diangkat"

"Lo gak mau say goodbye?"

"Gak usah, lo simpen aja itu hape, terserah mau lo apain, gue mau lupakan masa lalu, gue beli hp baru aja buat memulai lembaran baru"

"Yadehh horang kaya mah bebaaass"

CERPENWhere stories live. Discover now