Tips Simpel Menjadi Penulis Yang Baik

461 29 0
                                    

Tips Simpel Menjadi Penulis Yang Baik
Oleh : Tri Andayani

Menulis merupakan ruang tak terbatas untuk menuangkan pikiran kita. Mulai dari sekadar status di sosial media, karya-karya puisi atau cerita pendek, bahkan sampai konten bertema serius di blog. Tanpa sadar, membaca dan menulis udah menjadi bagian yang gak terpisahkan dari keseharian kita.

Sebelumnya, Ay kasih tau dulu, jadi penulis hebat itu gak mudah.

Jadi penulis hebat sekelas Luluk_HF, Boy Candra, Dee Lastri, dan deretan lainnya yang Ay lupa namanya, tapi semua itu sepadan dengan hasilnya. Gak ada penulis yang sempurna, tapi tiap penulis bisa menyempurnakan karyanya dengan menjadi penulis yang lebih baik lagi.

Tips untuk menjadi penulis yang baik!

1. Sering-sering baca karya penulis ternama.

Sering-sering membaca karya sastra penulis-penulis yang lebih dulu tenar akan membuatmu lebih peka dalam menulis nantinya. Membaca juga bisa menjadi proses meniru karya-karya besar (dalam artian baik sih). Kalo kamu jarang membaca, kamu gak akan tau seperti apa tulisan yang bakal jadi hits atau bagaimana menuliskannya.

Sebagai penulis, membaca adalah awal yang baik untuk segalanya. Lewat ini, kamu akan tau gimana mekanisme penulisan yang baik, dan gaya seperti apa yang cocok buatmu (Ay aja sampai 2 bulan). Membaca juga bisa membuahkan pandangan atau inspirasi baru untuk tulisanmu.

2. Banyak-banyak berlatih.

Ibarat pisau yang perlu diasah biar tetap tajam, kemampuan menulismu juga harus dilatih setiap hari agar kamu bisa menulis dengan semakin baik ke depannya. Menulislah sesering mungkin: di blog, buku harian, atau media sosial tentang kamu, pacarmu, pengalamanmu, atau apapun yang bisa kamu tuangkan menjadi tulisan. Makin sering kamu latihan, tulisanmu akan makin tajam, dan kamu juga akan bisa semakin lepas dalam mengekspresikan pikiranmu. (Seperti Ay yang latihan nulis tangan biar tulisan nggak kayak cakaran ayam).

3. Selalu catat idemu.

Tulis idemu dimanapun dan kapanpun itu.
Ke manapun kamu pergi, selalu bawa sebuah buku catatan kecil bersamamu. Nah, setiap ada ide yang terlintas di kepalamu, langsung tuliskan aja (Bisa  ditulis dimemo hp, Ay sih gitu). Jangan terbiasa nunggu nanti, karena ide-ide tersebut gampang menguap dari pikiranmu. Mereka bisa berupa ide cerita, artikel, dan karakter.

Tuliskan juga percakapan menarik yang kamu dengar, bait lagu atau puisi yang membuatmu tergugah, atau bisa juga detil visual dari tempat yang kamu lewati. Ketika kamu baca ulang catatan ini, mungkin aja ada bagian yang menginspirasi kamu atau justru bisa langsung dimasukkan ke cerita yang lagi kamu garap.

4. Ciptakan ritual menulis.

Sisihkan waktu khusus dalam satu hari untuk menulis tanpa gangguan, dan jadikan kegiatan ini rutinitas kamu. Kamu bisa ambil waktu pagi, siang, atau tengah malam. Tapi, pastikan kamu melakukannya setiap hari setidaknya setengah jam. Lama-lama, kamu akan punya konsentrasi dan kesabaran yang cukup untuk menulis selama beberapa jam per hari. Itu semua bakal membantu kamu jadi penulis yang lebih baik.

5. Tulis aja!

Tulis aja, biarkan mengalir.

Ay pernah memberikan teknik ini dan semua keuntungannya dibeberapa grup yang Ay pegang, dan alhamdulillah hasilnya memuaskan.

Waktu kertas atau layarmu kosong karena kamu gak tau mau nulis apa, jangan tergoda untuk melakukan hal yang akan memecah konsentrasimu — seperti ngecek Facebook atau rebus mie instan. Jangan! Tetaplah gerakkan jemarimu dan mulailah menulis apapun yang terlintas di kepalamu.

Kumpulan Materi Gen 1Where stories live. Discover now